Anjing Ashabul Kahfi yang Dijamin Masuk Surga

hpk
Anjing Ashabul Kahfi yang Dijamin Masuk Surga

Sebagian besar pemeluk Islam, pasti sudah mengenali cerita anjing Ashabul Kahfi bersama para pemuda yang tertidur di dalam gua beratus ratus tahun.

Cerita anjing Ashabul Kahfi ini diabadikan dalam Alquran surat Al Kahfi. Ashabul Kahfi merupakan cerita tujuh pemuda dengan seekor anjing yang tertidur nyenyak di dalam gua sepanjang 309 tahun. Mereka sembunyi buat melindungi diri serta menjaga keimanan. Cerita anjing Ashabul Kahfi bersama tujuh pemuda ini terjalin saat sebelum zaman Nabi Muhammad SAW.

Seekor anjing Ashabul Kahfi bernama Qithmir, diceritakan menemani 7 pemuda Ashabul Kahfi bersembunyi di dalam gua. 7 pemuda itu bernama Maxalmena, Martinus, Kastunus, Bairunus, Danimus, Yathbunus, serta Tamlikha.

Ketujuh pemuda Ashabul kahfi pergi bersama seekor anjing yang kemudian dipastikan masuk surga oleh Allah. Selanjutnya ini cerita Ashabul Kahfi yang diambil dari bermacam sumber:

Kisah Anjing Ashabul Kahfi yang Dijamin Masuk Surga

Cerita, pada zaman dulu terdapat seorang raja yang terkenal sewenang- wenang. Raja yang kejam itu bernama Raja Decyanus. Raja itu memerintah pada 249– 251 Masehi.

Pada era Raja Decyanus, semua orang diperintahkan buat penyembah berhala. Bila terdapat yang tidak taat, sehingga hendak disiksa apalagi sampai dibunuh oleh Raja.

Semua orang juga memuja berhala sesuai perintah Raja, melainkan 7 pemuda Ashabul Kahfi. Berita mengenai 7 pemuda yang patuh ini juga sampai ke telinga si raja.

Mengenali ada rakyatnya yang tidak memuja berhala, si raja marah kemudian memanggil ketujuh pemuda itu. Mereka dimohon buat mengikuti keyakinan Raja, yakni sama- sama memuja berhala.

Tetapi sebab pemuda Ashabul Kahfi taat, mereka menyangkal perintah Raja. Pemuda Ashabul Kahfi memilih buat menjaga keimanan mereka pada Allah.

Mengikuti penolakan itu, Raja amat marah. Raja juga menginstruksikan orang- orang kepercayaannya buat mengejar pemuda Ashabul Kahfi serta membunuhnya. Mereka pun kabur dari area kerajaan bersama seekor anjing yang diberi julukan Qithmir.

Ketujuh pemuda itu memutuskan buat masuk dalam gua serta bersembunyi di situ. Tidak ketinggalan, anjing pula turut masuk ke dalam gua.

Di dalam gua, mereka dapat leluasa beribadah pada Allah SWT. Mereka pula memanjatkan doa serta berharap supaya tetap diberikan perlindungan oleh Allah dari raja yang kejam itu.

Dituturkan kalau gua itu terletak di Gunung Tikhayus yang tidak jauh dari tempat bermukim mereka. Besar gua pula cuma sekitar 30 m persegi.

Allah berfirman dalam Alquran Surat Al Kahfi ayat 17 yang artinya:

" Engkau melihat matahari ketika terbit dan condong dari gua mereka ke sebelah kanan dan apabila terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri, sedangkan mereka berada dalam tempat yang luas di dalam gua itu "

Dengan izin Allah, 7 pemuda serta seekor anjing yang mengikuti ditidurkan oleh Allah selama 309 tahun. Setelah itu mereka dibangunkan lagi sehabis mengikuti suara seseorang yang membangun suatu kandang di depan gua.

Mereka juga pergi dari gua itu buat memastikan kalau raja yang sewenang- wenang serta orang- orangnya sudah tidak mengejar mereka. Alangkah terkejutnya mereka ketika pergi dari istana. Dilihat di sekitar mereka, kondisi kota telah berganti. Pemandangan- pemandangan yang sepanjang ini tidak pernah dilihat mereka juga kini terlihat di depan mata. Lebih kaget lagi kala mereka mengenali kalau raja yang sewenang- wenang itu telah digantikan dengan raja yang adil.

Seperti itu cerita 7 pemudan serta anjing Ashabul Kahfi yang diceritakan dalam Alquran. Anjing itu diyakini selaku satu- satunya anjing yang masuk surga. 

0 Response to "Anjing Ashabul Kahfi yang Dijamin Masuk Surga"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close