Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Keutamaan Surah Yasin

Keutamaan Surah Yasin - Surah Yasin ialah salah satu Surah yang lazim di lafalkan oleh umat Muslim khususnya umat Muslim di Indonesia.

Surah Yasin tidak hanya dibaca harian juga tak jarang dibacakan oleh Masyarakat ketika ada Hajatan, Syukuran maupun juga ketika ada orang-orang yang meninggal. 

Hal ini Karena Surah ini dipercaya mempunyai Manfaat, Khasiat bahkan Karomah dan Keutamaan yang khusus dibandingkan dengan Surah yang lain.

APA SIH SEBENARNYA KEUTAMAAN SURAH YASIN ?

Keutamaan Surah Yasin

Sebelum kita mengulas mengenai Keutamaan dan Karomah Surah Yasin, kita wajib tahu dulu Apa itu surah Yasin.

Dalam Alquran, Surah Yasin ialah surah ke-36. Surah Yasin Memiliki 86 ayat, 733 kata, dan 3.068 huruf, Surah ini ialah salah satu dari surah Makkiyah yaitu surah yang turun di kota suci Mekkah sebelum Rosulullah SAW Hijrah ke Madinah.

Surah ini berisi mengenai faktor - faktor pokok mengenai keimanan kita pada Allah SWT, Tanda - tanda Kebesaran dan Kekuasaan Allah SWT, Kisah Tentang Hari Kiamat/Akhir dan Kisah para pendakwah dan Syuhada mengenai bagaimana kerasnya usaha mereka.

Surah Yasin juga tak sedikit mengulas dan membahas mengenai bagaimana akidah, ketaqwaan dan keimanan yang seharusnya dimiliki oleh seorang Muslim/Muslimah.

Keutamaan Surat Yasin untuk Orang Meninggal

Dalam Alquran yang dengan cara keseluruhan terdiri dari 30 Juz, 114 Surah dan 6236 Ayat terbukti ada beberapa ayat dan surah serta huruf yang mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri tergolong salah satunya surah Yasin yang dalam beberapa riwayat disebutkan sebagai hatinya Alquran alias Qolbul Quran.

Hal ini pastinya bukan untuk membeda - bedakan surah dan ayat yang ada dalam Alquran, tetapi Allah SWT dan Rosulullah SAW terbukti telah membahas bahwa adanya surah dan ayat tertentu dalam Quran yang mempunyai Keistimewaan dan keutamaan lebih.

Contoh Surah Al - Ikhlas yang diriwayatkan sebagai Tsulusul Quran alias seimbang dengan sepertiga Alquran dan Surah al Fatihah yang diriwayatkan sebagai Ummul Quran yaitu pembuka alias induknya Alquran.

Begitu juga Surah yasin semacam yang telah saya sampaikan diatas ialah Qolbul Quran alias hatinya Al Quran.

Rosulullah SAW membahas bahwa salah satu Keutamaan dan Karomah Surah Yasin ini ialah bagi yang membacanya dengan Ikhlash dan Istiqomah jadi Allah SWT akan memperlihatkan ampunan bagi segala dosa - dosanya dan memperoleh Ridho Alla SWT.

Hal ini sesuai dengan Sabda Rosulullah SAW dalam Hadist berikut ini :

"Barang siapa membaca Surat Yasin setiap malam sebab Allah SWT, jadi dosanya diampuni." (HR Ahmad)

"Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah jadi diampuni dosa-dosanya."(HR At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

"Barang siapa yang membaca Surat Yasin untuk memohon ridho Allah, jadi akan diampuni dosanya yang telah lalu." (Al-baihagy dalam sy'abil iman dan mu’qil bin yasar rabersanma kanzul aumal Juz 112629).

Selain faktor diatas Masish tak sedikit lagi Keutamaan dan Karomah Surah yasin, Berikut ini Blog Islami Rangkum beberapa fadhilah membaca surat yasin dari beberapa sumber yaitu :

1. Dipermudah segala urusan di Dunia

Keutamaan baca surah yasinn yang pertama membaca surah yasin ialah akan dipermudahkan segala urusan terutama segala urusan Duniawi.

Hal ini tak sedikit diungkapkan oleh tak sedikit ulama dalam beberapa kitab dimana salah satunya menyatakan bahwa :

"Barang siapa yang membaca Surat Yasin dari pagi hari, jadi pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan apabila membacanya di akhir sebuah hari, jadi tugasnya sampai pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga." (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

Kemudahan Urusan Duniawi tersebut antara lain bisa berupa Masalah kehidupan sehari - hari yang lazim didapatkan oleh semua insan yaitu Ekonomi keluarga, Masalah Pekerjaan, Kehidupan berumah tangga dan beberapa persoalan nasib lainnya,

Membaca Surat Yasin dipercaya bisa memudahkan beberapa persoalan hidup, umpama persoalan hutang piutang, pekerjaan, pertikaian, dan lain sebagainya.

2. Mendapatkan Ketenangan serta Ketentraman Hati

Pada dasarnya membaca Alquran juga ialah tahap Berdzikir pada Allah SWT yaitu mengingat dan memuji Allah SWT.

Dengan berdzikir dan baca Alquran salah satunya Surah Yasin jadi kita akan diberikan Ketenangan dan Ketentraman Hati, Hal ini sesuai Janji Allah SWT dalam Alquran, yaitu :

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (Ar-raad: 28).

3. Membersihkan serta Mensucikan Jiwa

Faedah baca surat yasin yang Ketiga ialah sanggup membersihkan dan mensucikan Jiwa yang Kotor sebab Khilaf dan Dosa.

Manusia terbukti ialah tempatnya Khilaf dan dosa untuk itu kita butuh membersihkannya, faktor ini bisa kita laksanakan dengan selalu dan Istiqomah membaca Alquran Khususnya Surah Yasin.

Dari teman Abu Musa Al-Asy'ari radhiallahu anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Perumpaan seorang mukmin yang rajin membaca Alquran ialah semacam buah al-atrujah yang aromanya wangi dan rasanya enak.

Perkataan ini sekaligus juga mengumpamakan bahwa seorang umat muslim yang tak sempat membaca Al quran jadi layaknya Kurma ( Buah - buahan ) tetapi tak wangi dan rasanya pun tak enak.

Membersihakn dan mensucikan jiwa terbukti tak hanya berlaku bagi Surah Yasin tetapi juga semua surah yang ada dalam Alquran. untu itu marilah kita perbanyak membaca Alquran terutama Surah Yasin.

4. Terkabulnya segala Hajat yang diinginkan

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin yang Keempat ialah terkabulnya segala hajat yang diinginkan, ya  benar, Bila Anda mempunyai hajat yang sampai kini belum terkabulkan jadi perbanyaklah membaca surah yasin dengan Ikhlas dan Istiqomah.

Dan dengan ijin Allah SWT jadi hajat tersebut insyaallah akan dikabulkan, faktor ini sesuai sabda Rosulullah SAW dalam Hadist :

"Barang siapa yang membaca Surat Yasin sepenuhnya dan ketika mencapai pada ayat 58 Surat Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali, jadi Allah SWT akan memudahkan dan mengabulkan hajatnya."

5. Mendapatkan kemuliaan disisi Allah SWT maupun Manusia.

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin yang selanjutnya ialah sama dengan surah - surah lainnya dalam Alquran yaitu akan memperoleh kemuliaan disis Allah SWT dan segala makhluknya tergolong sesama Manusia.

Mendapatkan kemuliaan dengan membaca Alquran telah Rosulullah SAW jelaskan dalam beberapa hadist semacam :

"Siapa yang membaca Alquran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua bunda bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), jadi apa sangkaan kamu kepada yang beramal dengan ini (Alquran)." (HR Abu Daud).

6. Mempermudah Sakaratul Maut

Membaca Surat Yasin lazim dibacakan ketika mengantarkan seseorang yang sedang menghadapi Sakaratul maut ketika akan dipanggil kembali ke pangkuan ALLAH SWT.

