Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Kalimat Syahadat Arab Latin dan Artinya

Dua Kalimat Syahadat

Islamtwins.com - Dua kalimat syahadat ialah rukun Islam yang pertama serta merupakan ketentuan seseorang bila mau memeluk agama islam.

Pembacaan dua kalimat syahadat ialah ketentuan mutlak buat memeluk agama Islam. Belum syah Islamnya seseorang apabila belum mengucapkan kalimat syahadat.

Kenapa kita harus mengucapkan 2 kalimat syahadat?

Kita wajib mengerti kalau dua kalimat syahadat adalah merupakan kalimat yang penting di mana setiap shalat kala tahiyat kita senantiasa membacanya, apalagi sampai kita mau meninggal juga masih wajib mengucapkannya. Jadiinilah bernilainya 2 kalimat syahadat, serta saking bernilainya 2 kalimat syahadat ini jadi ciri khas untuk orang Islam.

Karena kala orang ingin masuk Islam sehingga wajib melafalkan 2 kalimat syahadat terlebih dulu. Selanjutnya alasan kenapa kita harus mengucapkan 2 kalimat syahadat:

Pengakuan ketauhidan

Seseorang mukmin cuma menyakini Allah selaku satu- satunya Tuhan serta tiada tuhan yang lain selain Allah. Allah merupakan Tuhan dalam arti sesuatu yang jadi dorongan ataupun jadi tujuan seseorang. Dengan meneguhkan kalimat pertama, seseorang mukmin menguatkan diri buat menjadikan hanya Allah selaku tujuan, motivasi, serta jalan hidup.

Pengakuan kerasulan

Dengan meneguhkan kalimat ini seorang mukmin menguatkan diri buat meyakini ajaran Allah yang di informasikan lewat seorang Rasul Allah, Muhammad.

Ikrar

Ikrar merupakan statment seorang mukmin perihal keyakinannya. Kala seseorang melafalkan kalimat syahadah, sehingga beliau mempunyai peranan buat menegakkan serta memperjuangkan apa yang beliau ikrarkan.

Sumpah

Syahadat pula berarti sumpah. Seseorang yang berjanji, berarti ia mau menerima akibat serta resiko apapun dalam mengamalkan sumpahnya itu. Seorang mukmin wajib siap serta bertanggung jawab dalam tegaknya Islam serta penguatan ajaran Islam.

Janji

Syahadat pula bermakna janji. Artinya, setiap mukmin adalah orang- orang yang bertawakal pada Allah serta berkomitmen setia buat mengikuti serta patuh dalam seluruh kondisi terhadap semua perintah Allah bersama segala pesan yang di informasikan oleh Allah lewat pengutusan Muhammad.

Persaksian

Syahadat pula berarti penyaksian. Artinya, kalau setiap mukmin jadi saksi atas pernyataan ikrar, sumpah serta janji yang dinyatakannya. Dalam perihal ini ialah kesaksiannya kepada keesaan Allah serta terhadap kerasulan Nabi Muhammad.

Lalu apa syarat sah mengucapkan syahadat ini? Selanjutnya syarat-syarat wajib dalam mengucapkan dua kalimat syahadat.

Syarat Diterimanya Dua Kalimat Syahadat

Syarat syahadat adalah suatu yang tanpa keberadaannya maka yang disyaratkannya itu batal. Bila seorang melafalkan dua kalimat syahadat tanpa memenuhi syarat- syaratnya, dapat dibilang syahadatnya tidak sah.

Syarat syahadat ada 7 ialah:

1. Mengetahui

Seorang yang bersyahadat wajib mempunyai wawasan mengenai arti serta maksud dari syahadat. Orang yang bersangkutan harus menguasai isi dari dua kalimat yang diklaim dan mau menerima konsekuensi perkataannya.

2. Yakin

Orang yang mengikrarkannya wajib meyakini isi syahadat itu. Apabila beliau meragukannya sehingga sia-sia belaka pengakuan itu.

3. Menerima

Menerima isi serta konsekuensi dari syahadat; menyembah Allah semata serta meninggalkan ibadah terhadap selain- Nya.

4. Tunduk serta Taat dengan isi Makna Syahadat

Ialah tunduk serta menyerahkan diri pada Allah.

5. Jujur

Ialah kesesuaian antara perkataan serta keyakinan. Pernyataan syahadat wajib dinyatakan dengan perkataan serta dipercayai dalam hati.

6. Ikhlas

Ialah bersihnya hati dari segala suatu yang berlawanan dengan makna syahadat, serta membersihkan amal dari seluruh debu-debu kesyirikan.

7. Kecintaan

Ialah mencintai kalimat syahadat serta isinya, dan orang-orang yang mengamalkan konsekuensinya.

Selanjutnya ini merupakan bacaan dua kalimat syahadat lengkap dengan tulisan arab latin serta artinya.

Kalimat syahadat

أَشْهَدُأَنْلَاإِلَهَإِلَّااللهُوَأَشْهَدُأَنَّمُحَمَّدًارَسُوْلُاللهِ

" Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah".

Artinya: " Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah"

Seperti itu Bacaan dua kalimat syahadat beserta artinya selaku bentuk kesaksian seseorang terhadap apa yang diyakininya. Mudah-mudahan berguna serta menambah pengetahuan mengenai islam.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Dua Kalimat Syahadat Arab Latin dan Artinya"