-->

Iklan Atas

5+ Cara Mengatasi Copyright Instagram Terbaru 2021

hpk
Cara Mengatasi Copyright Instagram

Copyright alias hak cipta merupakan persoalan yang krusial di dunia maya. Instagram juga tergolong platform media umum yang sangat tegas akan faktor ini. Oleh sebab itu hari ini kami akan share mengenai tutorial mengatasi copyright Instagram.

Jika Kalian memposting gambar alias video yang mempunyai konten berhak cipta, artikel tersebut akan dihapus oleh pihak Instagram. Itulah sebabnya Kalian wajib tahu tutorial menanggulangi copyright Instagram.

Instagram dapat dikatakan lumayan ketat dalam faktor hak cipta. Namun bukan berarti platform ini akan mempersulit penggunanya untuk memposting konten. Justru Instagram menghormati hak intelektual pembuat konten asli.

Hukuman yang dijatuhkan paling umum bagi pelanggar hak cipta di IG merupakan dihapusnya artikel yang dianggap melanggar hak cipta. Peringatan akan masuk ke fitur DM akun IG Anda. Postingan yang terkena persoalan hak cipta biasanya karena:

  • Memakai lagu alias score music berbayar tanpa izin
  • Mengandung gambar alias potongan video berhak cipta

Terkadang faktor ini terbukti mengganggu. Apalagi apabila kita sebetulnya tak melanggar ketentuan apapun terkait hak cipta.

Namun, jangan khawatir. Cara menanggulangi persoalan hak cipta di Instagram sangat mudah. Bagaimana cara mengatasi copyright di instagram? Berikut merupakan berbagai langkah yang dapat Kalian lakukan.

Cara Mengatasi Copyright di Instagram

Anda dapat mengatasi persoalan hak cipta ini pribadi di platform Instagram. IG sendiri menyediakan fitur untuk menanggapi notifikasi blokir dari software media umum tersebut. Berikut merupakan langkah-langkah cara menghilangkan copyright video instagram.

  • Buka serta jalankan software IG di device Anda.
  • Login ke dalam akun IG yang terkena persoalan hak cipta.
  • Buka menu Notifikasi.
  • Klik pada pesan terkait persoalan hak cipta tersebut.
  • Klik alternatif Banding yang tersedia di tahap bawah.
  • Beri tanda centang pada alternatif Saya Setuju.
  • Ketikkan username IG Anda.
  • Klik tombol Banding.
  • Selesai.

Langkah yang baru saja Kalian perbuat merupakan mengirimkan pengajuan banding ke pihak Instagram. Hal tersebut sekaligus menegaskan bahwa gambar alias video yang Kalian posting tak mengandung konten berhak cipta.

Anda tak butuh menantikan terlalu lama untuk penyelesaian permasalahan ini. Biasanya hanya butuh berbagai menit, lantas gambar alias video tersebut akan dengan cara otomatis diunggah kembali ke akun IG Anda.

Cara Menghindari Copyright Instagram

Walaupun cara mengatasi copyright di story instagram sangat mudah, namun sebaiknya Kalian lebih berhati-hati ketika memposting suatu kontent. Lebih baik Kalian tak memakai konten berhak cipta pada artikel Anda.

Berikut merupakan berbagai tutorial untuk menghindari persoalan copyright Instagram.

Berikan Kredit alias Sumber

Memberikan kredit alias keterangan sumber konten merupakan cara untuk menghargai pembuat konten. Walaupun Kalian telah membayar, tak ada salahnya untuk menyatakan kredit tersebut di artikel Anda.

Dengan menunjukkan kredit (biasanya dengan melakukan tag ke pemilik hak cipta), akan ada rasa saling menghargai. Hal tersebut dapat mencegah pemilik hak cipta mengabarkan artikel Anda.

Selain itu, ada kemungkinan pemilik hak cipta akan merepost, mengeshare alias mungkin membahas artikel Anda. Bagi Kalian yang berprofesi sebagai influencer, pemilik urusan ekonomi maupun content maker, faktor ini akan sangat menguntungkan.

Mengajukan Banding

Cara melakukan banding terhadap Instagram telah dijelaskan di atas. Hal ini sebetulnya tak akan terjadi apabila Kalian menunjukkan kredit di artikel Anda.

Menggunakan Lagu Bebas Copyright

Masalah lagu serta score music merupakan yang paling tak jarang terkena persoalan hak cipta. Hal ini sebetulnya mudah diatasi, yaitu dengan memakai musik leluasa hak cipta.

Pada software video editing, sebetulnya telah disediakan puluhan lagu leluasa hak cipta yang dapat Kalian gunakan. Jika Kalian ingin alternatif yang lebih banyak, dapat juga mengunduhnya pada website alias kanal tertentu. Misalnya kanal Youtube NoCopyrightSound.

Selain lagu, berbagai konten yang kerap mengalami persoalan hak cipta merupakan gambar alias foto, dapat juga background maupun mockup. Berbagai gambar serta gambar gratis dapat Kalian dapatkan di situs-situs semacam freepik, pixabay, dll.

Sebaiknya jangan mengambil konten dari Pinterest, sebab konten di sana tak leluasa hak cipta. Sedangkan untuk font gratis yang leluasa hak cipta, dapat Kalian dapatkan di software Canva, dll.

Instagram terbukti lumayan ketat terkait persoalan hak cipta. Namun, faktor ini sangat penting sebagai edukasi bagi masyarakat. Juga sebagai apresiasi bagi para seniman kreatif.

Cara Memakai Lagu Orang di Video Instagram Tanpa Copyright

Sebagai elemen yang paling tak sedikit mengajak persoalan copyright, lagu alias musik terbukti wajib mendapat perhatian khusus. Berikut merupakan tutorial cara mengatasi masalah audio copyright di instagram.

  • Buka menu Music yang ada di HP Anda.
  • Cari serta pilih lagu yang ingin Kalian gunakan di dalam video.
  • Untuk merubah info lagu, klik Info Track.
  • Edit serta kosongkan mana lagu serta nama album.
  • Klik Save.
  • Selesai.

Kini lagu tersebut telah dapat dipakai pada video editan Kalian sebagai backsound. Jangan khawatir, tak akan terdeteksi copyright di Instagram.

Namun sekali lagi, akan jauh lebih baik apabila Kalian menunjukkan kredit alias meminta izin terlebih dahulu terhadap pemilik lagu.

Demikian tutorial cara mengatasi video instagram kena copyright yang dapat Kalian praktikkan. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat. Selamat mencoba!

cheap home insurance

0 Response to "5+ Cara Mengatasi Copyright Instagram Terbaru 2021"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]