Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa Nama Anak Nabi Ibrahim As

nabi ibrahim

Dalam berbagai kesempatan, kita tak jarang mendengar kisah Nabi Ibrahim Saw serta anak dan juga istrinya, lantas siapa nama anak nabi ibrahim as ini?

Nama Anak Nabi Ibrahim As ialah Nabi Isma'il As serta Nabi Ishaq As, juga beserta kedua bundanya, yakni Hajar serta Sarah.

Hal ini yang mengejutkan beberapa orang yang tidak mengetahuinya, bahkan meyakini bahwa Nabi Ibrahim As hanya mempunyai dua orang istri serta dua orang anak saja. Padahal di balik itu, Nabi Ibrahim juga mempunyai berbagai istri serta memperoleh keturunan dari istri-istri tersebut.

Baca Juga Kisah Nabi Isaq, Anak Nabi Ibrahim yang Lahirkan Bani Israil

Dalam kitab al-Bidayah wan Nihayah karangan Ibnu Katsir (w. 774 H) misalnya, beliau mengutip karya Abul Qasim as-Suhaili yg berjudul at-Ta’rif wal A’lam, menyatakan berbagai anak serta istri Nabi Ibrahim As dalam pembahasan khusus mengenai anak-anak Nabi Ibrahim al-Khalil (Dzikru Auladi Ibrahim al-Khalil).

Dalam kutipan tersebut disebutkan Ibnu Katsir tersebut, nyatanya Nabi Ibrahim As tak hanya mempunyai dua orang-orang istri saja. Nabi Ibrahim nyatanya mempunyai empat orang-orang istri.

Istri pertama ialah Sarah binti Paman Nabi Ibrahim As. Ia artinya bunda dari Ishaq As, cikal bakal dari bangsa Yahudi.

Sedangkan istrinya yang kedua ialah Hajar al-Qibthiyah al-Misriyah yang selama ini kita kenal sebagai bunda dari Isma'il As, yang sempat ditinggal Ibrahim di padang pasir tandus bersama bayi Ismail.

Setelah menikah dengan Sarah, Nabi Ibrahim As juga menikah dengan istri ketiganya yang bernama Qantura binti Yaqtan al-Kan’aniyah. Dari istrinya yg ketiga ini, Ibrahim memperoleh enam orang-orang anak, yaitu: Madyan, Zamran, Siraj, Yaqsyan, Nasq, serta yg keenam belum diketahui namanya.

Adapun istrinya yg keempat artinya Hajun binti Amin, yg dalam kitab al-Kamil karya Ibnul Atsir disebutkan Hajun binti Ahir. Dari Hajun, Nabi Ibrahim memperoleh lima orang-orang keturunan: Kaisan, Sauraj, Umaim, Luthan serta Nafis.

Empat orang-orang itulah yg menjadi istri Nabi Ibrahim As dengan seluruh keturunannya yg berjumlah tiga belas.

Sebagai pengetahuan serta wawasan mengenai siapa nama anak nabi ibrahim as, pasti kita butuh mengenal faktor ini.

Wallahu A’lam.

Posting Komentar untuk "Siapa Nama Anak Nabi Ibrahim As"