Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Arab dan Artinya, Surat Ali 'Imran Ayat 173

Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Arab

islamtwins.com - Berikut ini uraian tentang arti Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir serta keutamaannya.

Hasbunallah Wanikmal Wakil ialah ayat dzikir yang memiliki keistimewaan luar biasa. Artinya kurang lebih ialah Cukuplah Allah( menjadi penolong) sebagai pelindung kami.

Selanjutnya ini merupakan bacaan Surat Al Baqarah Ayat 173 arab latin serta artinya yang di dalamnya ada perkataan Hasbunallah wanikmal wakil.

Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Arab

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ ١٧٣

Latin: allażīna qāla lahumun-nāsu innan-nāsa qad jama'ụ lakum fakhsyauhum fa zādahum īmānaw wa qālụ ḥasbunallāhu wa ni'mal-wakīl

Artinya: "(yaitu) mereka yang (ketika ada) orang-orang mengatakan kepadanya, “Sesungguhnya orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan (pasukan) untuk (menyerang) kamu.

Oleh karena itu, takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung”." (QS Ali 'Imran ayat 173)

Surah Ali Imran turun di kota Madinah sehingga surah tersebut masuk dalam golongan surah Madaniyah. Surah Ali Imran artinya Keluarga Imran, berjumlah 200 ayat, nomer surah ke-3, Juz 3 (ayat 1-91) dan Juz 4 (ayat 92-200) dalam kitab suci Al Qur'an.

Berikut ini bacaan Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir arab dan artinya.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

Artinya: "Cukuplah bagi kami Allah, sebaik-baiknya pelindung dan sebaik-baiknya penolong kami.

Orang-orang yang mendapat pahala besar adalah orang-orang yang menaati Allah dan Rasul.

Selanjutnya keistimewaan bacaan asbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir:

1. Amalan sunnah yang dianjurkan

Zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil ataupun lengkapnya Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir merupakan satu di antara ibadah sunnah yang direkomendasikan buat pemeluk muslim.

Selanjutnya ringkasan sebagian arti dari zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil yang penting dikenal serta dimengerti pemeluk muslim:

Dengan membaca dzikir itu dapat menghasilkan hal itu salah satu wujud ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Wujud serta rasa berserah diri kita pada Allah ialah dengan bentuk kita seluruhnya mendekatkan diri pada Allah.

Dengan dzikir ini, kita memberikan setiap jiwa serta badan kita pada Allah, baik itu memberikan seluruh hal serta permasalahan kita pada Allah Ta’ ala sebab Allah ialah sebaik- baiknya wakil.

Jadi kita wajib bisa berserah diri serta jujur memberikan setiap hal yang sudah kita upayakan pada Allah SWT.

2. Bentuk Rasa Terima kasih serta Sabar dalam Menempuh Kehidupan

Dikala kita dihimpit bermacam permasalahan kehidupan dunia yang amat menyesakkan, diliputi gelisah serta derita, pula permasalahan yang berkecamuk, di dalam hidup.

Sehingga kita seharusnya berdzikir dengan“ hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir”.

Tidak hanya itu pula zikir ini merupakan bentuk ketergantungan kita selaku orang pada Allah SWT, wujud permohonan tolong secara langsung kita pada Allah, serta pula wujud berserah diri kita yang mengembalikan tiap hal dunia serta akhirat kepada- Nya.

3. Makna Secara Tersirat kepada Keesaan Allah

Arti yang tercantum di lafadz Hasbunallah Wanikmal Wakil sesungguhnya dengan cara sugestif ataupun tersirat membenarkan mengenai ke- esaan Allah selaku salah satunya dzat, Tuhan yang pantas kita buat bersera diri dari seluruh hal, memohon tiap bantuan, dan berharap tiap perlindungan.

Kesalahan untuk seorang muslim bila memberikan tiap masalah, memohon bantuan serta pula berharap perlindungan pada selain Allah, sebab Allah ialah sebaik- baiknya dzat yang pantas kita sembah serta memohon bantuan.

Seperti itu sekelumit mengenai kehebatan doa Hasbunallah Wanikmal Wakil yang memiliki arti serta pula arti yang amat mendalam atas keakraban dan rasa berserah diri kita kepada Allah yang jadi Tuhan Sang Pencipta kita yang Maha Kuasa.

Ayat Hasbunallah Wanikmal Wakil dalam Al Quran

Oh betul, semata- mata dikenal, perkataan dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Manikman Nasir mulanya merupakan kombinasi dua ayat di Al Quran loh.

Sehingga kita seharusnya berdzikir dengan“ hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir”.

Tidak hanya itu pula doa ini merupakan bentuk ketergantungan kita selaku orang pada Allah SWT, wujud permohonan bantu dengan cara langsung kita pada Allah, serta pula wujud berserah diri kita yang mengembalikan tiap hal bumi serta alam baka kepada- Nya.

Seperti itu keterangan perkataan Hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir ialah bagian dari surat Ali Imran ayat 173.

Posting Komentar untuk "Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Arab dan Artinya, Surat Ali 'Imran Ayat 173"