Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surah Al Falaq 1-5 Arab, Latin Beserta Keutamaannya Jika Dibaca Setiap Hari

Keutamaan Surah Al Falaq

Surah Al Falaq 1-5 adalah surah yang diturunkan setelah Surah AL-FIL, Baik Surah Al-Fil maupun Surah ini termasuk golongan surat Makkiyah yang berarti diturunkan di kota Mekkah.

Dalam Al Quranul Karim, Surat Al Falaq ialah surat dengan urutan ke 113. Surah AlFalaq diturunkan di kota Mekkah / biasa disebut dengan Makkiyah. 

Arti dari al falaq secara bahasa adalah perintah agar umat manusia senantiasa memohon perlindungan kepada Allah SWT menghadapi segala keburukan yang tersembunyi.

Hal ini sebab Surat Al Falaq diturunkan di kota mekkah sebelum Rosulullah SAW Hijrah ke Madinah, Lebih tepatnya diturunkan seusai surat Al Fil dan sebelum Surat An Nass.

Surat AlFalaq terdiri dari 5 Ayat, Namun Kandungan dan Keutamaan Surat Al Falaq yang terkandung didalamnya membuatnya menjadi salah satu Surat yang paling banyak diamalkan oleh umat muslim.

Apa arti surah alfalaq ini? Kata Al Falaq berarti waktu subuh, Nabi Muhammad SAW, tak jarang menyimak Surat Al Falaq ini, khususnya dikala sedang perjalanan supaya rutin diberikan perlindungan dari kejahatan.

Apa Kandungan Surat AL  Falaq?

Dalam Surat Al - Falaq, Allah SWT memerintahkan terhadap Nabi Muhammad SAW (Dan pastinya juga terhadap kita sekalian selaku umat muslim) untuk berkata: "Aku Berlindung terhadap Tuhan (Allah SWT) yang menguasai Subuh (Falaq)"

Hal ini bermaksud bahwa, Allah SWT memerintahkan pada Rosulullah SAW dan Umatnya untuk rutin berlindung terhadap Tuhan supaya terpelihara dari kejahatan.

Surat Al Falaq juga menceritakan bahwa di dunia ini ada kejahatan makhluk, ada kejahatan malam di dalam gelap gulita, ada kejahatan tukang sihir dengan buhul dan mantra - mantranya, dan ada juga kejahatan dari orang-orang yang memiliki sifat iri dan dengki.

Dengan menyimak Surat Al Falaq dengan istiqomah dan ikhlash, jadi Insyaallah kita semua akan rutin terpelihara dari kejahatan-kejahatan yang sudah disebutkan diatas.

Dengan demikian kandungan Surat Al Falaq ialah mengajarkan terhadap kita semua bahwa hanya terhadap Allah SWT kawasan kita berlindung.

Berikut Bacaan Surat Al Falaq beserta artinya

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ

qul a'ụżu birabbil-falaq

Artinya: Katakanlah, "Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

 مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ

min syarri mā khalaq

Artinya: dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

 وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ

wa min syarri gāsiqin iżā waqab

Artinya: dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

 وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ

wa min syarrin-naffāṡāti fil-'uqad

Artinya: dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),

 وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ

wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

Artinya: dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki."

Keutamaan Surat AL Falaq

Surat Al Falaq memiliki tak sedikit Fadhilah dan Keutamaan bagi yaang membacanya dan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari - hari baik kebaikan dunia maupun Akhirat, 

Berikut berbagai Keutamaan Membaca Surat Al Falaq

Terlindung dari Gangguan Sihir

Fadhilah dan Keutamaan Membaca Surat Al Falaq yang pertama ialah terlindung dari gangguan Sihir sesuai dengan Riwayat yang turun temurun dari para ulama.

Turunnya Surat Al Falaq dikisahkan dalam berbagai kitab salah satunya kitab Dala'il An- Nubuwah ialah diawali dengan riwayat Sakit yang dialami Rosulullah SAW.

Sakit hari ini tak sama dengan sakit beliau dari sebelum - sebelumnya, Sakit hari ini sangat keras. Sehingga turunlah 2 malaikat yang menjenguk Rosulullah SAW.

Dalam kunjungannya kedua malaikat tersebut terlibat perbincangan yang intinya bahwa malaikat yang berada di dekat kaki Nabi bertanya terhadap malaikat yang beradat di dekat kepala Nabi Muhammad SAW mengenai apa yang terjadi pada Rosulullah SAW.

Malaikat pertama menjawab, bahwa Rosulullah SAW mengalami Sihir yang diperbuat oleh seorang yahudi bernama Lubaid bin Al Asham. 

Malaikat yang pertama juga berkata bahwa sihir alias buhul - buhul yang menerpa Rosulullah SAW diletakkan di sumur keluarga Fulan ditutupi oleh sesuatu yang berkapasitas besar.

lalu berangkatlah berbagai teman ke sumur si fulan untuk mengankat Buhul - buhul tersebut.

Sahabat menguras air sumur tersebut dan membawa batu besar yang menutupinya, jadi didapatilah kertas - kertas yang sudah dimantrai dan sebelas tali simpul sihir.

Dan ketika Rosulullah SAW membacakan Surat al falaq dan surat an nass jadi terbukalah satu persatu simpul sihir tersebut.

Melindungi Bahaya Saat Tidur

Keutamaan surat Al Falaq selanjutnya ialah melindungi bahaya dikala tidur bagi yang membacanya.

Hal ini sesuai dengan Kisah yang diriwayatkan dari Aisyah ra, bahwa Rosulullah saw apabila akan menuju kawasan tidurnya setiap malam, jadi beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya sambil menyimak "Qul huwallahu ahad (Al-Ikhlas), Qul a’udzu birabbil falaq (Al-Falaq), dan Qul a’udzu birabbin nas (An-Nas).

Kemudian seusai menyimak surat tersebut beliau mengusapkan kedua tangannya terhadap tubuhnya yang bisa beliau jangkau, yakni dimulai dari atas kepala dan wajahnya, dan tahap depan tubuhnya. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali." (HR. Al-Bukhari)

Surat yang hanya ada dalam Al quran

Keutamaan Surat Al Falaq ketiga, bahwa Surat Al Falaq ialah satu diantara 2 Surat yang belum sempat diturunkan ( Dalam Kitab ) sebelumnya.

Ini berarti Surat Al Falaq hanya ada dalam Al - Quran dan tak ada dalam Kitab sebelumnya semacam Kitab Taurat, Zabur dan injil.

Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan, dari Uqbah bin Amir dikatakan, "Surah-surah yang tak diturunkan di dalam Taurat, Zabur, dan tak pula di dalam Al-Qur’an yang mirip semacam surah-surah tersebut. Tidaklah malam menghampirimu kecuali engkau menyimak surah-surah itu di dalamnya, yakni "Qul huwallahu ahad, qul a’udzu birabbil falaq dan qul a’udzu birabbin nas." (HR. Ahmad)

Demikianlah wahai teman muslim di seluruh Indonesia, pembahasan kita mengenai Keutamaan dan Karomah Surat Al Falaq.

Sebenarnya tetap tak sedikit lagi Fadhilah dan Keutamaan Membaca Surat Al Falaq yang Allah SWT berbagi terhadap kami. tidak hanya untuk  berperang.

Semoga bisa menjadi wasilah terhadap orang-orang yang beriman dan bertaqwa, guna gemar menyimak Al Quran Khususnya Surat Al Falaq.

Posting Komentar untuk "Surah Al Falaq 1-5 Arab, Latin Beserta Keutamaannya Jika Dibaca Setiap Hari"