Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan Lengkap Arab Latin Beserta Hadist nya

hpk
Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan

Umat ​​Islam sangat dianjurkan untuk selalu membaca doa sebelum melakukan aktivitas apapun.  Baik itu doa mau tidur, doa bangun tidur, doa sebelum makan dan sesudah makan, doa keluar rumah.

Doa sebelum dan sesudah makan merupakan bentuk syukur kita atas makanan yang akan kita makan.Oleh karena itu, dalam ajaran Islam, hal itu disiapkan dengan cara yang memungkinkan Anda membaca doa di semua bidang kehidupan serta dianjurkan agar umat Islam dan wanita Muslim mempelajari kumpulan doa harian sejak usia muda.

Salah satu yang dipelajari dan dihafal adalah doa sebelum makan dan sesudah makan. Tujuan membaca doa ini adalah untuk bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat-Nya.  Apalagi bisa mengisi perut yang kosong dengan makanan atau minuman adalah sebuah kebahagiaan.

Ini bukan hanya doa.  Seorang muslim juga harus mengetahui tata krama makan yang baik sesuai dengan ajaran agama.  Pola makan ini nantinya akan membentuk muslimah dan muslimah menjadi pribadi yang taat pada ajaran agamanya.  Lantas bagaimana cara membaca doa sebelum dan sesudah mengisinya dengan hadits dan akhlak?

Hadits Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan

Anjuran untuk membaca doa sebelum atau sesudah itu dilaporkan dalam hadits.  Ada juga hadits yang menganjurkan membaca Bismillah sebagai doa sebelum makan.  Sebagaimana dinyatakan An-Nawawi dalam bukunya Al-Azkar:

روينا في كتاب ابن السني عن عبد اللّه بن عمرو بن العاص رضي اللّه عنهما عن النبيّ صلى اللّه عليه وسلم أنه كان يقول في الطعام إذا قُرِّبَ إليه : ” اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ “

Ini berarti:

“Diriwayatkan dalam kitab Ibnu Suni dari Abdullah bin Amr bin al-Ash Radiyallahu Anhuma bahwa ketika makanan dipersembahkan kepadanya dari Nabi, saw, dia akan mengatakan: “Alamuma barik lanaa”. fii maa rozaqtanaa wa qinaa'adzaaban naar, bismillah."

Bacaan Doa Sebelum Makan, bacalah doa berikut: 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ

Allâhumma bârik lanâ fî mâ razaqtanâ wa qinâ adzâban nâr, bismillâh.

Ini berarti:

"Ya Allah, berkahilah kami pada apa yang telah Engkau karuniakan dan lindungilah kami dari siksa neraka. Bismillah (atas nama Allah SWT)."

Muslim dapat menyelesaikan makan mereka setelah membaca doa sebelum makan. Setelah makan dan minum, dianjurkan juga untuk membaca doa setelah makan.  Hal ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur dan syukur kepada Allah SWT. 

Bacalah Doa Sesudah Makan Setelah kalian selesai makan, bacaan doa nya adalah sebagai berikut.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ المُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ wa saqânâ wa ja‘alanâ minal muslimîn.

Ini berarti: 

"Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh."

Etika makan dan minum dalam Islam

Setelah mengetahui hadits dan membaca doa makan, ada baiknya untuk memahami doanya.  Dalam Islam, ada etika makan dan minum yang harus diikuti oleh setiap Muslim.  Hal ini memang sesuai dengan apa yang telah Allah SWT izinkan kepada umat-Nya.  Terutama dengan mengkonsumsi makanan dan minuman. 

Adapun etika makan dan minum dalam Islam adalah sebagai berikut:

  • Baca doa sebelum atau sesudah makan
  • Konsumsi makanan dan minuman dari sumber Halal dan Tayyip
  • Makan dan minum sambil duduk hukumnya sunnah.
  • Mengambil makanan dan minuman dengan tangan kanan
  • Tidak berlebihan untuk mengambil atau mengambil makanan dan minuman
  • Bersikap sopan saat makan dan minum

0 Response to "Doa Sebelum Makan dan Sesudah Makan Lengkap Arab Latin Beserta Hadist nya"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close