Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Doa Nisfu Sya'ban: Kunci Keajaiban dan Perubahan Hidup

Doa Nisfu Sya'ban

3 Doa Nisfu Sya'ban

3 Doa Nisfu Sya'ban, juga dikenal sebagai Malam Nisfu Sya'ban, adalah salah satu momen penting dalam kalender Islam yang banyak diperingati oleh umat muslim di seluruh dunia. Malam Nisfu Sya'ban jatuh pada tanggal 15 bulan Sya'ban, yang merupakan bulan ke-8 dalam penanggalan Islam.

Malam ini memiliki makna khusus dan diyakini memiliki keutamaan tertentu. Rasulullah SAW bersabda dinukil dari riwayat Ali bin Abi Thalib yang berbunyi,

إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُومُوا لَيْلَهَا وَصُومُوا يَوْمَهَا، فَإِنَّ اللهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَنْزِلُ فِيهَا لِغُرُوبِ الشَّمْسِ إِلَى السَّمَاء الدُّنْيَا، فَيَقُولُ: أَلَا مِنْ مُسْتَغْفِرٍ فَأَغْفِرَ لَهُ، أَلَا مِنْ مُسْتَرْزِقٍ فَأَرْزُقَهُ، أَلَا مِنْ مُبْتَلَى فَأُعَافِيَهُ، أَلَا كَذَا أَلَا كَذَا حَتَّى يَطَّلِعَ الْفَجْرَ

Artinya: "Nabi SAW bersabda, 'Apabila tiba malam Nisfu Syaban maka salatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman,

"Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rezeki, maka akan kuberikan rezeki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, hingga terbit fajar," (HR Imam Ibn Majah).

Dalam artikel ini, islamtwins.com akan menjelaskan tentang makna, hikmah, dan amalan-amalan yang terkait dengan 3 doa nisfu sya'ban.

Makna Malam Nisfu Sya'ban

Malam Nisfu Sya'ban

Malam Nisfu Sya'ban memiliki makna dan keutamaan yang sangat penting. Ini adalah malam di mana Allah SWT memutuskan nasib hamba-hamba-Nya untuk tahun yang akan datang.

Berdasarkan kepercayaan umum, pada malam ini, Allah mencatat siapa yang akan hidup dan siapa yang akan meninggal dalam tahun yang akan datang. Malam Nisfu Sya'ban juga dianggap sebagai malam di mana dosa-dosa diampuni, dan rahmat Allah mengalir dengan melimpah.

Dalam Islam, setiap peristiwa atau momen yang dianggap istimewa selalu disertai dengan doa dan amalan yang khusus. Malam Nisfu Sya'ban juga bukan pengecualian. Ada beberapa doa dan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam ini untuk memohon keberkahan, ampunan, dan perlindungan dari Allah.

Hikmah dan Kedudukan Malam Nisfu Sya'ban

Malam Nisfu Sya'ban memiliki kedudukan yang penting, meskipun ada perbedaan pendapat di antara ulama tentang keutamaannya. Beberapa ulama meyakini bahwa malam ini memiliki keutamaan khusus, sementara yang lain menganggapnya sebagai malam biasa. Namun, banyak umat Islam merayakan malam ini dengan penuh semangat dan keyakinan.

Salah satu hikmah penting yang dapat diambil dari perayaan malam Nisfu Sya'ban adalah kesempatan untuk introspeksi diri. Pada malam ini, umat Islam dianjurkan untuk merenungkan perbuatan mereka selama tahun yang telah berlalu, bertaubat atas dosa-dosa mereka, dan berusaha memperbaiki diri ke arah yang lebih baik. Ini adalah momen untuk memperbaiki hubungan dengan Allah dan dengan sesama manusia.

3 Doa yang Dianjurkan pada Malam Nisfu Sya'ban

3 doa nisfu sya'ban merujuk kepada tiga doa yang sering dibaca oleh umat Islam ketika tiba malam Nisfu Sya'ban, yang jatuh pada tanggal 15 dari bulan Sya'ban dalam penanggalan Hijriyah. Malam Nisfu Sya'ban dianggap sebagai malam khusus di mana berkat dan rahmat dari Allah SWT sangat melimpah.

Doa adalah salah satu cara terpenting untuk berkomunikasi dengan Allah. Pada malam Nisfu Sya'ban, ada beberapa doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca. Berikut adalah tiga doa yang sering dibaca pada malam Nisfu Sya'ban:

1. Doa Malam Nisfu Sya'ban

Dalam kitabnya yang berjudul "Maslakul Akhyar," Mufti Betawi Sayyid Utsman bin Yahya telah mencatatkan doa malam Nisfu Syaban. Doa tersebut telah kami kutip dari NU Online untuk kemudahan Anda.

