Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aamiin Allahumma Aamiin Arab Latin Lengkap Beserta Cara Mengamalkannya

Aamiin Allahumma Aamiin Arab Latin Lengkap

Islamtwins.com - Ungkapan kalimat aamiin allahumma aamiin pasti sudah tidak asing lagi di telinga umat muslim di seluruh dunia tak terkecuali di negara kita ini.

Aamiin Allahumma Aamiin ini umumnya diucapkan sehabis berakhir berdoa ataupun memperoleh perkataan doa dari orang lain.

Walaupun dapat dikatakan cukup kerap didengar, kenyataannya hingga dikala ini tengah banyak orang yang tidak paham maksud di balik pernyataan aamiin allahumma aamiin.

Sementara itu, selaku pernyataan penutup doa, pasti maksud aamiin allahumma aamiin amat berarti buat dikenal tiap muslim. Karena, dengan sedemikian itu kita dapat menutup doa dengan khusyuk.

Aamiin Allahumma Aamiin artinya kabulkanlah Ya Allah kabulkanlah. Bacaan Aamiin Allahumma Aamiin ialah permohonan pada Allah biar doa ataupun impian yang dipanjatkan lekas terkabul.

Aamiin Allahumma Aamiin Arab Latin Lengkap

Selanjutnya ini merupakan tulisan Aamiin Allahumma Aamiin yang benar arab serta artinya. 

آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن

Latin : Aamiin allahumma aamiin

Artinya: "Kabulkanlah Ya Allah kabulkanlah."

Doa ialah permohonan (harapan, permintaan, pujian) kepada Tuhan. Sedangkan berdoa ialah mengucapkan (memanjatkan) doa kepada Tuhan.

Perintah berdoa terdapat pada Surat Al Mu'min ayat 60 sebagai berikut:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ

Latin: Wa qāla rabbukumud'ụnī astajib lakum,

Artinya: "Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu."

Beberapa Adab Berdoa dalam Islam

Tiap ibadah dalam agama Islam sudah diatur. Sedemikian itu pula dengan berdoa. Tiap mukmin tidak bisa berharap dengan asal-asalan.

Ada sebagian adab berharap yang wajib dicermati. Nah melafalkan arti aamiin allahumma aamiin ialah salah satunya.

Tetapi tidak hanya membaca serta menguasai arti aamiin allahumma aamiin, masih terdapat sebagian adab yang lain yang wajib dikenal.

Selanjutnya sebagian adab berdoa dalam agama Islam, tidak hanya membaca serta menguasai maksud aamiin allahumma aamiin.

1. Berdoa dengan banyak menyanjung Allah SWT

Menyanjung Allah SWT dengan sifat-sifat mulia Nya jadi satu keharusan dalam meminta (kepada Tuhan). Karena begitu juga yang dipaparkan tadi, doa ialah permohonan kita pada Allah SWT.

Alhasil, akan lebih bagus bila dimulai dengan pujian seperti perkataan basmallah yang artinya Dengan mengatakan julukan Allah, yang Maha Pemurah lagi Maha Pengasih.

Serta di akhiri dengan arti aamiin allahumma aamiin ialah kabulkanlah ya Allah kabulkanlah (doaku).

2. Berdoa di waktu yang mustajab

Dalam agama Islam nyatanya ada waktu-waktu khusus yang diketahui mustajab. Waktu yang mustajab buat berharap ialah semacam di hari Arafah, bulan Ramadhan, hari Jumat, sepertiga terakhir dalam tiap malam, serta waktu sahur. Mengenai waktu mustajab ini semacam yang sudah dituturkan Rasulullah dalam hadisnya, yang berbunyi:

"Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman,‘ Siapa yang berharap kepada- Ku, Saya kabulkan, siapa yang memohon, hendak Saya kasih, serta siapa yang berharap belas kasihan tentu Saya ampuni’." (HR. Mukmin)

3. Berharap dengan mengarah ke arah kiblat

Serupa perihalnya sholat, nyatanya kala berharap seseorang mukmin pula direkomendasikan buat mengarah ke arah kiblat (kabah). Perihal ini semacam yang ada dalam hadis:

Dari Jabir radhiallahu anhu, kalau Nabi shallallahu alaihi wa sallam kala terletak di Padang Arafah, dia mengarah kiblat, serta dia lalu berdoa hingga mentari terbenam. (HR. Muslim)

Seperti itu ulasan Aamiin Allahumma Aamiin yang biasa diucapkan sehabis berakhir berdoa ataupun memperoleh perkataan doa dari orang lain yang dapat fahri jelaskan. 

Posting Komentar untuk "Aamiin Allahumma Aamiin Arab Latin Lengkap Beserta Cara Mengamalkannya"