Hal ini sebab surat Yasin dipercaya mempunyai keutamaan dan Karomah bisa memudahkan Sakaratul Maut.

Hal ini Seperti yang dijelaskan oleh beberapa ulama dalam tafsir Alquran Al azhim:

"Membaca Surat Yasin di sisinya mayat akan menurunkan tak sedikit rahmat dan berkat dan memudahkan keluarnya ruh." (Tafsir Alquran Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi) dan Tafsir Al–Majmu'syaih Al muhadzdzab :

"Disunahkan membaca Surat Yasin di samping seseorang yang sedang menghadapi kematian." (Al–Majmu'syaih Al muhadzdzab 5/76)

Serta :

"Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam, jadi tanpa terduga dirinya menemui ajalnya, jadi matinya dalam kondisi syahid." (HR At-Thabrani, dari pernyataan Anas bin Malik).

Dalam penjelasan yang terbaru menurut riwayat At-Thabrani telah sangat terang bahwa membaca Surah Yasin dengan Istiqomah dan Ikhlas akan bisa memudahkan ajal dan mati dalam kondisi Syahid.

7. Menghindarkan Kita dari Siksa Alam kubur.

Keutamaan membaca surah yasin pada malam jumat yang berikutnya ialah bisa menghindarkan kita dari siksa Alam kubur yang sangat pedih dan sangat mengerikan, Hal ini semacam dijelaskan dalam Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373:

"Barangsiapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan Surat Yasin, jadi pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di perkuburan itu." (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

Siapa yang tak mau mendapat kebaikan di alam kubur ? pastinya kita semua mau mendapatkannya untuk itu saya mengingatkan pada diri sendiri dan orang-orang lain untuk senantiasa membaca surah Yasin.

8. Keberkahan dalam nasib yang fana ini

Keutamaan dan Karomah Surah Yasin yang ke delapan dalam pembahasan ini ialah memperoleh keberkahan nasib di Dunia yang fana ini.

Hidup di dunia ini terbukti hanya sementara jadi wajib kita perjuangkan supaya memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

Dan untuk memperoleh keberkahan itu kita wajib menggandakan membaca Alquran terutama Surah Yasin.

Dimana salah satu fungsi membaca Surat Yasin ialah apabila kita simak sebanyak 3x dengan cara Ikhlah dan Istiqomah jadi dengan ijin Allah SWT insyaallah nasib kita akan lebih berkah.

9. Memberikan syafa'at di akhirat

Membaca Alquran terbukti menjadi salah satu amalan yang tak boleh kita tinggalkan justru apabila sanggup marilah kita menggandakan membacanya.

Dengan membaca Alquran kita akan memperoleh Syafaat dan pertolongannya di hari kiamat nanti, faktor ini sesuai dengan yang rosulullah SAWsampaikan dalam hadisnya sebagai berikut :

Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu anhu, saya mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

"Bacalah oleh anda Alquran. Karena ia (Alquran) akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafa'at bagi orang-orang yang rajin membacanya." (HR Muslim).

10. Mendapatkan cahaya di hari kiamat

Keutamaan membaca surah yasin setelah sholat maghrib yang ke sepuluh dalam pembahasan ini ialah memperoleh cahaya di hari kiamat.

hal ini sesuai Hadist yang diriwayatkan Dari Abu Hurairah ra mengatakan bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda: "Siapa yang medengar satu ayat daripada kitab Allah Ta'ala (Alquran) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat."

Demikianlah teman Blog Muslim yang kami cintai dan banggakan, Keutamaan dan Karomah Surah Yasin. Bila anda cermati beberapa kali saya tekankan kata Ikhlas dan Istiqomah. 

Ya benar, membaca Al Quran mungkin mudah kita kerjakan, tetapi membaca dengan Ikhlas dan istiqomah ialah faktor butuh semakin kita pelajari dan pahami.

Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum Wr Wb

Posting Komentar untuk "10+ Keutamaan Surah Yasin"