Doa nisfu sya'ban arab

Doa nisfu sya'ban arab

Doa nisfu sya ban latin

Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu ‘alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in‘âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma’manal khâ’ifîn. Allâhumma in kunta katabtanî ‘indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî ‘indaka sa‘îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal ‘alâ lisâni nabiyyikal mursal, “yamhullâhu mâ yasyâ’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitâb” wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn.

Artinya, "Wahai Tuhanku yang maha pemberi, Engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut. Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufik untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad saw dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah swt."

2. Doa Nisfu Sya Ban Arab dan Artinya dari Syekh Abdul Qadir al-Jilani 

Doa Nisfu Sya'ban

Allâhumma shalli ‘alâ Muhammadin wa âlihi, Mashâbihil hikmati wa mawâlin ni’mati, wa ma‘âdinil ‘ishmati, wa‘shimni bihim min kulli sû-in, wa lâ ta’khudznî ‘alâ ghirratin wa lâ ‘ala ghaflatin, wa lâ taj‘al ‘awâqiba amri hasratan wa nadâmatan, wardla ‘annî, fainna maghfirataka lidh dhâlimin, wa anâ minadh dhâlimîna, allâhumma ighfir lî mâ lâ yadlurruka, wa a‘thinî mâ lâ yanfa’uka, fainnaka al-wâsi’atu rahmatuhu, al-badî‘atu hikmatuhu, fa a‘thini as-sa‘ata wad da‘ata, wal-amna wash-shihhata wasy-syukra wal-mu‘âfata wattaqwa, wa afrighiash-shabra wash-shidqa ‘alayya, wa ‘alâ auliyâi fîka, wa a‘thinî al-yusra, walâ taj‘al ma‘ahu al-‘usra, wa a‘imma bi dzâlika ahlî wa waladî wa ikhwanî fîka, wa man waladanî minal muslimîna wal muslimâti wal mu’minîna wal mu’minâti.

Artinya: “Ya Allah limpahkan rahmat ta’dhim-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, lampu-lampu hikmah, tuan-tuan nikmat, sumber-sumber penjagaan. Jagalah aku dari segala keburukan lantaran mereka, janganlah engkau hukum aku atas kelengahan dan kelalaian, janganlah engkau jadikan akhir urusanku suatu kerugian dan penyesalan, ridhailah aku, sesungguhnya ampunanMu untuk orang-orang zhalim dan aku termasuk dari mereka, ya Allah ampunilah bagiku dosa yang tidak merugikanMu, berilah aku anugerah yang tidak memberi manfaat kepadaMu, sesungguhnya rahmat-Mu luas, hikmah-Mu indah, berilah aku kelapangan, ketenangan, keamanan, kesehatan, syukur, perlindungan (dari segala penyakit) dan ketakwaan. Tuangkanlah kesabaran dan kejujuran kepadaku, kepada kekasih-kekasihku karena-Mu, berilah aku kemudahan dan janganlah jadikan bersamanya kesulitan, liputilah dengan karunia-karunia tersebut kepada keluargaku, anaku, saudar-saudaraku karena-Mu dan para orang tua yang melahirkanku dari kaum muslimin muslimat, serta kaum mukiminin dan mukminat.” (Syekh Abdul Qadir al-Jilani, Ghunyah al-Thalibin, juz 3, hal. 249)

3. Membaca Surat Yasin Sebanyak 3x

Sesudah melafazkan doa-doa di atas, langkah selanjutnya adalah membaca surat Yasin sebanyak tiga kali, yang kemudian dilanjut dengan niat baca yasin nisfu sya'ban dan doa-doa memohon ampunan, kekuatan dalam iman, serta berkah dalam rezeki.

a. Doa Memohon Ampunan

Doa nisfu sya ban setelah baca yasin yang pertama ialah doa untuk memohon ampunan kepada Allah SWT yakni sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي 

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Engkau mencintai pengampunan, maka berilah ampunan kepada ku."

b. Doa Meminta Rezeki dan Kehidupan yang Baik:

Doa setelah membaca surat yasin pada malam nisfu sya'ban yang kedua ialah doa untuk meminta rezeki dan kehidupan yang lebih baik yakni:

الّلهُمَّ ارْزُقْـــنِيْ رِزْقًا وَاسِعًا بِلاَ تَعَبٍ وَلاَ نَصْبٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Allohumarzuqni rizkon wasi’an bilaa ta’abin walaa nasbin innaka a’la kuli sya’in qodiir

Artinya: "Ya Allah, berikanlah kepada hamba rezeki yang luas tanpa kepayahan dan keberatan, sesugguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

c. Doa Meminta Perlindungan dari Azab Neraka:

doa setelah baca yasin pada malam nifsu sya'ban yang terakhir ialah doa untuk meminta agar terhindar dari azab neraka, yaitu:

اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ النَّارِ

Allahumma ajirni min an-naar

Artinya: "Ya Allah, lindungilah aku dari siksa neraka."

