Alhamdulillah Ala Kulli Hal Arab Latin, Ucapan Syukur Atas Setiap Keadaan

hpk
Alhamdulillah Ala Kulli Hal Arab Latin

Apakah kamu sempat mengikuti ataupun melafalkan perkataan Alhamdulillah Ala Kulli Hal? Nyatanya, perkataan ini mempunyai arti bersyukur atas nikmat yang diserahkan oleh Allah SWT sepanjang di dunia. Dalam hal ini orang diajarkan buat bersyukur baik kala mendapat kenikmatan ataupun lagi tertimpa bencana.

Lalu, gimana penulisan perkataan Alhamdulillah Ala Kulli Hal dalam bahasa Arab bersama artinya? Kemudian kapan waktu yang pas buat mengamalkan Alhamdulillah Ala Kulli Hal? Apabila belum ikuti keterangannya berikut ini.

Alhamdulillah ala kulli hal artinya ialah" Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan."

Lafadz itu dibaca Rasulullah kala memandang sesuatu yang Rasulullah benci, begitu juga ada dalam hadits berikut ini,

Aisyah beerkata: Rasulullh SAW kala memandang sesuatu yang ia senangi sehingga beliau mengatakan,“ Segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatan nya kenaikan- kebaikan bisa sempurna, Dan kala ia melihat sesuatu yang beliau benci sehingga beliau mengatakan“ Segala puji untuk Allah atas hal, Ya rabb aku berlindung kepadamu dari tingkah laku neraka( HR. Ibnu Majah)

Selanjutnya merupakan bacaan alhamdulillah ala kulli hal arab latin serta artinya.

Alhamdulillah Ala Kulli Hal Arab Latin

الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Latin: Alhamdulillah ala kulli hal

Artinya: “Segala puji hanya milik Allah atas setiap keadaan.”

Umat islam wajib senantiasa bersyukur pada Allah dalam situasi apa pun, situasi baik ataupun situasi tidak baik ataupun buruk.

Kita wajib senantiasa bersyukur, serta berharap perlindungan supaya kita bebas dari seluruh perbuatan yang hendak berujung pada dosa.

Kapan Waktu yang Pas buat Mengamalkannya?

Dipaparkan dalam buku Syukur Pintu Menuju Bahagia oleh Kartini Hilmatunnida, perkataan Alhamdulillah Ala Kulli Hal diucapkan oleh Rasulullah SAW kala mengalami suatu yang tidak menyenangkan. Dalam hadits yang diriwayatkan HR Ibnu Majah, Aisyah Radhiyallahu Anhu mengatakan:

" Dari Aisyah, kebiasaan Rasulullah SAW bila melihat hal- hal yang dia gemari ialah melafalkan Alhamdulillahilladzi bi nimatihi tatimmush shalihat, yang artinya segala puji hanyak milik Allah SWT dengan segala nikmat serta kebaikan menjadi sempurna. Sebaliknya bila dia melihat hal- hal yang tidak menyenangkan serta tidak disukai, dia hendak melafalkan Alhamdulillah ala kulli hal yang artinya segala puji hanya milik Allah SWT di setiap keadaan."( HR Ibnu Majah Nomor 3803).

Dari perkataan Alhamdulillah Ala Kulli Hal, detikers dapat lakukan dalam kehidupan sehari- hari. Rasulullah SAW sudah mengajak umatnya buat tetap bersyukur atas apa yang diserahkan oleh Allah SWT, alhasil kita tidak bisa banyak mengeluh atas nikmat yang diterima.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Orang yang selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT sama dengan orang yang berpuasa."( HR Ibnu Majah)

Dalam hadits itu, Rasulullah SAW memerintahkan orang buat mensyukuri atas apa yang kita punya, bukan lalu mengeluh sebab merasa kurang. Apalagi, Rasulullah SAW menyamakan balasan orang yang senantiasa bersyukur serupa semacam orang yang melaksanakan puasa.

Jadi, jika detikers lagi mengalami bermacam godaan semacam kesusahan dalam pekerjaan ataupun terkena penyakit, cobalah buat bersyukur sejenak pada Allah SWT. Karena dibalik cobaan yang menghadang, detikers hendak diserahkan kenikmatan yang luar biasa bila tetap sabar serta bersyukur.

Nah, kala cobaan telah hilang serta kenikmatan dunia lalu tiba silih bertukar, janganlah lupa buat senantiasa bersyukur ya. Ingat, dalam Islam ada kenikmatan dunia yang diucap istidraj. Allah SWT melimpahkan rezeki, kesehatan, serta keceriaan pada setiap orang yang ia kehendaki.

Tetapi, kenikmatan itu dapat jadi peringatan akan hukuman dari Allah SWT bila orang lupa buat bersyukur. Apalagi, sebab sangat asik dengan nikmat dunia manusia sering- kali jadi lupa buat melaksanakan ibadah salat wajib.

Selaku informasi, peringatan mengenai istidraj telah dipaparkan dalam QS. Al Anam bagian 44 selaku selanjutnya: 

فَلَمَّا نَسُوا۟ مَا ذُكِّرُوا۟ بِهِۦ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَٰبَ كُلِّ شَىْءٍ حَتَّىٰٓ إِذَا فَرِحُوا۟ بِمَآ أُوتُوٓا۟ أَخَذْنَٰهُم بَغْتَةً فَإِذَا هُم مُّبْلِسُونَ

Artinya: "Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa." (QS. Al An'am: 44).

Demikian ulasan tentang alhamdulillah ala kulli hal dan artinya.

0 Response to "Alhamdulillah Ala Kulli Hal Arab Latin, Ucapan Syukur Atas Setiap Keadaan"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close