Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Niat Sholat Tahajud Malam Hari Arab, Latin beserta Terjemahannya

Niat Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat yang dimana setiap permintaan kita paling mustajab (didengar) oleh allah swt.

Bacaan Niat Sholat tahajud pun tidak jauh berbeda dengan niat sholat fardhu maupun sholat sunnah.

Shalat tahajud merupakan shalat sunah yang dikerjakan di malam hari alias sepertiga malam seusai terjaga dari tidur. Hukum shalat tahajud tergolong shalat sunnat mu'akad. Maka dari itu, saat kita tersadar pada tengah malam alias pada sepertiga malam, lakukanlah amalan ini.

Baca Juga Syarat Sholat Tahajud yang Benar dan Wajib bagi Umat Muslim Ketahui

Lantas waktu sepertiga malam jam berapa?  Mungkin disini masih banyak yang bingung mengenai waktu sepertiga malam itu jam berapa. Mengetahui waktu sepertiga malam ini terbukti benar-benar penting bagi umat muslim di seluruh dunia.

Baca Juga Doa Setelah Sholat Tajahud agar Keinginan Cepat Terkabul

Melaksanakan sholat tahajud juga disebut sebagai qiyyamul lail, ini merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran, Surat Al Isra ayat 79 yang artinya:

“Dan pada sebahagian malam hari Shalat Tahajud lah kamu sebagai sebuah ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu membawa kamu ke daerah yang terpuji.”

Waktu Sepertiga Malam

Sepertiga malam dimulai pada kisaran pukul 01.00 hingga 03.00

Berikut niat sholat tahajud Sepertiga Malam lengkap Arab, latin serta terjemahan Bahasa Indonesia

Waktu pelaksanaan sholat tahajud yakni pada sepertiga malam akhir alias setengah malam akhir.

Sholat Tahajud merupakan Sholat sunah yang juga dapat dilakukan pada waktu mendekati dua pertiga malam sampai waktu menjelang sholat Subuh.

Jumlah sholat Tahajud sendiri paling sedikit yakni dua rakaat, tapi tak ada batasan untuk jumlah terbanyaknya. Sedangkan untuk jumlah maksimal pada sholat Tahajud disesuaikan dengan performa masing-masing pelaksanaanya.

Niat Sholat Tahajud Arab

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى 

Niat Sholat Tahajud Latin

“Ushallii Sunnatan Tahajjudi Rak’ataini Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’alla.”

Artinya :

“Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (menghadap kiblat) karena Allah Ta’ala.”

Doa yang dibaca seusai sholat Tahajud

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ


Rabbanaa aatina fid-dun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar.

Artinya:

“Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia serta kebaikan di akhirat serta hindarkanlah kami dari siksa api neraka.”

Dalam hadis Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah SAW apabila bangun dari tidurnya di tengah malam lalu berTahajud menyimak doa:

Doa sholat tahajud latin dan terjemahannya


اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bahasa Latin:

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqâ'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ'atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a'lantu, wa mâ anta a'lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.
 

Artinya:
 

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, serta makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, serta makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, serta makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu nanti itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yg sudah lalu serta yg terkemudian, dosa yg kusembunyikan serta yg kunyatakan, serta dosa lain yg lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu serta Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan tidak hanya Engkau. Tiada daya upaya serta kekuatan tidak hanya pertolongan Allah."

Perbanyak Membaca Istighfar

Astagfirullaahal azhim wa atuubu ilaiih

Artinya:

“Kami memohon ampunan terhadap Allah Yang Maha Agung dan kami pun bertaubat kepada-Nya”

Bacaan Zikir

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ


Astaghfirullôhal ‘azhîm alladzî lâ ilâha illâ huwal hayyul qoyyûm wa atûbu ilaih.

Artinya:

“Saya memohon terhadap Allah yang Maha Agung, yang tiada ilahi tidak hanya Dia Yang Hidup dan Berdiri dan saya bertobat kepada-Nya.”

Bacaan kedua

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ أَعُوْذُُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْت


Allahumma Anta Robbi, Laa Ilaaha Illa Anta, Khalaqtani wa ana abduKa, wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, Audzubika min syarri maa shona’tu, Abu’u laka bi ni’matiKa ‘alaiyya wa abu’u laKa bidzanbi faghfirlii fainnahu laa yaghfiru dzunuuba illa Anta.