Doa tersebut terdapat dalam sebuah hadist sebagai berikut.

إِذَا انْصَرَفْتَ مِنْ صَلَاةِ الْمَغْرِبِ فَقُلْ اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنْ النَّارِ سَبْعَ مَرَّاتٍ فَإِنَّكَ إِذَا قُلْتَ ذَلِكَ ثُمَّ مِتَّ فِي لَيْلَتِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا وَإِذَا صَلَّيْتَ الصُّبْحَ فَقُلْ كَذَلِكَ فَإِنَّكَ إِنْ مِتَّ فِي يَوْمِكَ كُتِبَ لَكَ جِوَارٌ مِنْهَا

Artinya: "Apabila selesai salat subuh, sebelum berbicara dengan orang lain, bacalah doa: Allahumma ajirni minannar (Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka) sebanyak tujuh kali. Sesungguhnya, jika kamu meninggal pada harimu itu niscaya Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka.

Dan apabila kamu selesai salat maghrib, sebelum berbicara dengan orang lain, bacalah doa: Allahumma ajirni minannar (Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka) sebanyak tujuh kali. Sesungguhnya, jika kamu meninggal pada malammu itu, niscaya Allah menulis bagimu perlindungan dari api neraka". (HR. Abu Dawud, Imam Ahmad, dan Ibnu Hibban).

Selama malam Nisfu Sya'ban, umat Islam juga sering menghabiskan waktu dengan beribadah, membaca Al-Qur'an, dan berdoa untuk mendapatkan berkah serta keberkatan dari Allah SWT. Doa nisfu sya'ban setelah baca yasin ini bisa membantu untuk memohon ampunan, rezeki yang baik, dan perlindungan dari siksa akhirat.

Amalan-amalan yang Dianjurkan pada Malam Nisfu Sya'ban

Selain doa, ada juga amalan-amalan yang dianjurkan pada malam Nisfu Sya'ban. Amalan-amalan ini termasuk:

  1. Membaca Al-Quran: Membaca Al-Quran pada malam Nisfu Sya'ban adalah amalan yang sangat dianjurkan. Umat Islam dapat membaca surah-surah pilihan atau ayat-ayat tertentu yang mereka sukai.
  2. Shalat Malam: Melakukan shalat sunnah pada malam Nisfu Sya'ban juga dianjurkan. Beberapa ulama menyarankan shalat sunnah 100 rakaat pada malam ini, tetapi jumlahnya dapat disesuaikan sesuai dengan kemampuan individu.
  3. Memberi Sadaqah: Memberi sedekah atau infaq pada malam Nisfu Sya'ban adalah amalan yang baik. Ini dapat berupa sumbangan kepada orang-orang yang membutuhkan atau amal-amal lain yang membantu sesama.

FAQ (Baca Surat Al Waqiah Malah Bangkrut)

Nisfu Syaban baca Yasin 3 kali untuk apa?

Bacaan Surah Yasin tiga kali pada malam Nisfu Sya'ban seringkali dipraktikkan dengan harapan mendapatkan berkah dan pahala lebih banyak, serta memohon ampunan dari Allah SWT.

Kapan baca Yasin 3 kali di nisfu sya ban?

Pada malam Nisfu Sya'ban, Surat Yasin dibaca tiga kali setelah menunaikan salat Maghrib. Setiap kali membacanya, kita menyertakan niat dengan hajat yang berbeda-beda. 

Baca Yasin 3 kali minta apa saja?

Untuk meminta ampunan, rezeki yang melimpah dan terhindar dari azab neraka kepada Allah SWT.

Apa yang harus kita baca di malam nisfu sya ban?

Pada malam nisfu sya'ban dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak amalan, termasuk membaca doa, mengucapkan dua kalimat syahadat, dan meningkatkan istighfar.

Sebagai umat Islam, penting untuk menjalani malam Nisfu Sya'ban dengan penuh kesadaran dan keimanan. Semoga kita semua dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual kita, mendekatkan diri kepada Allah, dan berupaya menjadi pribadi yang lebih baik dalam menjalani ajaran Islam.

Posting Komentar untuk "3 Doa Nisfu Sya'ban: Kunci Keajaiban dan Perubahan Hidup"