Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna As Sami Artinya Yang Maha Mendengar dalam Asmaul Husna

al sami

Asmaul Husna As Sami artinya adalah Allah Maha Mendengar. Oleh karena itu selaku umat muslim, hendaklah kita tetap berhati - hati dalam berbicara, karena sebetulnya Allah SWT Maha Mendengar atas seluruh yang diperbuat oleh seorang hamba Nya.

Nama As sami yang dipunyai oleh Allah SWT senantiasa digandengkan Al alim ( Yang Maha Mengetahui ). Sebagaimana yang dituturkan dalam Al Quran, Allah mendengar segalanya serta melihat segalanya.

Ia memerhatikan seluruh permohonan, doa, mendengarkan seluruh yang memohon pada Dia. Walaupun nada suara kita kecil, keras dan bahkan suara langkah kaki semut pun, Ia tetap mendengar Nya. Sebagaimana yang tertulis dalam QS Al Mujadilah ayat 1,

قَدْ سَمِعَ ٱللَّهُ قَوْلَ ٱلَّتِى تُجَٰدِلُكَ فِى زَوْجِهَا وَتَشْتَكِىٓ إِلَى ٱللَّهِ وَٱللَّهُ يَسْمَعُ تَحَاوُرَكُمَآ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ سَمِيعٌۢ بَصِيرٌ

Qad sami'allāhu qaulallatī tujādiluka fī zaujihā wa tasytakī ilallāhi wallāhu yasma'u taḥāwurakumā, innallāha samī'um baṣīr

Artinya: Sungguh, Allah telah mendengar ucapan perempuan yang mengajukan gugatan kepadamu (Muhammad) tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah, dan Allah mendengar percakapan antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar, Maha Melihat.

Maka dari itu artikel islamtwins.com akan memberikan sedikit pemahaman kepada kita semua terkait makna tersembunyi dari As Sami Artinya Yang Maha Mendengar dalam Asmaul Husna.

Makna As Sami Artinya Allah Maha Mendengar

Secara bahasa, tutur As Sami berasal dari tutur mendengar alhasil Asmaul Husna As Sami artinya Sang Maha Mendengar. As Sami ialah salah satu dari 99 Asmaul Husna yang dipunyai Allah SWT.

Berada di urutan ke-26, Asmaul Husna ini mengisyaratkan pada kita bahwasannya Allah SWT bisa mendengar seluruh suatu yang terdapat di muka bumi ini, baik itu manusia, makhluk halus, tumbuhan, bahkan suara langkah kaki semut sekalipun. Allah SWT berfirman dalam QS Thaaha bagian 46,

Surat Thaha Ayat 46

قَالَ لَا تَخَافَآ ۖ إِنَّنِى مَعَكُمَآ أَسْمَعُ وَأَرَىٰ

Qāla lā takhāfā innanī ma'akumā asma'u wa arā

Artinya: Allah berfirman: "Janganlah kamu berdua khawatir, sesungguhnya Aku beserta kamu berdua, Aku mendengar dan melihat".

Selain itu pula ada dalam surat Fussilat ayat 36, selaku selanjutnya:

Surat Fussilat Ayat 36

وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ ٱلشَّيْطَٰنِ نَزْغٌ فَٱسْتَعِذْ بِٱللَّهِ ۖ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Wa immā yanzagannaka minasy-syaiṭāni nazgun fasta'iż billāh, innahụ huwas-samī'ul-'alīm

Artinya: Dan jika setan mengganggumu dengan suatu godaan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sungguh, Dialah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Itulah fakta kalau Allah SWT selaku As Sami, pendengaran Allah SWT tidak terbatas serta nampak nyata perbedaannya dengan pendengaran yang dipunyai manusia. Alat pendengaran manusia amatlah terbatas kemampuannya, apabila nadanya terlalu kecil, manusia tidak bisa mendengarnya, serta apabila sangat keras maka gendang telinganya juga dapat hancur kapan saja.

Dalil As Sami Artinya Allah Maha Mendengar dalam Asmaul Husna

asmaul husna al sami

Sedemikian itu agungnya sifat Allah, hingga Asmaul Husna ini sering dituturkan dalam beberapa surat Al Quran semacam, Q.S Al Baqarah ayat 127, Q.S Al Anam ayat 13, Q.S Ali Imran ayat 35 serta Q.S Al Maidah ayat 76.

Surat Al-Baqarah Ayat 127

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَٰهِۦمُ ٱلْقَوَاعِدَ مِنَ ٱلْبَيْتِ وَإِسْمَٰعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Wa iż yarfa'u ibrāhīmul-qawā'ida minal-baiti wa ismā'īl, rabbanā taqabbal minnā, innaka antas-samī'ul-'alīm

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail, (seraya berdoa), “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Surat Al An’am Ayat 13

۞ وَلَهُۥ مَا سَكَنَ فِى ٱلَّيْلِ وَٱلنَّهَارِ ۚ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Wa lahụ mā sakana fil-laili wan-nahār, wa huwas-samī'ul-'alīm

Artinya: Dan kepunyaan Allah-lah segala yang ada pada malam dan siang. Dan Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Surat Ali ‘Imran Ayat 35

إِذْ قَالَتِ ٱمْرَأَتُ عِمْرَٰنَ رَبِّ إِنِّى نَذَرْتُ لَكَ مَا فِى بَطْنِى مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Iż qālatimra`atu 'imrāna rabbi innī nażartu laka mā fī baṭnī muḥarraran fa taqabbal minnī, innaka antas-samī'ul-'alīm

Artinya: (Ingatlah), ketika istri Imran berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu, apa (janin) yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada-Mu), maka terimalah (nazar itu) dariku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

Surat Al Ma’idah Ayat 76

قُلْ أَتَعْبُدُونَ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَا لَا يَمْلِكُ لَكُمْ ضَرًّا وَلَا نَفْعًا ۚ وَٱللَّهُ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ

Qul a ta'budụna min dụnillāhi mā lā yamliku lakum ḍarraw wa lā naf'ā, wallāhu huwas-samī'ul-'alīm

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “Mengapa kamu menyembah yang selain Allah, sesuatu yang tidak dapat menimbulkan bencana kepadamu dan tidak (pula) memberi manfaat?” Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.

Cara Meneladani sifat As Sami

Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada allah swt yang mempunyai sifat maha mendengar ialah kita wajib berusaha supaya segala yang kita ucapkan ialah perkataaan yang baik serta bermanfaat, sebab kita menyakini kalau allah swt senantiasa mendengar segala yang kita ucapkan.

Lantas bagaimana cara meneladani sifat As Sami? cara yang bisa kita jalani untuk meneladani asmaul husna ini ialah selaku selanjutnya:

  • Tetap mendengarkan serta memperdengarkan hal - hal yang baik bagi syariat.
  • Tidak asal berbicara kalimat - kalimat buruk karena mengenali Allah SWT Maha Mendengar.
  • Menjadi individu yang lebih banyak mendengar dibanding banyak bicara.

Manfaat yang bisa di ambil dari Asmaul Husna As Sami yakni selaku pengingat bahwasannya Allah SWT itu Maha Mendengar, alhasil kita bisa menjauhi perilaku ghibah, gosip, menggunjing, memfitnah serta berbicara dusta yang mana itu hendak menambah dosa. Selain itu, cuma berharap serta memohon pada Allah SWT, sebab sebaik - baiknya Dzat buat berdoa.

Demikian pembahasan mengenai makna As Sami artinya Allah Maha Mendengar dalam Asmaul Husna yang dapat islamtwins sampaikan. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Makna As Sami Artinya Yang Maha Mendengar dalam Asmaul Husna"