Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Keinginan Terkabul

Apa Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Keinginan Terkabul

Jika kamu tengah mencari apa doa setelah sholat tahajud agar keinginan terkabul, maka kamu berada di tempat yang tepat.

Doa memiliki peran penting dalam kehidupan seorang Muslim, terutama setelah melaksanakan sholat tahajud. Sholat tahajud adalah ibadah malam yang dijalankan di sepertiga malam terakhir, di mana hubungan langsung dengan Allah diperkuat.

Doa setelah sholat tahajud bukan hanya sekedar rangkaian kata, namun sebuah sarana untuk menyampaikan keinginan dan harapan kepada Sang Pencipta. Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam mengenai doa setelah sholat tahajud dan bagaimana cara agar keinginan kita dapat terkabul.

Mengapa Doa Setelah Sholat Tahajud itu Penting

  • Koneksi Langsung dengan Allah: Sholat tahajud memberikan kesempatan unik untuk berkomunikasi secara langsung dengan Allah. Doa yang dilakukan dalam kondisi ini dianggap memiliki kekuatan dan keistimewaan tersendiri.
  • Kesempatan Terbaik Untuk Dikabulkan: Sepertiga malam terakhir merupakan waktu yang sangat dianjurkan untuk berdoa karena pada saat itu, langit dibuka, dan doa-doa yang tulus lebih mudah diterima.

Doa-doa yang Dianjurkan Setelah Sholat Tahajud

Setelah selesei menunaikan sholat tahajud, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa setelah sholat tahajud agar cepat terkabul yaitu sebagai berikut :

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallam haqq. Was sa‘atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkharu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Doa Meminta Rezeki Setelah Mengerjakan Sholat Tahajud

Karena termasuk waktu mustajab, umat muslim juga bisa menambahkan doa apapun kepada Allah. Salah satunya seperti yang diajarkan Rasulullah yaitu doa meminta rezeki.

Doa minta rezeki setelah sholat tahajud sebenarnya ada beberapa doa pembuka rezeki yang dianjurkan dibaca. Berikut bacaan doanya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلً

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibah, wa ‘amalan mutaqabbala

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Selain doa diatas, umat muslim juga bisa membaca doa meminta rezeki ini :

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak-fini bi halaalika ‘an haramika, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karuniaMu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Doa penutup setelah sholat tahajud

Setelah membaca doa-doa setelah sholat tahajud di atas maka umat muslim dianjurkan agar melafalkan doa penutup setelah sholat tahajud ini :

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari siksa neraka.” (QS. Al-Baqarah : 201).

Tips Agar Doa Setelah Sholat Tahajud Terkabul

  • Konsistensi dalam Berdoa: Lakukan doa setelah sholat tahajud secara konsisten. Keteraturan ini menunjukkan ketulusan dan keikhlasan dalam berkomunikasi dengan Allah.
  • Perbanyak Doa Untuk Orang Lain: Selain doa untuk diri sendiri, sertakan pula doa untuk keselamatan dan kebahagiaan orang-orang di sekitar. Berdoa untuk orang lain adalah tanda kepedulian dan kebaikan hati.

Doa setelah sholat tahajud merupakan sarana berkomunikasi dengan Allah SWT yang sangat berharga bagi setiap Muslim. Dalam doa ini, kita tidak hanya menyampaikan keinginan dan harapan, tetapi juga memperkuat ikatan batin dengan Allah.

Dengan niat yang tulus, doa setelah sholat tahajud memiliki potensi besar untuk dikabulkan. Kunci utamanya adalah konsistensi, keikhlasan, dan kesabaran. Dengan begitu, setiap doa yang kita panjatkan dapat menjadi pintu terbuka menuju keberkahan dan kesuksesan dalam hidup.

Semoga artikel yang fahri tulis ini memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai doa setelah sholat tahajud dan memberikan inspirasi bagi pembaca dalam memperkukuh hubungan kita dengan Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Apa Doa Setelah Sholat Tahajud Agar Keinginan Terkabul"