Madu Dapat Meredakan Batuk? Berikut Khasiatnya

hpk
Madu (Pixabay.com)

Madu tergolong bahan berguna yang telah dipakai turun menurun, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, memelihara kulit, sampai dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk juga meredakan batuk.

Berkaitan dengan batuk, ada beberapa cara yang dipercaya manjur meredakan batuk, mulai dari dicampur dengan perasan jeruk nipis maupun diminum langsung.

Madu mempunyai sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, serta antioksidan bawaan. Mengapa faktor ini penting untuk meredakan batuk dan juga meredakan sakit tenggorokan yang terasa semacam terbakar?

Karena batuk mampu membuat radang pada tenggorokan (sehingga  diperlukan anti-inflamasi), serta persoalan pernapasan tertentu semacam batuk rejan yang dikarenakan oleh bakteri.

Untuk menanggulangi ini, antioksidan merupakan kuncinya. Antioksidan akan membentuk sistem kekebalan yang kuat, yang merupakan komponen penting untuk masih sehat alias pulih dari penyakit.

“Tidak heran apabila tak sedikit orang-orang mempercayakan ini untuk menolong tubuh kekebalan mereka selagi trend dingin serta flu,”

Satu tinjauan studi menemukan bahwa madu lebih baik dalam meredakan batuk pada anak-anak dibandingkan dengan obat plasebo dalam penelitian, diphenhydramine (antihistamin yg biasa dipakai untuk mengobati gejala alergi semacam batuk), atau tanpa pengobatan sama sekali.

Penelitian memperlihatkan bahwa madu Manuka, varietas yang diproduksi di Selandia Baru, tergolong madu yang sangat kuat, kemungkinan besar sebab mempunyai aktivitas antibakteri yg lebih tinggi.

Lalu Berapa Sendok Madu yang Dikonsumsi?

Mencampur satu sendok madu ke dalam secangkir teh panas terbukti tak salah, namun ada tak sedikit tutorial lain untuk memanfaatkan kekuatan madu.

Coba campurkan air hangat, sedikit jus lemon, serta sedikit madu sebagai perasa. Tidak hanya cairannya hangat dan menenangkan, madu akan melapisi tenggorokan untuk menolong meredakan radang.

Kamu juga bisa menambahkan madu ke saus salad buatan sendiri yang tentunya akan menambah kenikmatan memakan saladnya, gunakan untuk mempermanis oatmeal. “Atau coba oles sedikit madu di atas yogurt atau bisa juga dengan mentaburkan di atas roti panggang manis alias gurih untuk meningkatkan kekebalan tambahan,"

Namun, apabila batuk yg kamu derita telah berjalan lebih dari dua minggu, lebih baik periksakan diri ke dokter.

0 Response to "Madu Dapat Meredakan Batuk? Berikut Khasiatnya"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close