Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ciri Pemimpin Yg Baik Menurut Islam Sesuai Dengan Al-quran

10 Ciri Pemimpin Yg Baik Menurut Islam


Islamtwins.com - Didalam diri manusia pasti menginginkan pemimpin yang baik untuk kemajuan,kesejahteraan dan kedamaian.

Baik itu pemimpin dalam keluarga,dalam suatu daerah maupun perusahaan bahkan pemimpin Negara sekalipun dan allah sudah menjanjikan didalam al-qur`an akan menjadikan manusia sebagai pemimpin didunia.sesuai firman allah dalam al-qur`an surah al-baqarah ayat 30.


وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوٓا۟ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

artinya:Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"

Adapun 10 ciri pemimpin yang baik menurut islam adalah sebagai berikut:

1.beragama islam


Kenapa harus islam?karena sesuai dengan firman allah  q.s al-maidah ayat 57

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَتَّخِذُوا۟ ٱلَّذِينَ ٱتَّخَذُوا۟ دِينَكُمْ هُزُوًا وَلَعِبًا مِّنَ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ مِن قَبْلِكُمْ وَٱلْكُفَّارَ أَوْلِيَآءَ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ

Artinya:Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil jadi pemimpinmu, orang-orang yang membuat agamamu jadi buah ejekan dan permainan, (yaitu) di antara orang-orang yang telah diberi kitab sebelummu, dan orang-orang yang kafir (orang-orang musyrik). Dan bertakwalah kepada Allah jika kamu betul-betul orang-orang yang beriman.

Dari ayat diatas Allah melarang orang beriman untuk menjadikan orang kafir menjadi seorang pemimpin,agar islam kedepan nya tidak dipermainkan dan tidak diper olok-olok(ejekan) oleh orang kafir.

2.bertakwa kepada allah

Sesuai dengan firman allah qur`an surah an-nisa ayat 59 yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَأَطِيعُوا۟ ٱلرَّسُولَ وَأُو۟لِى ٱلْأَمْرِ مِنكُمْ ۖ فَإِن تَنَٰزَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى ٱللَّهِ وَٱلرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Dari ayat diatas allah memerintahkan agar kaum muslimin taat dan patuh kepada allah dan kepada rasulnya dan kepada orang yang memegang kekuasaaan diantara mereka agar terciptanya suatu kedamaian,kesejahteraan umat.

3. Adil

Seorang pemimpin harus menempatkan sesuatu itu pada tempatnya yaitu seorang pemimpin harus menegakkan hokum dengan adil tanpa melihat baik itu dari orang kaya atau orang miskin(tidak memandang bulu)

4. Siddik(jujur)

Sifat jujur,wajib harus dimiliki oleh setiap pemimpin baik itu jujur pada diri sendiri,kepada allah,dan kepada rakyat(orang lain,umat).

5. Amanah(dapat dipercaya)

Sifat ini juga wajib harus dimiliki oleh seorang pemimpin karena begitu banyak pesan(amanah)yang dititipkan oleh umat kepada seorang pemimpin untuk menjadikan kesejahteraan,kedamaian untuk umat.karena pemimpin yang baik itu pemimpin yang bisa diperrcaya atas apa yang telah ia pegang yang telah dititipkan oleh umat pesan dan amanah.

6. Tabligh(menyampaikan,komunikasi yang baik)

Seorang pemimpin harus mempunyai komunikasi yang baik,komunikasi yang sopan dan santun.berkata lemah lembut,tegas pada tempatnya.

7. Fatannah(cerdas)

Seorang pemimpin harus memiliki kiecerdasan.untuk memprediksi kedepannya apabila ada permasalahan yang akan dihadapi.seorang pemimpin harus bisa memberikan solusi yang terbaik dan merancang sesuatu untuk kemajuan,kesejahteraan umat kedepannya.

8. Bertanggung jawab

Apabila ada masalah yang dilakukan oleh kepemimpinannya dan bisa bertanggung jawab atas apa yang terjadi permasalahan permasalahan yang telah terjadi.

9. Harus siap dikritik

Seorang pemimpin harus siap dikritik oleh rakyatnya(umat)menerima pendapat orang lain,tidak egois,menghargai pendapat orang lain.

10. Berani

Yaitu berani dalam mengambil keputusan,berani memberantas kejahatan yang dapat merusak kesejahteraan,kedamaian umat.

Dari 10 ciri diatas itulah ciri pemimpin yang baik menurut islam
demikian artikel tentang 10 Ciri Pemimpin Yg Baik Menurut Islam
semoga bermanfaat

Wassalam semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Ciri Pemimpin Yg Baik Menurut Islam Sesuai Dengan Al-quran"