Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu Arab latin beserta Artinya

Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu Arab latin beserta Artinya

Salah satu doa yang dibaca pemeluk Mukmin buat orang meninggal ialah Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu.

Ini merupakan salah satu susunan doa dalam sholat jenazah buat memohon pengampunan serta rahmat dari Allah.

Begitu juga firman Allah dalam Alquran, setiap makhluk yang hidup akan menemui kematian. Itu tertera dalam surat Ar Rahman ayat 26 - 27. 

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍۖ وَّيَبْقٰى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِۚ

Artinya: Semua yang ada di bumi itu akan binasa, tetapi wajah Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal.

Dari ayat di atas, bisa disimpulkan kalau Allah ialah Dzat yang mempunyai kekuasaan buat mencabut nyawa tiap makhluk hidup. Itu penyebabnya sebagian orang melafalkan perkataan allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu kala mendengar ataupun melihat orang meninggal.

Kalimat Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu dapat diucapkan dikala mendengar ada seorang yang meninggal dunia selaku perkataan permohonan ampunan buat sang mayit.

Selanjutnya ini ialah bacaan Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu lengkap dengan tulisan arab latin serta artinya. 

Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu Arab latin beserta Artinya

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Allahumaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu


Artinya : "Ya Allah, ampunilah dia, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya."

Tapi, ada juga doa untuk jenazah perempuan dan laki-laki yang bacaannya berbeda berikut ini:

1. Doa untuk jenazah laki-laki 

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dia (mayit laki-laki tunggal itu), belas kasihanilah, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya.”

2. Doa untuk jenazah perempuan 

Allahummaghfirlaha warhama wa ‘afiha wa’fu ‘anha.

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dia (mayit perempuan tunggal itu), belas kasihanilah, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya.”

Hukum mengurus jenazah untuk tiap mukmin ialah Fardhu Kifayah artinya wajib dilakukan, namun bila sudah dilakukan oleh mukmin yang lain, maka kewajiban ini gugur.

Tata cara mengurus jenazah dilakukan secara perlahan- lahan, mulai dari membersihkan jenazah, mengkhafani jenazah, mensholati jenazah, dan menguburkan jenazah.

Kala melaksanakan sholat jenazah, takbir pertama membaca Surat Al Fatihah, takbir kedua membaca Sholawat Nabi, kemudian takbir terakhir membaca Allahumaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu.

Selanjutnya ini merupakan bacaan doa takbir ketiga sholat jenazah lengkap dengan tulisan arab latin serta artinya. 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahumaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu anhu, wa akrim nuzulahu wawassi' madkhalahu wa aghsilhu minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubulabyadlu minad danas. Wa abdilhu daaraan khairam mind daarihi wa ahlan khairam min ahlihi wa as khilhul jannasta waaidzhu min `adsaabil qabri wa min `adsaabin naar.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dia, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya, mulyakan tempatnya (ialah surga) dan luaskanlah kuburannya.

Basuhkanlah kesalahan-kesalahannya sampai bersih sebagaimana bersihnya kain putih dari kotoran.

Gantikanlah rumah lebih baik daripada rumahnya dahulu, keluarganya lebih baik dari yang dahulu, dan masukanlah ia ke surga dan jauhkanlah ia dari siksa kubur dan siksa neraka.

Itulah ulasan Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu Arab latin dan Artinya.

Posting Komentar untuk "Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu Arab latin beserta Artinya"