Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Kita Harus Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat?

Kenapa Kita Harus Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat?

Islamtwins.com - Mengucapkan 2 kalimat syahadat mempunyai peran penting dalam Islam. Membaca 2 kalimat syahadat terlebih lagi selaku rukun Islam yang pertama.

Sesudah syahadat, barulah rukun Islam yang lain ialah sholat, puasa, zakat, serta berangkat haji untuk yang mampu.

Syahadat dalam bahasa Indonesia berarti pengakuan ataupun wujud kesaksian serta pengakuan seorang Mukmin. Melalui bacaan syahadat, seorang mukmin menyatakan kesaksiannya kalau tidak ada Tuhan selain Allah SWT serta Nabi Muhammad SAW adalah rasul Allah.

Baca juga Dua Kalimat Syahadat Arab Latin dan Artinya

Kedudukan 2 kalimat syahadat dalam agama Islam ibarat pondasi sebab 2 kalimat syahadat disebut syahadatain.

Perihal ini bersumber pada hadis Rasulullah saw:

الْإِسْلَامُعَلَىخَمْسٍشَهَادَةِأَنْلَاإِلَهَإِلَّااللهُوَأَنَّمُحَمَّدًارَسُولُاللهِوَإِقَامِالصَّلَاةِوَإِيتَاءِالزَّكَاةِوَالْحَجِّوَصَوْمِرَمَضَانَ

“ Islam dibangun atas lima perkara. Mengucapkan 2 kalimat syahadat, sholat 5 waktu, zakat, puasa di bulan Ramadhan, dan ibadah haji di tanah suci,.”( HR. Bukhari Muslim)

Sehabis memahami arti syahadat, pemeluk Islam harus ingat bacaan syahadat yang baik serta benar. Selanjutnya bacaan 2 kalimat syahadat

Bacaan syahadat Arab:

أَشْهَدُأَنْلَاإِلَهَإِلَّااللهُوَأَشْهَدُأَنَّمُحَمَّدًارَسُوْلُاللهِ

Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah

Arti syahadat:

“ Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

Kenapa Kita Harus Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat?

Kita harus paham jika 2 kalimat syahadat ialah merupakan kalimat yang penting di mana tiap shalat kala tahiyat kita tetap membacanya, terlebih hingga kita ingin meninggal pula masih harus mengucapkannya. Jadiinilah bernilainya 2 kalimat syahadat, dan saking bernilainya 2 kalimat syahadat ini jadi ciri khas buat orang Islam.

Sebab kala orang mau masuk Islam maka harus mengucapkan 2 kalimat syahadat terlebih dahulu. Berikutnya alasan mengapa kita wajib mengucapkan 2 kalimat syahadat:

Pengakuan ketauhidan

Seorang mukmin hanya menyakini Allah selaku satu- satunya Tuhan dan tiada tuhan yang lain selain Allah. Allah ialah Tuhan dalam arti sesuatu yang jadi dorongan atau jadi tujuan seseorang. Dengan meneguhkan kalimat pertama, seorang mukmin memantapkan diri untuk menjadikan hanya Allah sebagai tujuan, motivasi, dan jalan hidup.

Pengakuan kerasulan

Dengan meneguhkan kalimat ini seseorang mukmin memantapkan diri untuk memercayai ajaran Allah yang di informasikan melalui seorang Rasul Allah, Muhammad.

Ikrar

Ikrar ialah pernyataan seseorang mukmin Mengenai keyakinannya. Kala seorang melisankan kalimat syahadah, alhasil dia memiliki peranan untuk menegakkan dan memperjuangkan apa yang dia ikrarkan.

Sumpah

Syahadat pula berarti sumpah. Seorang yang berkomitmen, berarti beliau ingin menerima akibat dan efek apapun dalam mengamalkan sumpahnya itu. Seseorang mukmin harus sedia dan bertanggung jawab dalam tegaknya Islam dan penguatan ajaran Islam.

Janji

Syahadat pula berarti janji. Maksudnya, tiap mukmin ialah orang- orang yang bertawakal pada Allah dan berkomitmen setia untuk mengikuti dan patuh dalam semua situasi kepada semua perintah Allah bersama seluruh pesan yang di informasikan oleh Allah melalui pengutusan Muhammad.

Persaksian

Syahadat pula berarti penyaksian. Maksudnya, jika tiap mukmin jadi saksi atas pernyataan ikrar, sumpah dan janji yang dinyatakannya. Dalam Mengenai ini yakni kesaksiannya pada keesaan Allah dan terhadap kerasulan Nabi Muhammad.

Seperti itu Kenapa Kita Harus Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat yang mana berlaku seperti wujud bukti seseorang kepada apa yang diyakininya. Mudah - mudahan bermanfaat dan menambah wawasan tentang islam.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Kenapa Kita Harus Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat?"