Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Harus Kita Lakukan di Bulan Ramadhan?

Apa Yang Harus Kita Lakukan di Bulan Ramadhan?

Islamtwins.com - Saat ini, seluruh umat muslim di beberapa penjuru dunia sedang melaksanakan ibadah puasa. Dalam menjalankan ibadah puasa pastinya kita menambahkan pahala dengan melakukan kebaikan saat puasa ramadan.

Lalu, Apa Yang Harus Kita Lakukan di Bulan Ramadhan? Apakah di antara kita telah mengerjakan salat sunah serta sunah-sunah yang lain?

Jika belum, hendaknya kita sebagai umat muslim yang bertaqwa sebaiknya semakin menggandakan amalan kita pada ketika Bulan Ramadan ini. Mumpung tetap tidak sedikit hari-hari ramadan yang kita jalani.

Untuk mengenal dengan cara lebih rinci, berikut kami rangkum 6 amalan yang dapat Kalian perbuat ketika bulan Ramadan, yang dilansir dari beberapa sumber.

Amalan Yang Dapat Anda Lakukan Di Bulan Suci Ramadhan

1. Memperbanyak Salat Sunnah

Amalan yang dapat Kalian perbuat ketika bulan Ramadan artinya menggandakan salat sunnah. Jangan lewatkan bulan ramadan dengan berdiam diri, bermain alias bahkan bermalas-malasan. Selain salat harus di awal waktu, dirikanlah sholat sunnah.

Amalan serta ibadah ini menjadi sumber pahala bagi kita, karena selagi ramadan, pahalanya dilipat gandakan. Selain salat sunnah rawatib, qobliyah, serta sholat tarawih, mengerjakan salat malam alias tahajud pada bulan ramadan pahalanya juga berkali-kali lipat.

Maka karena itu, menggandakan salat sunnah akan sangat dianjurkan untuk menggandakan amalan kita ketika bulan Ramadan tiba.

2. Perbanyak Membaca Alquran

Amalan yang dapat Kalian perbuat ketika bulan Ramadan selanjutnya artinya menggandakan menyimak Alquran. Puasa Ramadan tahun ini sebagian besar dari kita melaksanakan di rumah saja. Ini menjadi waktu yang cocok untuk menggandakan menyimak Alquran.

Apalagi kalau disertai dengan meresapi pengertian serta makna dari setiap ayat yang dibaca, jadi kita dapat lebih khusyuk lagi dalam menunaikan amalan ini.

"Barang siapa yang menyimak satu huruf dari Kitabullah (Al Quran), jadi dirinya akan mendapat satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatkan menjadi sepuluh semisalnya. Aku tidak berkata alif lam mim satu huruf. Namun, alif satu huruf, lam satu huruf, serta mim satu huruf," (HR. At-Tirmidzi)

3. Memperbanyak Zikir serta Doa

Amalan yang dapat dilakukan ketika bulan Ramadan selanjutnya artinya menggandakan zikir serta doa. Amalan ini pada umumnya tidak tidak sedikit menyita waktu serta tenaga, namun akan mempunyai pahala yang amat besar.  

Lakukan dengan cara selalu seusai sholat 5 waktu maupun sholat sunnah. Ketika sedang dalam perjalanan maupun bekerja sekalipun dapat sambil berzikir serta berdoa.

Selain itu, ada tiga waktu mustajab untuk berdoa, yakni ketika berbuka, karena seorang yang berpuasa ketika ia berbuka mempunyai doa yang tidak ditolak; sepertiga malam terbaru ketika Allah turun ke langit dunia; serta beristighfar di waktu sahur.

4. Perbanyak Taubat

Sebagai manusia, kita terbukti tidak sempat luput dari yang namanya kesalahan serta dosa. Maka dari itu, pada bulan ramadan ini, amalan yang dapat Kalian perbuat ketika bulan Ramadan artinya menggandakan taubat serta memohon ampunan-Nya.

Mohon ampunan atas dosa-dosa kita, orang-orang tua, saudara-saudara kita, para pemimpin bangsa serta pendahulu kita. Bahkan untuk mereka yang bersungguh-sungguh akan diibaratkan semacam bayi yang baru lahir, yaitu suci tanpa dosa.

5. Infaq serta Sedekah

Amalan yang dapat Kalian perbuat ketika bulan Ramadan yang selanjutnya artinya infaq serta sedekah. Rasulullah SAW artinya orang-orang yang paling gemar memberi di antara insan lainnya.

"Apabila telah tiba bulan ramadan, jadi perbanyaklah berinfaq, karena infaq pada bulan ramadan dilipatgandakan bagai infaq di jalan Allah, serta tasbih pada bulan ramadan lebih mutlak daripada tasbih pada bulan yang lain."  

Maka dari itu, kita sebagai umat muslim telah semestinya untuk mencontoh beliau pada bulan yang penuh barakah ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fisabilillah maupun kaum dhuafa serta fakir miskin.

Nah, salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selagi Ramadan ini artinya dengan menunjukkan ifthar (hidangan berbuka puasa) terhadap orang-orang yang berpuasa.

6. Zakat

Zakat artinya rukun islam yang keempat serta menjadi kewajiban setiap umat muslim. Zakat artinya amalan yang dapat Kalian perbuat ketika bulan Ramadan tiba. Bagi umat muslim yang telah memenuhi persyaratan, harus baginya untuk mengeluarkan zakat terhadap golongan yang membutuhkan.

Terdapat macam-macam zakat serta ketentuannya yang sepatutnya dipahami oleh seluruh umat Islam supaya tidak keliru memaknainya.
Contohnya artinya zakat maal (harta) yang artinya pemberian zakat dari pendapatan umat Islam, umpama dari perdagangan, pertanian, yang akan terjadi laut, ternak, serta lain sebagainya. Setiap tipe penghasilan umat Islam tersebut dihitung dengan tutorial tersendiri.

Sedangkan yang selanjutnya yaitu  zakat fitrah disebut juga dengan zakat Nafs (jiwa), yaitu zakat yang harus dilakukan oleh setiap muslim pada bulan suci Ramadan alias ketika menjelang Hari Idul Fitri. Adapun ketentuan besar zakat yang dikeluarkan per jiwa artinya sebanyak satu sha' alias minimal 2,5 kilogram alias 3,5 liter makanan pokok di tempat tertentu.

Posting Komentar untuk "Apa Yang Harus Kita Lakukan di Bulan Ramadhan?"