Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Setelah Sholat Tahajud yang Mustajab

doa setelah sholat tahajud

Inilah bacaan doa setelah sholat tahajud yang mustajab (insya allah) yang dapat kamu amalkan sesudah melaksanakan sholat tahajud.

Sholat tahajud sendiri merupakan bentuk ibadah yang dilakukan pada malam hari, di antara tidur yang pulas dan terbitnya fajar. Dalam momen tersebut, seorang Muslim dapat mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dengan doa yang tulus dan penuh harap.

Anjuran untuk membaca doa setelah menunaikan sholat tahajud sesuai dengan petunjuk Nabi Muhammad SAW, sebagaimana yang dicatat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, sebagai berikut:

"Tuhan kita Allah tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia setiap sepertiga malam akhir. Ia (Allah) lalu berkata: 'Barangsiapa yang berdoa, akan Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku akan Aku beri, siapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni. Hingga terbit fajar'". (HR. Bukhari 1145, Muslim 758)

Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi makna mendalam dari doa setelah sholat tahajud, serta pentingnya memperkuat hubungan spiritual kita dengan Allah SWT.

Doa Setelah Sholat Tahajud

doa setelah sholat tahajud yang mustajab

Latin : Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna.Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna.

Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa‘atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu.

Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya.

Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku.

Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian.

Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Mengapa Doa Setelah Sholat Tahajud Penting?

Doa setelah sholat tahajud memiliki keistimewaan tersendiri karena dilakukan pada waktu yang paling dekat dengan Allah, yaitu saat sepertiga malam terakhir. Pada saat ini, Allah turun ke langit dunia untuk mendengarkan doa hamba-Nya.

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya, pada malam hari ada saat-saat yang memberikan keutamaan. Jika salah seorang di antara kalian mendekati saat-saat itu, maka hendaklah dia banyak berdoa." (HR. Bukhari, Muslim)

Momen ini merupakan kesempatan emas untuk memohon ampunan, petunjuk, dan keberkahan dalam segala aspek kehidupan. Doa setelah sholat tahajud adalah wujud pengakuan diri sebagai hamba yang lemah dan butuh pertolongan Allah. Dalam keheningan malam, seorang Muslim dapat merasakan kebesaran Sang Khalik dan kecilnya diri sendiri.

Doa setelah sholat tahajud adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, mencurahkan isi hati, dan memohon rahmat-Nya. Dalam kerendahan hati, seorang Muslim mengakui ketergantungan penuhnya kepada Sang Pencipta.

Maka, marilah kita memanfaatkan momen berharga ini untuk memperkuat ikatan spiritual, berharap pada rahmat dan kemurahan Allah SWT. Dengan doa yang tulus, semoga setiap langkah dan usaha kita diberkahi oleh-Nya di dunia dan akhirat. A

Posting Komentar untuk "Doa Setelah Sholat Tahajud yang Mustajab"