250x250

Isi Kandungan Surah Al Fil Beserta Artinya

hpk
250x250
in artikel
Isi Kandungan Surah Al Fil

Surah Al Fiil adalah surat yang ke 105, berisi 5 ayat (1-5), tersedia pada Juz 30 alias Juz Amma. Surat Al Fil diturunkan di kota Mekkah serta tergolong kedalam golongan surah Makkiyah. Arti dari surat Al Fiil sendiri berarti "Gajah" yang diambil dari ayat pertamanya ini.

Surah ini menceritakan mengenai momen besar dimana raja Yaman yg bernama Abrahah bersama 60.000 pasukan (tentara gajah) hendak menghancurkan ka’bah.

Di dalam surah al fil melarang kita untuk berbuat kerusakan serta melarang kita untuk berperilaku arogan sehingga diri kita merasa menjadi orang-orang yang paling berkuasa. Sifat sombong pula yang akan menjauhkan kita dari sifat renah hati.

Baca Juga Doa Memperbesar Alat Vital Pria

Dalam surah al fil ini juga digambarkan bagaimana kekuasaan Allah yang sanggup mengalahkan pasukan abrahah yang mencoba menghancurkan ka'bah. Pasukan abrahah tersebut semuanya kalah seusai dilempar batu oleh pasukan burung ababil yang Allah utus.

Munculnya burung ababil saat penyerangan pasukan Abrahah (Pasukan Gajah) ke Ka'bah merupakan bukti keagungan Allah SWT. Tujuan pasukan bergajah ini adalah ke negeri Mekkah yang bertujuan untuk menghancurkan Ka'bah.

Burung ini dikisahkan mempunyai kekuatan yang besar serta dengan batu panasnya dan juga merupakan burung yang dapat menghancurkan pasukan gajah dan juga yang membasmi pasukan gajah tersebut. Seperti yang tertulis pada surat Al-Fil, burung ababil dijadikan sebagai pengingat bagi sifat arogan manusia

Ketika Abrahah sesampainya di dalam kota, Terlihat burung-burung yang nampak kecil mengangkat batu kecil serta melemparkannya ke pasukan tersebut sehingga membuat Abrahah terbunuh dengan mengenaskan.

Peristiwa ini dicatat dalam sejarah Islam sebagai peristiwa pasukan bergajah yang terjadi pada tahun  kelahiran Nabi agung kita Muhammad saw, yakni kurang lebih 570 Masehi serta 52 tahun sebelum Hijriah.

Baca Juga Hukum Mengucapkan Selamat Natal dari Seorang Muslim ke Nasrani

Berikut ini Bacaan Surah Al Fiil arab latin serta artinya.


الْفِيْل

Al Fiil (Gajah)


أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحٰبِ الْفِيْلِ ١

Alam taro kaifa fa’ala robbuka bi-ashhaabil fiil

Tidakkah engkau (Muhammad) perhatikan bagaimana Tuhanmu sudah bertindak kepada pasukan bergajah?



أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِى تَضْلِيْلٍ ٢

Alam yaj’al kaidahum fii tadhliil

Bukankah Dia sudah menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia?



وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيْلَ ٣

Wa arsala ‘alaihim thoiron abaabiil

Dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yg berbondong-bondong



تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍ ٤

Tarmiihim bihijaarotim min sijjiil

Yang melempari mereka dengan batu dari tanah liat yg dibakar



فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ٥

Faja’alahum ka’ashfim ma’kuul

Sehingga mereka dijadikan-Nya semacam daun-daun yg dimakan (ulat).



Isi kandungan Surah Al Fil

Isi kandungan dari surah Al Fil membahas mengenai kehancuran pasukan bergajah yang bertujuan untuk menghancurkan Ka'bah. Pasukan bergajah ini diazab oleh Allah swt, dengan mengirimkan burung ababil yang melempari mereka dengan batu panas sampai mereka binasa.

Baca Juga Hukum Memakan Daging Aqiqah Sendiri

Inti dari isi kandungan tersebut ialah menceritakan pasukan bergajah dari Yaman yang dipimpin oleh Abrahah yang ingin menghancurkan Ka'bah. Peristiwa ini terjadi pada tahun Jahiliyah, tahun kelahiran Nabi Muhammad saw.

Penutup

Sekian dulu pembahasan dari Isi Kandungan Surah Al Fil, semoga dengan artikel ini, kita akan senantiasa memiliki sifat rendah hati serta juga untuk media mendekatkan diri kepada Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan juga hidayahnya.
300x600

0 Response to "Isi Kandungan Surah Al Fil Beserta Artinya"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
[ klik disini 1X ] [ close ]