Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Innahu Min Sulaimana Wa Innahu Bismillahirrohmanirrohim, Isi Surat Nabi Sulaiman Kepada Ratu Bilqis

Innahu Min Sulaimana

Islamtwins.com - Innahu min sulaimana wa innahu bismillahirrohmanirrohim ialah potongan kalimat dalam surat yang ditulis oleh Nabi Sulaiman AS buat Ratu Balqis.

Innahu min sulaimana wa innahu bismillahirrohmanirrohim merupakan bunyi dari Surat An Naml Ayat 30 yang artinya Sesungguhnya ( surat ) itu berasal dari Sulaiman yang isinya (berbunyi,)“ Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Dipaparkan dalam buku Tafsir Qashashi Jilid IV oleh Syofyan Hadi kalau, Ratu Balqis menyebut surat yang dikirim oleh Nabi Sulaiman AS ini ialah surat yang mulia. Karena, surat itu dimulai kalimat bismillahirahmanirahim.

Selanjutnya ini ialah bacaan Surat An Naml Ayat 30 yang berbunyi Innahu min sulaimana wa innahu bismillahirrohmanirrohim arab latin serta artinya.


اِنَّهٗمِنْسُلَيْمٰنَوَاِنَّهٗبِسْمِاللّٰهِالرَّحْمٰنِالرَّحِيْمِۙ٣٠

Latin: Innahu min sulaimāna wa innahu bismillāhir-rahmānir-rahīm.

Artinya:" Sesungguhnya (surat) itu berasal dari Sulaiman yang isinya (berbunyi,) “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. (QS An Naml Ayat 30)

اَلَّاتَعْلُوْاعَلَيَّوَأْتُوْنِيْمُسْلِمِيْنَࣖ٣١

Latin: Allā talu alayaa wa`tunī muslimīn.

Artinya: "Janganlah engkau berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri!” (QS An Naml Ayat 31)

Sehabis Ratu Balqis membaca surat Nabi Sulaiman yang di informasikan burung hud-hud itu, beliau juga mengumpulkan pemuka- pemuka kaumnya serta melangsungkan persidangan.

Dalam sidang itu, Ratu Balqis mengantarkan isi surat itu serta memohon pendapat kepada yang hadir, “Wahai pemimpin kaumku, saya sudah menyambut surat yang mulia serta berarti dikirimkan oleh seorang yang mulia pula.”

Dalam ayat ini diterangkan kalau Ratu Balqis merundingkan serta memusyawarahkan isi surat Sulaiman dengan pemuka-pemuka kaumnya.

Sekalipun yang melaksanakan permusyawaratan itu merupakan Ratu Balqis serta pemuka - pemuka kaumnya yang belum beriman, namun tindakan Ratu Balqis itu disebut Allah dalam firman-Nya.

Perihal ini membuktikan kalau prinsip musyawarah itu merupakan prinsip yang diajarkan Allah pada orang dalam mengalami persoalan - persoalan yang mereka alami dalam kehidupan mereka. Lalu bagaimana cara mengamalkan doa innahu min sulaimana?

Cara Mengamalkan Innahu Min Sulaimana

Mengambil buku lmu Pengasihan Penakluk Hati: Buku Langka Berisikan Ilmu Hikmah Pengasihan oleh Salahuddin Abbas, perkataan innahu min sulaimana wa innahu bismillahirahmanirahim disebut sering diamalkan selaku doa pengasihan ataupun buat menundukkan seseorang.

Dengan kata lain perkataan innahu min sulaimana wa innahu bismillahirahmanirahim dipakai buat menundukan hati seseorang supaya bersikap lembut.

Doa ini diamalkan sebanyak 3x tiap selesai sholat, ataupun bisa pula dibaca kapanpun semampunya asal dalam kondisi suci.

Bagaimana Bacaan doa Sulaiman?

Selanjutnya bacaan doanya:

Audzubillahi minasyaithonirrojim. Innahu min sulaimana wa innahu Bismillahirohmanirohim. Allaa taluu alayya wa tuunii muslimin. Wanuuruu yuusuufa alaihissalamu alaa wajhi minallohi faman ro anii yuhibunii fillaahi Da wailalloh azza wajalla.

Lebih jelasnya bisa mendengarkan Bacaan Doa Sulaiman di bawah ini

Seperti itu arti serta amalan doa innahu min sulaimana wa innahu bismillahirrohmanirrohim yang dapat fakhri berikan.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Innahu Min Sulaimana Wa Innahu Bismillahirrohmanirrohim, Isi Surat Nabi Sulaiman Kepada Ratu Bilqis"