La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya ini, Surat Al Anbiya ayat 87 Doa Nabi Yunus

hpk
La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya“ Tidak ada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang- orang zalim.”

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin ialah bagian dari Surat Al Anbiya ayat 87 doa Nabi Yunus AS di dalam perut ikan, yang dewasa ini dijadikan bacaan dzikir.

Selanjutnya ini bacaan Surat Al Anbiya ayat 87 yang ada tulisan La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin arab serta artinya. 

Surat Al Anbiya ayat 87

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ ٨٧

Latin: Wa zan-nuni iz zahaba mugadiban fa zanna ala lan naqdira 'alaihi fa nada fiz-zulumati al la ilaha illa anta sub-hanaka inni kuntu minaz-zalimin

Artinya: "(Ingatlah pula) Zun Nun (Yunus) ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya. Maka, dia berdoa dalam kegelapan yang berlapis-lapis, “Tidak ada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim.”

Surat Al Anbiya turun di kota Makkah maka surat ini masuk dalam kalangan surat Makkiyah. Al Anbiya artinya Para Nabi. Berjumlah 112 ayat, nomer surat ke 21, juz 17 dalam kitab suci Al Quran.

Serta ketahuilah cerita Zun Nun( Yunus), kala ia berangkat meninggalkan kaumnya dalam kondisi marah, sebab mereka menoleh dari dirinya serta tidak ingin menyambut ajaran Allah kala beliau berdakwah pada mereka.

Kemudian ia berpikir kalau Kita tidak akan menyulitkannya sebab perilakunya yang tidak sabar itu. Kemudian beliau naik perahu, tetapi bobot perahu yang ditumpanginya sangat berat alhasil harus ada seseorang yang dilemparkan ke laut.

Sehabis diundi tiga kali, Nabi Yunus yang harus dilemparkan ke laut. Allah lekas mendatangkan seekor ikan buat menelannya.

Sehingga ia berharap dalam kondisi yang amat gelap di dalam perut ikan, di dalam laut, serta pada malam hari dengan kesadaran,“ Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang- orang yang zalim, karena aku marah meninggalkan kaum yang seharusnya dibimbing olehku.”

Dari Surat Al Anbiya ayat 87 banyak pelajaran yang bisa didapat salah satunya supaya bersabar dalam seluruh kesulitan.

Surat Al Anbiya ayat 87 pula menerangkan alangkah beratnya ujian jadi seseorang Nabi.

Keistimewaan Doa La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin yang dibacakan Nabi Yunus tercatat dalam Al Quran Surah Anbiya’: 87- 88

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (87) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (88

Yang artinya

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus) ketika ia pergi dalam keadaan marah, lal ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempit  (menyulitkannya) maha ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap. “Bahwa tidak ada sesembahan  yang berhak disembah selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya Aku adalah termasuk orang orang yang zalim. Maka kamu tidak memperkenalkan dianta dan menyelamatkannya dari pada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang orang yang beriman,”(QS Al Anbiya 87-88).

Allah mengabulkan permohonan Nabi Yunus kala melafadzkan doa la ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin berkali kali dengan rasa penyesalan. Serta Allah menerima taubatnya.

Bila kamu alami perihal serupa berada pada kesempitan sebab tertimpa musibah sehingga doa Yunus jadi pengganti supaya dapat pergi dari kesedihan serta menemukan jalur keluar dari Allah SWT.

Seperti itu pembahasan La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin yang ialah bagian dari Surat Al Anbiya ayat 87 doa Nabi Yunus di dalam perut ikan, yang dewasa ini dijadikan bacaan dzikir. 

0 Response to "La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin artinya ini, Surat Al Anbiya ayat 87 Doa Nabi Yunus"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close