Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karomah Abuya Muhtadi, Kiainya Para Kiai

Karomah Abuya Muhtadi

Islamtwins.com - Abuya Ahmad Muhtadi bin Abuya Muhammad Dimyathi, yang juga dikenal sebagai Abuya Muhtadi, adalah sosok ulama yang sangat dihormati oleh masyarakat Indonesia, terutama di daerah Banten.

Beliau lahir pada tanggal 28 Jumadil Awwal 1374 Hijriyah atau 26 Desember 1953 Masehi, di Kampung Cidahu, Desa Tanagara, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Ia adalah putra dari dari pasangan Abuya Muhammad Dimyathi Bin Muhammad Amin al-Bantani dan Nyai Hajjah Asma' Binti K.H. 'Abdul Halim al-Makky, serta seorang istri yang bernama Ashmah binti Abuya Jasir. Ashmah binti Abuya Jasir pada era 1948 dipertemukan saat Abuya Dimyati menempa ilmu di Kadupeusing yang magis.

Pernikahan yang memikat ini diberkahi dengan hadirnya tujuh orang anak, dengan kehadiran Ahmad Muhtadi, Muhammad Murtadlo, Abul Aziz Fakruddin, Ahmad Muntaqo, Musfiroh, Ahmad Muqatil, dan Ahmad Syafi'i (meninggal dunia saat kelahirannya). Seorang waliyullah terkenal yang terkenal karena sifat zuhudnya dan karomahnya yang beragam.

Abuya Muhtadi adalah pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Ulum yang didirikan oleh ayahnya, Abuya Dimyati Cidahu. Beliau adalah seorang ulama yang dijuluki sebagai "kiainya para kiai" dan terkenal sebagai Mufti Syafi'iyyah karena penguasaannya terhadap empat kitab pedoman Mutaakhirin As Syafi'iyyah, yaitu Tuhfatul Muhtaj, Mughnil Muhtaj, Nihyatul Muhtaj, dan Asnal Matholib. Beliau bahkan menguasai kitab Roudlotut Tholobin sebagai kitab pegangan khusus para mufti.

Selain sebagai mufti Syafi'iyyah, Abuya Muhtadi juga disebut sebagai Al-Mursyid karena penguasaannya terhadap 14 Fan Thoriqoh dan menjadi Mursyid Thoriqoh As Syadziliyyah.

Keilmuan beliau sungguh luar biasa. Banyak Kiyai dan Santri yang berbondong-bondong untuk menimba ilmu agama darinya, merujuk kepada kitab-kitab klasik yang ditulis oleh para ulama salafus shalih.

Rumah Abuya Muhtadi selalu ramai dikunjungi, bukan hanya oleh masyarakat biasa, tetapi juga oleh para pejabat, pengusaha, bahkan presiden dan wakil presiden pernah mengunjungi kediamannya, tentu saja dengan harapan mendapatkan berkah dan doa dari beliau.

Ada beberapa karomah Abuya Muhtadi yang disaksikan langsung oleh para santrinya dan dianggap tidak masuk akal oleh orang awam. Banyak orang yang tidak tahu bahwa ulama ini memiliki keistimewaan yang luar biasa, yang tidak dimiliki oleh sembarang orang.

Lalu, apa saja karomah Abuya Muhtadi yang disaksikan langsung oleh para santrinya?

Berikut ini rangkuman islamtwins.com dari berbagai sumber mengenai keistimewaan dan karomah Abuya Muhtadi:

Karomah Abuya Muhtadi

Abuya Muhtadi
foto abuya muhtadi

Berikut ini ialah keistimewaan serta karomah dari Abuya Ahmad Muhtadi bin Abuya Muhammad Dimyathi, yang juga dikenal sebagai Abuya Muhtadi yang telah disaksikan langsung oleh para santrinya yang fahri rangkum dari berbagai sumber:

  • Menghentikan dan mengendalikan waktu
  • Mampu menembus ruang dan waktu
  • Peristiwa aneh yang terjadi pada masa pemerintahan orde baru
  • Memperoleh semua ijazah hijib dan kitab
  • Dikenal sebagai guru para Kiyai
  • Behasil menguasai 12 Fan Ilmu
  • Mampu mengetahui niat dan pikiran seseorang
  • Mengubah air sungai yang keruh menjadi bening
  • Hadir dalam mimpi seseorang
  • Mampu mengetahui pekerjaan seseorang

Itulah beberapa keistimewaan dan karomah Abuya Muhtadi bin Abuya Dimyati Banten. Hingga saat ini, keberadaan Abuya Muhtadi sangat diakui oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Banten.

Posting Komentar untuk "Karomah Abuya Muhtadi, Kiainya Para Kiai"