Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waktu Sholat Qobliyah Subuh Jam Berapa?

sholat qobliyah subuh jam berapa

Sholat merupakan kewajiban bagi umat Muslim yang harus dilaksanakan dengan penuh kekhusyukan dan kepatuhan.

Salah satu sholat yang memiliki keutamaan tersendiri adalah sholat qobliyah subuh. Namun, seringkali banyak yang bertanya, sholat qobliyah subuh jam berapa sebaiknya dilakukan?

Pada artikel ini, islamtwins.com akan membahas tentang keutamaan sholat qobliyah subuh beserta waktu yang tepat untuk melaksanakannya.

Karomah Sholat Qobliyah Subuh

Sholat qobliyah subuh merupakan sholat sunnah yang dilakukan sebelum pelaksanaan sholat subuh fardhu. Sholat ini memiliki banyak keutamaan bagi yang melaksanakannya.

Rasulullah SAW bersabda, “Sholat Subuh yang dilakukan secara berjamaah lebih utama daripada sholat sendirian seribu kali lipat, dan sholat yang dilakukan secara berjamaah lebih utama daripada sholat sendirian dua puluh lima kali lipat. Dan itu karena jika seseorang mengalirkan wudhunya kemudian pergi ke masjid dengan niat yang sempurna untuk melakukan sholat berjamaah, maka langkah-langkahnya ditulis sebagai kebajikan setiap langkah, dan dengan setiap langkah itu Allah meninggikan derajatnya dan menghapuskan kesalahan satu kesalahan, sehingga ia meninggikan derajatnya satu derajat dan menghapuskan satu kesalahan.” (HR. Muslim)

Dari hadis tersebut, dapat disimpulkan bahwa sholat qobliyah subuh memiliki banyak keutamaan, seperti pahala yang besar, penghapusan dosa, dan peningkatan derajat di sisi Allah SWT.

Bacaan Niat Sholat Sunnah Qobliyah Subuh

Sebelum memulai sholat, bacalah niat dalam hati untuk melaksanakan sholat qobliyah subuh dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan. Berikut di bawah ini ialah bacaan niat sunnah qobliyah Subuh yang baik dan benar.

Niat Sholat Qobliyah Subuh:

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatash subhi rok'ataini qobliyatan mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala.

Artinya: "Aku niat mengerjakan sholat sunnah sebelum Subuh dua rakaat, menghadap kiblat karena Allah."

Waktu yang Tepat untuk Melaksanakan Sholat Qobliyah Subuh

Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat qobliyah subuh adalah sebelum pelaksanaan sholat subuh fardhu. Namun, ada baiknya mengetahui secara spesifik jam berapa waktu yang tepat untuk melaksanakannya.

Waktu sholat sunnah sebelum subuh dimulai setelah adzan sholat subuh dan berakhir saat isqtomah sholat subuh. Namun, disunnahkan untuk melaksanakan sholat sunnah ini di waktu sebelum sholat subuh dimulai.

Dengan demikian, secara umum, waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat qobliyah subuh adalah sekitar satu jam sebelum masuk waktu subuh.

Pentingnya Melaksanakan Sholat Qobliyah Subuh dengan Tepat

Melaksanakan sholat qobliyah subuh dengan tepat waktu memiliki banyak keutamaan dan manfaat.

  1. Sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.
  2. Sholat qobliyah subuh dapat menjadi pembuka pintu keberkahan bagi aktivitas yang akan dilakukan selama hari itu.
  3. Melaksanakan sholat qobliyah subuh dengan tepat waktu akan mendatangkan ketenangan dan kekhusyukan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.
  4. Sholat qobliyah subuh juga dapat menjadi bekal bagi umat Muslim dalam menghadapi segala ujian dan cobaan yang akan dihadapi sepanjang hari.

Sholat qobliyah subuh merupakan salah satu ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat Muslim yang melaksanakannya dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan. Waktu yang tepat untuk melaksanakan sholat ini adalah sekitar satu jam sebelum masuk waktu subuh.

Dengan melaksanakan sholat qobliyah subuh dengan tepat waktu, kita dapat meraih berbagai keutamaan serta mendapatkan keberkahan dalam setiap langkah hidup kita. Semoga artikel mengenai waktu sholat qobliyah subuh jam berapa ini dapat memberikan jawaban atas pertanyaanmu dan kita senantiasa diberikan kemampuan untuk melaksanakan ibadah dengan baik dan konsisten, serta mendapatkan ridha Allah SWT. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Waktu Sholat Qobliyah Subuh Jam Berapa?"