Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT, Berikut Jawabannya

Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT

Islamtwins.com - Iman pada kitab-kitab Allah SWT ialah salah satu dari 6 rukun iman. Banyak ulama yang beranggapan kalau setiap manusia memerlukan kitab Allah SWT.

Sebelum fahri disini menjelaskannya lebih jauh, ada bagusnya adik-adik mengenali apa itu kitab. Secara deskripsi, kitab merupakan kumpulan ajaran Allah yang disampakan oleh para rasul buat diajarkan pada orang selaku petunjuk serta prinsip hidup.

Adik-adik wajib mengenali pula kalau Kitab (Alquran) yang ada sampai saat ini ialah ajaran yang Allah SWT turunkan pada para rasul Allah swt dengan bantuan malaikat Jibril buat di informasikan pada umat manusia.

Lantas, mengapa manusia khususnya umat muslim memerlukan kitab Allah SWT?

Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT?

Berikut jawaban dari pertanyaan mengapa manusia memerlukan kitab Allah SWT jawabannya ialah:

Sebagaimana firman Allah dalam Surat Al maidah ayat 16, bahwa kitab diturunkan untuk memberikan petunjuk. Artinya, manusia memerlukan petunjuk dalam menempuh kehidupan. Petunjuk kehidupan itu terdapat dalam kitab.

Surat Al Maidah Ayat 16

Surat Al-Maidah Ayat 16

"Dengan Kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridhaan Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan Kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan izin-Nya, dan menunjukkan ke jalan yang lurus". (QS. Al-Maidah: 16)

Kita selaku pemeluk mukmin juga memiliki rukun iman, salah satunya percaya pada kitab Allah. Iman pada kitab Allah berarti yakin serta percaya dengan sepenuh hati kalau Allah sudah menurunkan kitab- kitab Nya pada para Rasul-Nya.

Gimana bila tidak percaya ataupun tidak mengikuti prinsip di dalam kitab (Alquran). Muslim yang tidak membaca serta mengikuti Alquran selaku prinsip hidup, sehingga ia hendak dengan mudah tersesat. Tanpa arah serta tujuan dalam mengarungi hidup. Apalagi hidupnya hendak terasa sempit.

" Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit". (QS. ThaHa, bagian 124).

Maksudnya dari sempit ialah pada kehidupan dunianya, baik hakiki ialah sempit nafkahnya, ataupun kecil dengan cara maknawi ialah dadanya sempit serta gelisah.

Karena, ia hidup di atas kesesatan, ataupun kasus yang tidak kunjung usai, serta yang lain. Pemecahan dalam membongkar permasalahan hidup bukan dengan Alquran. Serta pasti itu bukan cara yang dipedomankan oleh sang pencipta.

Setinggi apapun ilmu serta kekuasaan manusia, senantiasa ada batasannya. Sebab itu manusia memerlukan kitab Allah SWT selaku petunjuk supaya tujuan hidupnya jelas. Kitab-kitab Allah diibaratkan selaku sinar yang menyinari kehidupan manusia, dari gelap jadi terang, serta dari tidak tahu jadi tahu.

Nah, Allah SWT mengetahui kalau bila orang diberi kebebasan sepenuhnya tanpa prinsip, bumi ini hendak penuh kekacauan. Sehingga dari itu, kitab- kitab Allah SWT diturunkan pada para rasul buat menolong manusia hidup bergembira di dunia serta akhirat.

Seperti itu keterangan perihal Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT yang dapat fahri sampaikan. Mudah-mudahan dapat jadi rujukan untuk Kamu. Paling utama buat adik- adik yang lagi menekuni modul ini disekolah. Silahkan maanfaatkan jawaban ini selaku referensi melakukan pertanyaan. 

Posting Komentar untuk "Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT, Berikut Jawabannya"