Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar ?, Ini Jawabannya!

mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar

Islamtwins.com - Dalam Alquran, terpampang dengan jelas kalau manusia diwajibkan untuk berikhtiar sebagaimana dalam al quran surat an nisa ayat 32 yang artinya:

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. ( Karena) bagi laki - laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan ( pun ) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”. ( An Nisa[4]: 32).

Ayat diatas dengan gamblang serta jelas memaparkan kalau sesungguhnya rezeki Allah akan tiba pada mereka yang senatiasa berusaha dengan bersungguh- sungguh dalam berikhtiar.

Begitu juga dalam al-quran surat ar rodu ayat 11, yang artinya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, sampai kaum itu berusaha ( berihtiar ) untuk merubah nasibnya sendiri, Ayat ini memiliki arti bahwa kita diperintah untuk berihtiar.

Ayat lain yang menunjukkan kalau ihtiar adalah harga mutlak perintah dari Allah, terdapat dalam al- quran surat al-jumuah ayat 10, yang artinya Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah di bumi, carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kalian beruntung,

Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar?

Nah, kemudian apakah jawaban dari pertanyaan tentang sebutkan alasan mengapa manusia ataupun seorang diwajibkan untuk berikhtiar yang saat ini adik pelajari? Berikut jawabannya.

Jawaban:

  1. Sebab Allah telah memerintahkan pada semua hambanya untuk berikhtiar. Ikhtiar ialah mutlak perintah dari Allah.
  2. Seorang muslim sejati ialah mereka yang tetap berikhtiar atas apa yang ia jalani.
  3. Anugerah Allah senantiasa harus diiktiarkan, anugerah itu berbentuk rezeki, kesehatan serta bentuk kebaikan yang lain.
  4. Sebab ihtiar bisa menghindarkan kita dari tindakan malas.
  5. Ikhtiar Mempermudah manusia Untuk Berserah diri pada Allah SWT.
  6. Ikhitiar serta doa merupakan 2 perihal yang harus dilakukan oleh manusia untuk memperoleh apa yang ia mau.
  7. Iktiar memberikan jawaban mengenai posisi kita selaku hambanya. Kalau kita bukan pengatur segalanya.
  8. Ikhtiar merupakan harga mutlak perintah dari Allah
  9. Dapat membuat manusia untuk senantiasa optimis
  10. Ihtiar bisa menghindarkan kita dari sikap malas

Antusias untuk terus maju, dengan jalur berusaha bekerja ataupun berikhtiar, sehingga tidak ada lagi peluang untuk kita untuk bermalasan dalam menempuh hidup ini.

Kalian dapat memakai ayat ini selaku pedoman untuk berikhtiar. Sebenarnya Allah tidak mengubah nasib kamu, bila kamu tidak berusaha.

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah Keadaan ( nasib ) sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan ( perilaku ) yang ada pada diri mereka sendiri” ( QS. al- Ra’ d: 11 )

Begitu uraian perihal mengapa manusia diwajibkan untuk berikhtiar yang dapat fakhri tuliskan. Semoga jawaban ini bisa menolong kamu perihal mengapa manusia diwajibkan untuk berikhtiar mudah - mudahan berguna.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Mengapa Manusia Diwajibkan Ikhtiar ?, Ini Jawabannya!"