Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Robbil Alamin Surat Apa?

Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Robbil Alamin

Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin ialah bagian dari doa iftitah.

Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin yang ialah potongan dari doa iftitah dibaca pada dikala rakaat pertama dalam sholat fardhu atau sholat sunnah diantara takbiratul ihram serta bacaan surat Al Fatihah pada rakaat pertama.

Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin artinya Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku serta matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.

Iftitah sendiri ialah salah satu bacaan sholat setelah takbiratul ihram serta saat sebelum membaca Surat Al Fatihah di rakaat awal. Meski ketetapannya sunnah, ialah sunnah yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW tetapi bacaan iftitah mempunyai makna yang amat luar biasa. Misalnya pada ayat inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin.

Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Robbil Alamin

Berikut ini merupakan bacaan doa iftitah yang didalamnya ada kalimat Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin yang merupakan bacaan dalam Surat Al An’am ayat 162 arab latin serta artinya.

اللَّهِأَكْبَرُوَجَّهْتُوَجْهِيَلِلَّذِيفَطَرَالسَّمَوَاتِوَالْأَرْضَحَنِيفًامُسْلِمًاوَمَاأَنَامِنَالْمُشْرِكِينَ،إِنَّصَلَاتِيوَنُسُكِيوَمَحْيَايَوَمَمَاتِيلِلَّهِرَبِّالْعَالَمِينَلَاشَرِيكَلَهُوَبِذَلِكَأُمِرْتُوَأَنَاأَوَّلُالْمُسْلِمِينَ،

Allahu Akbar. Wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifan musliman wamaa anaa minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimin.

Artinya:" Allah Maha Besar. Kuhadapkan wajah hatiku kepada Zat yang menciptakan langit dan bumi dengan mengakui kebenaran dan dalam keadaan menyerahkan diri kepada- Nya dan aku bukanlah termasuk dari golongan orang- orang yang musrik.

Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, serta matiku semata- mata hanya untuk Allah, Tuhan seru sekalian alam, tidak ada sekutu bagi- Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan- Nya dan aku dari golongan orang islam."

Inilah mengapa manusia diperintahkan buat melaksanakan shalat. Karena shalat ialah suatu ibadah yang dilakukan dengan cara khusyuk ataupun hanya mengingat Allah semata. Perihal yang begitu ialah definisi dari shalat yang baik serta sempurna.

Perihal ini amatlah penting, karena shalat merupakan pilar agama. Bila shalat yang dilaksanakan semakin sempurna, sehingga semakin kuat pula pilar agamanya.

Di bagian lain, shalat jadi amalan yang awal kali di hitung Allah. Sehingga dari itu, perbaiki shalat kita setelah itu jalani seluruh perintah serta hindari larangan Allah SWT. Begitu juga dari suatu hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu‘ anhu mengatakan, Rasulullah shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda,

Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seseorang hamba pada hari akhir zaman ialah shalatnya. Sehingga, bila shalatnya baik, sungguh beliau sudah beruntung serta berhasil. Serta bila shalatnya rusak, sungguh beliau sudah gagal serta rugi. Bila berkurang sedikit dari shalat wajibnya, sehingga Allah Ta’ ala berfirman,‘ Lihatlah apakah hamba- Ku mempunyai shalat sunnah.’ Sehingga disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Setelah itu sedemikian itu pula dengan semua amalnya.”( HR. Tirmidzi nomor. 413 serta An- Nasa’ i, nomor. 466)

Seperti itu keterangan Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin yang ialah potongan dari doa iftitah 

Posting Komentar untuk "Arti Inna Sholati Wanusuki Wamahyaya Wamamati Lillahi Robbil Alamin Surat Apa? "