Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Hal yang Diminta Setelah Sholat Tahajud yang Wajib Kamu Hafalkan

4 Hal yang Diminta Setelah Sholat Tahajud

Inilah 4 hal yang diminta setelah sholat tahajud yang wajib kamu hafalkan. Sholat Tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat istimewa.

Ibadah sholat ini dilakukan di tengah malam, setelah sholat Isya hingga menjelang waktu sholat Subuh. Sholat Tahajud memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah kesempatan untuk berdoa dan meminta kepada Allah SWT.

Melaksanakan Sholat Tahajud merupakan tanda kesungguhan seseorang dalam mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Selain mendatangkan berkah dan keberkahan, Sholat Tahajud juga mempunyai manfaat yang luar biasa.

Di dalam artikel ini, islamtwins akan menjelaskan lebih dalam tentang 4 hal yang diminta setelah Sholat Tahajud, beserta hadits-haditsnya.

4 Hal yang Diminta Setelah Sholat Tahajud

Inilah 4 hal yang wajib anda minta setelah selesei melakukan sholat tahajud agar hidup anda sejahtera:

1. Meminta Pengampunan Dosa

Salah satu hal yang diminta setelah Sholat Tahajud adalah memohon pengampunan dosa. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam hadits riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu mengatakan,

"Barangsiapa yang melakukan sholat malam, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya." (HR. Bukhari dan Muslim).

Sholat Tahajud adalah kesempatan emas untuk meraih pengampunan dosa-dosa kita. Dengan melaksanakan sholat ini, kita dapat membersihkan hati dan jiwa kita dari dosa-dosa yang telah kita lakukan.

اَللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ خَطِيْئَتِيْ، وَجَهْلِيْ، وَإِسْرَافِيْ فِي أَمْرِيْ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ جَدِّيْ وَهَزْلِيْ، وَخَطَئِيْ وَعَمْدِيْ، وَكُلُّ ذلِكَ عِنْدِيْ، اللّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ، وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ، وَمَا أَعْلَنْتُ، وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ، وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allahummaghfirli khothiati wa jahli wa isrofi fi amri wama anta a’lamu bihi minni. Allahummaghfirli jaddi wa hezli wa khoto-i wa ‘amdi wa kullu zalika ‘indi. Allahummaghfirli ma qoddamtu wama akhkhortu wama asrortu wama a’lantu wama anta a’lamu bihi minni antal muqoddimu wa antal muakhkhiru wa anta ‘ala kulli syai-in qodir.

Artinya: “ Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, keberlebih-lebihan dalam perkaraku, dan apa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku. Ya Allah, ampunilah diriku dalam kesungguhanku, kelalaianku, kesalahanku, kesengajaanku, dan semua itu adalah berasal dari sisiku. Ya Allah, ampunilah aku dari segala dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan, segala dosa yang aku sembunyikan dan yang aku tampakkan, dan dosa yang Engkau lebih mengetahui daripada aku, Engkaulah Yang Maha Mendahulukan dan Yang Maha Mengakhirkan, dan Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Hadits di atas menggambarkan betapa besar pengampunan Allah bagi orang yang melaksanakan Sholat Tahajud. Ketika seseorang bangun di tengah malam untuk beribadah, itu menunjukkan kesungguhan dan kerinduannya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Allah Subhanahu wa Ta'ala sangat menghargai niat dan usaha ini dengan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

2. Memohon Hidayah dan Kebijaksanaan

Selain meminta pengampunan dosa, Sholat Tahajud juga merupakan waktu yang sangat tepat untuk memohon hidayah (petunjuk) dan kebijaksanaan dari Allah. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering dihadapkan pada berbagai pilihan dan keputusan yang sulit.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam haditsnya menyebutkan bahwa Allah turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir, lalu Allah berfirman,

"Siapa yang memohon sesuatu kepada-Ku, maka Aku akan memberikannya. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya." (HR. Bukhari).

Dalam hal ini, Sholat Tahajud menjadi momen yang sangat berarti. Dalam kesendirian malam, kita dapat merenung dan memohon petunjuk kepada Allah dalam menghadapi masalah dan tantangan hidup. Ketika kita tulus meminta hidayah dan kebijaksanaan, Allah akan memberikan kepada kita kejelasan dan pemahaman untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik.

