Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tulisan Aamiin Ya Rabbal Alamin Arab, Latin, serta Terjemahannya

Tulisan Aamiin Ya Rabbal Alamin

Islamtwins.com - Aamiin ya rabbal alamin ialah perkataan penutup yang sering dibaca oleh pemeluk mukmin sehabis selesai berdoa serta bermunajat pada Allah SWT.

Tetapi sesungguhnya perkataan itu pula tercantum bagian dari doa loh! Ada pula maksudnya yakni“ ya Allah kabulkanlah”.

Supaya pengucapan perkataan doa itu tidak salah dilafalkan sampai mengganti maknanya, sehingga kita pula butuh mengenali tulisan aamiin ya rabbal alamin yang benar dalam bahasa Arab serta latinnya.

Tulisan Aamiin Ya Rabbal Alamin Arab, Latin yang Benar

Aamiin ya rabbal alamin

Selaku pernyataan yang memuat permohonan hendak penerimaan doa dari Allah SWT, sehingga perkataan aamiin ya rabbal alamin pasti kerap sekali dilafalkan oleh pemeluk mukmin tiap harinya.

Tetapi apakah kalian percaya kalau pelafalanmu dikala membaca tulisan aamiin ya rabbal alamin yang benar serta sesuai dengan maknanya yakni “ya Allah kabulkanlah”?.

Berbeda dengan amin ya rabbal alamin yang artinya ialah “kabulkan ya tuhan, kabulkanlah”. Tulisan Aamiin ya rabbal alamin memiliki arti yang berbeda.

Buat bisa memastikannya, sehingga kita dapat memandang gimana tulisan aamiin ya rabbal alamin yang benar dalam bahasa Arabnya selanjutnya ini:

آمِيْنيَارَبَّالعَالَمِيْنَ

Aamiin yaa rabbal’ aalamiin

Artinya:" Kabulkanlah Ya Allah Kabulkanlah"

Bersumber pada tulisan aamiin ya rabbal alamin yang benar dalam bahasa Arab tadi, sehingga cara pengucapan aamiin yang benar yakni dengan dibaca panjang.

Ada pula ilustrasinya yakni semacam“ aaaaaamiiiiiin yaaaa rabbal‘ aaalamiiiin”.

Dalam sebuah hadits, Nabi bersabda,

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

Artinya: Doa itu ialah ibadah. (HR. At-Tirmiz)

Buat itu kita janganlah sampai meninggalkan doa memohon belas kasihan serta bantuan pada Allah swt. Serta disetiap kita berdoa ataupun mengikuti doa, kita bisa melafalkan" Aamiin Ya Rabbal Alamin" selaku permohonan supaya Allah mengabulkan doa kita. 

Dalam bahasa arab terdapat kata yang mirip dengan lafadz aamiin dengan arti yang berbeda-beda, berikut ini tulisan aamiin yang benar beserta penjelasannya:

  • Amin ( أَ مِن ) memiliki arti aman nyaman dan tentram
  • Aamin ( آ مِن ) memiliki arti sebagai ucapan meminta perlindungan
  • Amiin ( أَ مِيْن ) memiliki artinya ucapan yang jujur dan terpercaya
  • Aamiin ( آمِيْن ) memiki arti semoga Alloh dapat mengabulkan do’a

Jadi bila pemeluk mukmin sedang membaca aamiin dengan pendek seperti“ amin ya rabbal alamin” sehingga bacaan doa itu belum pas serta dapat berlainan maknanya. Oleh sebab itu, pastikanlah buat mengamalkan doa aamiin ya rabbal‘ aalamiin cocok dengan catatan mulanya supaya maknanya tidak berganti ya!

Mengambil dari Al Qur’ an serta Terjemahannya, Soenarjo( 1971), dalam surat Al Ghafir bagian 60 Allah SWT berkata” Berdoalah pada- Ku, tentu hendak Ku- perkenankan bagimu. Sebetulnya banyak orang yang angkuh diri dari menyembah- Ku hendak masuk neraka Jahannam dalam kondisi hina dina’.”( QS. Ghafir: 60).

Bersumber pada sabda itu sehingga membaca doa serta berharap penerimaan doa dengan mengatakan aamiin yaa rabbal‘ aalamin ialah wujud tindakan merendahkan diri di hadapan tuhan yang maha agung, kebalikannya bila kita tidak sempat berharap sehingga kita tercantum hamba yang sombong.

Oleh karenanya, tiap mukmin haruslah berharap pada Allah supaya bebas dari rasa sombong itu.

Demikian pembahasan fahri mengenai tulisan aamiin ya rabbal alamin yangbenar. Supaya doa kita dapat segera terkabul sehingga janganlah lupa buat membaca aamiin yaa rabbal‘ aalamiin arab dengan benar begitu juga tulisan aamiin ya rabbal alamin tadi ya! 

Posting Komentar untuk "Tulisan Aamiin Ya Rabbal Alamin Arab, Latin, serta Terjemahannya"