Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Bacaan Istighfar Sebelum Subuh yang Baik dan Benar

bacaan istighfar sebelum subuh

Bacaan istighfar sebelum subuh adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Istighfar, atau memohon ampunan kepada Allah, merupakan bentuk pengakuan atas dosa dan kesalahan yang dilakukan, serta keinginan untuk kembali kepada jalan yang benar.

Waktu sebelum subuh, yang sering disebut dengan waktu sepertiga malam, adalah saat yang penuh berkah dan doa yang dipanjatkan pada waktu ini memiliki keutamaan yang sangat besar, terutama buat diijabah doanya.

Dalam artikel ini, islamtwins.com akan membahas tentang bacaan istighfar sebelum subuh, beserta hadits-hadits yang mendasarinya, serta manfaat dari mengamalkannya.

Keutamaan Waktu Sebelum Subuh

Waktu sebelum subuh adalah salah satu waktu yang paling istimewa dalam Islam. Pada waktu ini, banyak orang yang bangun untuk melaksanakan sholat malam atau tahajjud, serta mempersiapkan diri untuk berpuasa. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Arab-Latin: Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

Selain itu, dalam hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam yang terakhir. Lalu Dia berfirman: ‘Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, akan Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, akan Aku beri. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, akan Aku ampuni.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bacaan Istighfar Sebelum Subuh

Bacaan istighfar yang dianjurkan sebelum subuh sangat beragam. Berikut ini beberapa bacaan istighfar yang bisa diamalkan:

1. Istighfar Umum

"Astaghfirullahal ‘Adzim." (Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung)

2. Sayyidul Istighfar

"Allahumma anta Rabbi la ilaha illa anta, khalaqtani wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatha’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abu’u laka bini’matika ‘alayya wa abu’u bidhanbi faghfirli fa innahu la yaghfirudhdhunuba illa anta."

(Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau. Engkaulah yang menciptakanku, dan aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perjanjian dan janji kepada-Mu sesuai kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan apa yang telah aku perbuat. Aku mengakui nikmat-Mu kepadaku, dan aku mengakui dosaku. Maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.)

3. Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih

"Astaghfirullah wa atubu ilaih." (Aku memohon ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya)

Yang nomer tiga ini merupakan salah satu istighfar yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW yang dibaca 100 Kali.

Hadis yang diriwayatkan dalam HR. Ahmad menegaskan keutamaan istighfar astaghfirullah wa atubu ilaih. Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya, dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka."

Ini menunjukkan bahwa istighfar astaghfirullah wa atubu ilaih, bukan hanya sebagai sarana memohon ampun. Akan tetapi, juga sebagai cara untuk mendapatkan bantuan Allah dalam menghadapi tantangan hidup.

Hadits-Hadits Tentang Istighfar

Banyak hadits yang mengajarkan tentang pentingnya istighfar dan keutamaannya, terutama pada waktu sebelum subuh. Di antaranya adalah:

1. Hadits dari Anas bin Malik

Rasulullah SAW bersabda: “Setiap anak Adam banyak melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan adalah mereka yang bertaubat.” (HR. Tirmidzi)

2. Hadits dari Abu Hurairah

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Demi Allah, sesungguhnya aku beristighfar dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali.” (HR. Bukhari)

3. Hadits dari Abdullah bin Abbas

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barangsiapa yang selalu beristighfar, maka Allah akan memberinya jalan keluar dari segala kesusahan dan kelapangan dari segala kesempitan, serta memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah)

Manfaat Bacaan Istighfar Sebelum Subuh

Mengamalkan bacaan istighfar sebelum subuh memiliki banyak manfaat baik dari segi spiritual maupun kehidupan sehari-hari:

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Dengan memperbanyak istighfar, seorang hamba akan merasa lebih dekat dengan Allah dan lebih peka terhadap dosa dan kesalahan yang dilakukannya. Ini akan membantunya untuk terus memperbaiki diri dan menjaga kualitas iman.

2. Memperoleh Ampunan dan Rahmat

Sebagaimana disebutkan dalam hadits-hadits di atas, istighfar adalah cara untuk mendapatkan ampunan Allah. Bahkan, Allah sangat mencintai hamba-Nya yang bertaubat dan senantiasa memohon ampunan.

3. Ketenangan Hati dan Pikiran

Seseorang yang rajin beristighfar akan merasakan ketenangan dalam hatinya. Dia akan merasa bahwa segala kesalahan yang telah dilakukan telah diampuni dan mendapatkan kesempatan baru untuk menjadi lebih baik.

4. Menghindarkan dari Azab

Dalam Al-Quran disebutkan bahwa dengan istighfar, Allah akan menurunkan keberkahan dari langit dan bumi serta menjauhkan dari azab. Allah SWT berfirman:

"Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.'" (QS. Nuh: 10-12)

5. Mendatangkan Rezeki

Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Abdullah bin Abbas di atas, istighfar yang dilakukan dengan penuh kesungguhan akan menjadi sebab datangnya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Bacaan istighfar sebelum subuh adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Waktu sebelum subuh adalah waktu yang penuh berkah dan kesempatan emas untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dengan memperbanyak bacaan istighfar pada waktu ini, seorang muslim dapat meraih ampunan, ketenangan hati, serta keberkahan dalam hidupnya.

Dengan memahami dan mengamalkan bacaan istighfar sebelum subuh, kita tidak hanya membersihkan diri dari dosa, tetapi juga memperkuat hubungan spiritual dengan Sang Pencipta. Semoga kita semua termasuk hamba-hamba yang selalu bertaubat dan mendapatkan rahmat serta ampunan dari Allah SWT. Aamiin.

Referansi

https://tafsirweb.com/4683-surat-al-isra-ayat-79.html

https://www.liputan6.com/hot/read/5408407/arti-astaghfirullah-wa-atubu-ilaih-dianjurkan-rasulullah-saw-dibaca-100-kali?page=2


Posting Komentar untuk "Inilah Bacaan Istighfar Sebelum Subuh yang Baik dan Benar"