Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Arti Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Islamtwins.com - Selaku umat Muslim, kata assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kerap dipakai kala berjumpa dengan orang lain.

Entah itu dengan sahabat, kerabat ataupun keluarga sendiri. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh merupakan perkataan lengkap dari suatu salam itu.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ialah perkataan salam yang dipakai pemeluk mukmin dalam bermacam kegiatan. Arti Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pula selaku doa buat mendapatkan kebaikan serta keselamatan dari Allah.

Selanjutnya ini merupakan arti Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh bersama tulisan arabnya. 

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Artinya: "Semoga Allah melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu"

Adab Mengucapkan Salam

Dari Abu Hurairah radhiyallahu‘ anhu, beliau mengatakan kalau Rasulullah shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda,

“ Hendaklah yang kecil memberi salam pada yang lebih tua, hendaklah yang berjalan memberi salam pada yang sedang duduk, hendaklah yang sedikit memberi salam pada yang banyak.”( Muttafaqun‘ alaih) (HR. Bukhari, Muslim).

Tidak hanya itu, dalam riwayat Muslim dituturkan pula,

“ Dan orang yang berkendaraan memberi salam kepada yang berjalan.”

Bila kalian mau melafalkan salam pada kelompok, kalian dapat memakai panduan selanjutnya ini.

Dari‘ Ali radhiyallahu‘ anhu, beliau mengatakan kalau Rasulullah shallallahu‘ alaihi wa sallam bersabda:

“ Cukup jika berjamaah( berada dalam kelompok) bila lewat, sehingga salah seseorang dari mereka melafalkan salam. Cukup bila berjamaah( berada dalam kelompok) bila terdapat yang melafalkan salam, sehingga salah seseorang dari jamaah itu yang membalas salamnya.”( HR. Ahmad serta Al- Baihaqi).

Mengawali melafalkan salam membuktikan antusias dalam melaksanakan adab, melakukan syariat, serta antusias buat meraih pahala.

Melafalkan salam dapat dicoba kala akan masuk di sesuatu tempat( rumah, masjid ataupun gedung lain) serta bermacam suasana( berjumpa sesama mukmin, akan berpergian sekolah kerja dan lain- lain, ataupun akan mengawali sesuatu khotbah ataupun ceramah).

Hukum melafalkan salam merupakan sunnah. Barang siapa yang melaksanakan akan memperoleh pahala serta bila tidak melaksanakannya tidak akan mendapat dosa.

Sebaliknya hukum menjawab salam merupakan wajib.

Selanjutnya ini merupakan hadits mengenai salam, Abu Hurairah mengatakan, kalau Rasululah saw bersabda:

“ Hak sesama Muslim ada lima: membalas salamnya, menjenguknya ketika ia sakit, mengikuti jenazahnya yang dibawa ke kuburan, memenuhi undangannya serta ber- tasymit kala ia bersin.”( HR. Bukhari nomor. 1164, Muslim nomor. 4022

Nah, seperti itu uraian lengkap mengenai arti assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh yang dapat kalian pahami. Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat, ya! 

Posting Komentar untuk "Arti Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh"