Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Sholawat Penarik Rezeki di Pagi Hari

sholawat penarik rezeki di pagi hari

Sholawat, sebagai manifestasi penghormatan dan doa kepada Nabi Muhammad SAW, memiliki keajaiban tersendiri dalam kehidupan sehari-hari.

Di antara beragam jenis sholawat yang dipanjatkan, terdapat satu jenis yang memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu sholawat penarik rezeki di pagi hari.

Pagi yang cerah, ketika mentari mulai bersinar dan alam semesta terbuka dengan rahmat-Nya, menjadi waktu yang sangat tepat untuk memperbanyak sholawat penarik rezeki.

Manfaat Membaca Sholawat Penarik Rezeki di Pagi Hari

Ketika seseorang melantunkan sholawat penarik rezeki di pagi hari dengan penuh keikhlasan, ia tidak hanya mengharapkan berkah material semata. Namun, lebih dari itu, sholawat di pagi hari mengalirkan energi positif yang dapat memberikan ketenangan batin dan keberkahan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Sholawat merupakan bentuk ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Dengan memperbanyak sholawat, seseorang tidak hanya mendapatkan keberkahan materi, namun juga mendekatkan diri pada Allah SWT.

Rasulullah SAW sendiri pernah bersabda bahwa “Barangsiapa yang bersholawat untukku sekali, Allah akan bersholawat baginya sepuluh kali.” (HR. Muslim). Dari hadis ini, kita bisa merasakan betapa besar keutamaan melantunkan sholawat, terlebih lagi di pagi hari.

Bacaan sholawat penarik rezeki di pagi hari

1. Sholawat Bismillahilladzi

Ada sejumlah sholawat yang dapat diamalkan di pagi hari, salah satunya sholawat bismillahilladzi. Berikut bacaan sholawat penarik rezeki di pagi hari:

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فىِ اْلاَرْضِ وَلاَ فىِ السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعِ اْلعَلِيْمِ.

Arab latin: Bismillahilladzi laa yadhurru ma'asmihi syai'un fil ardhi wa laa fissamaa'i, wa huwas samii'ul 'aliim

Artinya: "Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Sholawat ini dapat dibaca tiga kali pada pagi dan petang. Keutamaan yang terkandung di dalamnya dijelaskan oleh Utsman bin Affan RA, yang meriwayatkan sabda Nabi SAW:

"Tidaklah seorang hamba mengucapkan setiap pagi dari setiap harinya dan setiap petang dari setiap malamnya kalimat: Bismillahilladzi laa yadhurru sebanyak tiga kali, maka tidak akan ada apa pun yang membahayakannya." (HR At-Tirmidzi)

2. Sholawat Jibril

Selain sholawat bismillahilladzi, ada juga sholawat jibril. Dikatakan, doa sholawat jibril penarik rezeki paling kuat dari segala arah ini termasuk ke dalam amalan penarik rezeki yang ampuh.

Bacaan sholawat jibril terbagi atas dua macam, yaitu versi pendek dan panjang. Berikut bunyi versi pendeknya,

صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

Arab latin: Shallallahu 'alâ Muhammad.

Artinya: "Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad,"

Adapun, bacaan versi panjangnya ialah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Arab latin: Allahumma shalli 'alâ sayyidinâ muhammad wa'alâ aali sayyidinaa muhammad wasallim tasliima.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya,"

Keistimewaan Melantunkan Sholawat di Pagi Hari

1. Waktu yang Berkah

Pagi hari adalah waktu yang diberkahi dalam Islam. Rasulullah SAW memberikan banyak perhatian pada aktivitas yang dilakukan di pagi hari. Dengan melantunkan sholawat di waktu ini, kita mengisi harinya dengan keberkahan.

2. Menambah Konsentrasi

Di pagi hari, pikiran masih segar dan konsentrasi cenderung lebih baik. Hal ini membuat kita dapat merasakan dan menghayati setiap kalimat sholawat yang kita ucapkan dengan lebih baik.

3. Menetralisir Kekhawatiran

Berbagai kekhawatiran dan ketidakpastian sering kali menghantui pikiran di awal hari. Melantunkan sholawat penarik rezeki membantu menyucikan hati dan menenangkan pikiran, sehingga kita dapat menghadapi hari dengan lebih tenang dan optimis.

Sholawat penarik rezeki di pagi hari merupakan amalan yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat, baik secara spiritual maupun materi. Dengan melantunkan sholawat di pagi hari, kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan rezeki yang halal dan berkah, serta mendapatkan ketenangan batin dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan pagi hari sebagai momentum untuk memperbanyak sholawat dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Semoga dengan kesungguhan dan keikhlasan dalam beramal, Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan kemudahan dalam setiap langkah hidup kita. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Bacaan Sholawat Penarik Rezeki di Pagi Hari"