3. Meminta Kesehatan dan Kebahagiaan

Kesehatan dan kebahagiaan adalah dua hal yang sangat berharga dalam kehidupan manusia. Sholat Tahajud adalah waktu yang sangat tepat untuk meminta kesehatan fisik dan mental, serta kebahagiaan dalam kehidupan.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam hadits riwayat Aisha Radhiyallahu 'anha mengajarkan bahwa ketika beliau melaksanakan Sholat Tahajud, beliau meminta kesehatan dan kebahagiaan bagi umatnya.

اللهم إني ضعيف فقو في رضاك ضعفي ، وخذ لي الخير بناصيتي ، واجعل الإسلام منتهى رضائي ، اللهم إني ضعيف فقوني ، وإني ذليل فأعزني ، وإني فقير فارزقني يا ارحم الراحمين

Allahumma Innii Dha’ifun faqawwi fi ridhaaka dha’fii wa khudz ilal khairi binaa shiyatii waj’alil islaama muntahaa ridhaaya. Allahumma innii dha’ifun faqawwinii wa innii adzalilun fa-a’izzanii wa innii faqiirun fa aghnini yaa arhamar rahimin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku lemah, maka kuatkanlah dengan ridhamu atas kelemahanku itu tariklah pundakku menuju kepada kebaikan. Jadikanlah agama Islam ini puncak kesukaanku. Ya Allah, sesungguhnya aku lemah, maka kuatkanlah aku, sesungguhnya aku hina maka angkatlah derajat ini. Sesungguhnya aku fakir, maka kayakanlah aku, wahai Dzat yang Maha Pengasih."

Memohon kesehatan dan kebahagiaan setelah Sholat Tahajud adalah ekspresi dari rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan-Nya. Selain itu, kesehatan dan kebahagiaan juga menjadi faktor penting dalam menjalani kehidupan yang penuh makna dan produktif. Dengan Sholat Tahajud, kita dapat memohon perlindungan dan berkah-Nya untuk menjaga kesehatan dan kebahagiaan kita.

4. Memohon Kebaikan Dunia dan Akhirat

Selain hal-hal di atas, Sholat Tahajud juga merupakan waktu yang tepat untuk memohon kebaikan dunia dan akhirat. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam haditsnya menyebutkan bahwa setiap muslim memiliki tiga waktu khusus ketika doa-doa mereka tidak ditolak oleh Allah.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaar.

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kepada kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan. Serta peliharalah kami dari siksa neraka."

Salah satunya adalah saat sholat Tahajud. Dalam sholat ini, kita dapat meminta kepada Allah agar memberikan kebaikan dunia dan akhirat.

Kebaikan dunia meliputi rezeki yang halal, kelancaran dalam urusan dunia, dan perlindungan dari segala masalah dan kesulitan. Kebaikan akhirat meliputi ampunan dosa-dosa, surga yang kekal, dan keberkahan dalam kehidupan akhirat. Dengan memohon kebaikan dunia dan akhirat setelah Sholat Tahajud, kita menunjukkan keyakinan kita kepada Allah bahwa hanya Dia yang mampu memberikan kebaikan sejati.

Sholat Tahajud adalah salah satu ibadah yang penuh makna dan keberkahan. Selain mendekatkan diri kepada Allah, sholat ini juga merupakan waktu yang sangat tepat untuk memohon berbagai hal yang kita butuhkan dalam hidup ini. Dari pengampunan dosa hingga hidayah, dari kesehatan hingga kebahagiaan, dari kebaikan dunia hingga akhirat, 4 hal yang diminta setelah sholat tahajud memberikan kesempatan yang istimewa untuk meminta kepada Allah.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, janganlah kita lupa untuk melaksanakan Sholat Tahajud dan memanfaatkannya sebagai waktu untuk berdoa dan memohon kepada Allah. Sebab, Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui, dan Dia pasti akan mengabulkan doa-doanya. Dengan kesungguhan dan ketulusan hati, kita dapat meraih segala berkah dan keberkahan yang Allah sediakan bagi hamba-Nya yang taat dan beriman.

Jadikan Sholat Tahajud sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ibadah kita, dan berdoalah dengan penuh keyakinan bahwa Allah akan mendengar dan mengabulkan doa-doamu. Dengan demikian, kita akan mendapatkan manfaat luar biasa dari ibadah ini, dan mendekatkan diri kepada Allah dengan lebih dalam. Semoga Allah senantiasa memberkahi dan memberikan keberkahan pada setiap langkah hidup kita. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Inilah 4 Hal yang Diminta Setelah Sholat Tahajud yang Wajib Kamu Hafalkan"