Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Setelah Menonton Film Dewasa Sholat Tidak Diterima

apakah setelah menonton film dewasa sholat tidak diterima

Dalam praktik agama Islam, sholat atau salat memiliki peranan penting sebagai ibadah yang menghubungkan seseorang dengan Sang Pencipta.

Namun, seringkali muncul pertanyaan dan spekulasi seputar faktor-faktor yang dapat mempengaruhi diterimanya sholat seseorang.

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah, apakah setelah menonton film dewasa sholat tidak diterima?. Dalam kesempatan kali ini, islamtwins.com akan lebih dalam membahas mengenai mitos dan fakta terkait hal ini.

Pengertian Sholat dalam Islam

Sebelum membahas lebih lanjut tentang pengaruh menonton film dewasa terhadap sholat, penting untuk memahami makna dan pentingnya sholat dalam Islam.

Ibadah ini memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam ajaran Islam dan dianggap sebagai sarana utama untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Sholat juga sering disebut sebagai tiang agama atau rukun Islam kedua setelah syahadat.

Dalam bahasa Arab, sholat disebut "ṣalāh" yang berasal dari kata kerja "ṣalla" yang berarti "berdoa" atau "berhubungan". Namun, dalam ibadah, sholat memiliki makna yang lebih luas. Sholat bukan hanya sekedar berdoa, tetapi juga merupakan serangkaian gerakan dan ucapan yang diatur secara khusus sesuai dengan tuntunan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya, Nabi Muhammad SAW.

Sholat diwajibkan kepada setiap Muslim yang sudah mencapai usia baligh dan berakal sebanyak lima kali sehari, yaitu sholat fardhu lima waktu. Waktu-waktu sholat tersebut adalah Subuh (fajar), Dhuhur (tengah hari), Ashar (sore), Maghrib (senja), dan Isya (malam). Setiap sholat memiliki aturan dan tata cara yang harus diikuti, mulai dari niat, gerakan tubuh, hingga bacaan dan doa yang dibacakan.

Selain menjadi kewajiban, sholat juga memiliki nilai-nilai yang sangat dalam bagi umat Muslim. Melalui sholat, seorang Muslim diberikan kesempatan untuk merenungkan kebesaran Allah SWT, mensucikan diri, memohon ampunan, dan memperbaiki hubungan dengan Sang Pencipta serta sesama manusia. Sholat juga dianggap sebagai bentuk pengabdian dan penghormatan yang utama kepada Allah SWT.

Dampak Menonton Film Dewasa terhadap Pikiran dan Perilaku

Menonton film dewasa atau konten yang tidak senonoh dapat memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Film-film semacam itu sering kali mengandung konten yang bertentangan dengan nilai-nilai agama dan moral. Ketika seseorang menonton film dewasa, kemungkinan besar pikirannya akan dipenuhi dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan ajaran agama.

Lantas apa kaitannya antara menonton film dewasa dengan sholat tidak diterima?

Pertanyaan apakah sholat tidak akan diterima setelah menonton film dewasa merupakan perdebatan yang cukup kompleks dalam dunia keilmuan Islam. Beberapa ulama mengemukakan pendapat bahwa menonton hal-hal yang tidak senonoh dapat mengganggu konsentrasi dan khusyuk dalam beribadah, sehingga dapat mempengaruhi kualitas sholat seseorang.

Muslim yang melanggar aturan yang telah Allah SWT buat bisa terkena sanksi seperti tercantum dalam hadits berikut

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : "من نظر إلى عورة أخيه متعمدا لم يقبل الله له صلاة أربعين يوما ، ولم تستجب له دعوة أربعين صباحا" (أنظر ص : ٨٣ [كتاب روح السنة و روح النفوس المطمئنة لسند العارفين وقطب المحررين سيدي أحمد بن إدريس رضي الله عنه] مجموعة أحزاب و أوراد ورسائل ، تأليف و جمع قطب دائرة التقديس السيد أحمد بن إدريس الحسني المغربي من أكابر أولياء و علماء القرن الثالث عشر للهجرة المولود: ١١٧٢-١٢٥٣ هجرية)

Artinya: Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja yang melihat 'aurat saudaranya (melihat gambar/film porno, dll) dengan sengaja, tidak diterima Allah Swt Shalatnya selama 40 hari, dan tidak diterima do'anya selama 40 subuh (hari)."

Namun, penting untuk diingat bahwa Allah SWT Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dia tidak menolak ibadah seseorang secara mutlak hanya karena satu tindakan buruk.

Untuk urusan ibadah lakukan saja, nanti setelah selesei sholat sambil meminta semoga Allah menerima sholat kita. Sebab, dengan semakin banyak melakukan ibadah, maka semakin menyejukkan hati,

Islam mengajarkan konsep taubat dan memaafkan, sehingga seseorang yang melakukan kesalahan masih memiliki kesempatan untuk bertaubat dan memperbaiki diri.

Dalam menjalankan ibadah, kesadaran dan keikhlasan merupakan hal yang sangat penting. Seseorang yang benar-benar menyadari pentingnya sholat sebagai bentuk ibadah kepada Allah akan berusaha untuk menjaga kualitas ibadahnya, termasuk menjauhi hal-hal yang dapat mengganggu khusyuk seperti menonton film dewasa.

Meskipun menonton film dewasa dapat memengaruhi pikiran dan perilaku seseorang, hal itu tidak otomatis membuat sholatnya tidak diterima oleh Allah SWT. Yang terpenting adalah kesadaran dan niat yang tulus dalam menjalankan ibadah. Jika seseorang melakukan kesalahan, penting untuk segera bertaubat dan berusaha memperbaiki diri agar ibadahnya tetap diterima oleh Sang Pencipta.

Dengan demikian, spekulasi mengenai tidak diterimanya sholat setelah menonton film dewasa sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk mengabaikan ibadah. Yang terpenting adalah terus memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan niat yang tulus dan amal yang ikhlas.

Posting Komentar untuk "Apakah Setelah Menonton Film Dewasa Sholat Tidak Diterima"