Artinya:

“Ya Allah! Engkaulah Rabbku, Tak ada Tuhan yang berhak disembah selainMu, Engkaulah Yang menciptakanku, dan aku merupakan hambaMu, aku berada di atas ikatan dan janjiMu selagi aku mampu, aku berlindung kepadaMu dari kejahatan yang aku perbuat, aku mengakui kepadaMu atas nikmatMu kepadaku, dan aku juga mengakui kepadaMu dosa-dosaku, jadi ampunilah aku sebab sesungguhnya tak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Keutamaan sholat Tahajud

Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya terdapat 7 keistimewaan shalat Tahajud yaitut :

1. Sholat Sunnah yang paling mulia

Shalat tahajud merupakan sholat sunnah 2 rakaat / lebih yang paling mulia seusai shalat maktubah (lima waktu).

Sebagaimana sabda Rasulullah:

“Sholat yang paling afdhol seusai sholat fardhu merupakan sholat malam” (HR. An Nasai)

2. Pahala yang Melimpah

Keutamaan shalat malam (Sholat Tahajud) memiliki selisih rasio 70 kali lipat jika dibandingkan dengan sholat biasa. Sabda Rasulullah

3. Ciri Khasnya Orang Shalih

Ibadah yang menjadi ciri khasnya orang-orang shalih. Berbeda dari ibadah lain yang biasa dikerjakan orang pada umumnya.

4. Keemuliaan dan Kewibawaan

Allah membanggakan hambanya yang melakukan shalat tahajud terhadap para malaikat. Selain memperoleh kedudukan mulia di akhirat kelak, orang yang pakar sholat Tahajud juga akan memperoleh kedudukan yang mulia di dunia.

Allah akan memberinya kemuliaan serta kewibawaan.

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan serta kewibawaan seorang mukmin itu ada pada sholat malamnya” (HR Hakim; hasan)

5. Memiliki kemungkinan besar Doanya akan dikabulkan

Semua doa kebaikan yang dipanjatkan tentu akan dikabulkan oleh Allah

6. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahualaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, serta sholatlah pada malam hari saat orang-orang lain sedang tidur; niscaya anda akan masuk surga dengan selamat.” (HR Tirmidzi)

7. Mampu Menenangkan Hati

Al-Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan,

“Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas sholat malam yang mereka perbuat dengan cara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tak diketahui oleh semua jiwa.

Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut serta bingung gulana mereka di atas daerah tidur dikala bangun untuk melakukan sholat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.” [Baca Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah oleh Ibnul Qayyim (hal. 278)]

Tata Cara Melaksanakan Shalat Tahajud yakni sebagai berikut :

1. Tutorial melakukan sholat tahajud pada Rakaat Pertama :

  • Mengucapkan Niat Sholat Tahajud
  • Mengucapkan Takbir (Allahu Akbar)
  • Membaca Doa Iftitah
  • Membaca Surat Al Fatihah
  • Membaca Surat Pendek alias Panjang Al Qur’an
  • Gerakan sholat ruku serta menbaca doa rukuk
  • Gerakan sholat i’tidal serta menyimak doa i’tidal
  • Gerakan sholat sujud pertama serta menyimak doa sujud
  • Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud serta menyimak doa diantara 2 sujud
  • Gerakan sholat sujud Kedua serta menyimak doa sujud
  • Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat kedua sholat Tahajud

2. Tata Cara Sholat Tahajud pada Rakaat Kedua :

  • Membaca Surat Al Fatihah
  • Membaca Surat Pendek alias Panjang Al Qur’an
  • Gerakan sholat ruku serta menbaca doa rukuk
  • Gerakan sholat i’tidal serta menyimak doa i’tidal
  • Gerakan sholat sujud pertama serta menyimak doa sujud
  • Gerakan sholat duduk diantara 2 Sujud serta menyimak doa diantara 2 sujud
  • Gerakan sholat sujud Kedua serta menyimak doa sujud
  • Gerakan sholat tahiyat akhir serta menyimak doa tahiyat akhir
  • Gerakan salam dengan mengucapkan salam “Assallamuallaikum” tengok kearah kanan serta tengok ke arah kiri.

Banyak pesan tersirat serta keutamaan yang tersedia dalam sholat tahajud, diantaranya yaitu dikabulkannya doa-doa kita, mendapatakan daerah yang terpuji serta Allah menjanjikan surga bagi orang yang melakukan qiyamul lail serta melakukan shola tahajud serta tetap tidak sedikit lagi keutamaan-keutamaan lainnya dari sholat malam (tahajud)

Bagaimana?, apakah telah mulai mau menjalankan sholat sunnah tahajjud? Jika belum pernah, silakan mulai kini biasakan bangun tengah malam serta melaksanakan sholat tahajud. Untuk lafadz bacaan niat sholat tahajud, silakan pelajari diatas ya. Semoga bermanfaat.

Wallahu A’lam Bish-shawab

Posting Komentar untuk "Bacaan Niat Sholat Tahajud Malam Hari Arab, Latin beserta Terjemahannya"