Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ihdinas Sirotol Mustaqim Maknanya Ini, Penggalan Surat Al Fatihah ayat 6

Ihdinas sirotol mustaqim

Apa maksud dari ayat Ihdinas sirotol mustaqim? Ihdinas Sirotol Mustaqim memiliki arti Tunjukilah kami jalan yang lurus.

Dalam surat Al Fatihah, tercantum ayat doa supaya kita tetap diberi petunjuk oleh Allah SWT berupa petunjuk ke jalan yang lurus. Doa itu tertulis dalam ayat 6 yang bacaan latinnya berbunyi ihdinas sirotol mustaqim.

Apa Maksud Dari Ayat Ihdinas Sirotol Mustaqim?

Selanjutnya ini merupakan bacaan Surat Al Fatihah ayat 6 yang berbunyi Ihdinas sirotol mustaqim arab serta artinya.

ٱهْدِنَاٱلصِّرَٰطَٱلْمُسْتَقِيمَ

Latin: Ihdinas siraatal mustaqiim

Artinya:" Tunjukilah kami jalan yang lurus."( QS Al Fatihah Ayat 6)

Surat Al Fatihah turun di kota Makkah maka surat ini masuk dalam kalangan surat Makkiyah. Surat Al Fatihah artinya pembukaan, berjumlah 7 ayat, nomer surat ke 1 juz 1 dalam kitab suci Al Quran.

Julukan Lain dari Surat Al Fatihah ialah Ummul Quran ( induk Al- Quran ) ataupun Ummul Kitab ( induk Al - Kitab ). Juga dikenal pula dengan As Sabul matsaany ( 7 yang berulang- ulang ).

Kita menginginkan, tunjukilah kami jalan yang lurus, serta teguhkanlah kami di jalan itu, ialah jalan hidup yang benar, yang bisa membuat kita bahagia di dunia serta di akhirat, dan bisa membawakan kita mengarah keridaan Mu.

Yakni jalan orang- orang yang sudah engkau kasih nikmat kepadanya, berupa keimanan, hidayah, serta rida - Mu.

Apa yang dimaksud dengan shirathal mustaqim?

Shiratal Mustaqim merupakan titian yang hendak dilewati masing- masing orang di hari akhir. Sehabis ditimbang amal perbuatannya, setiap orang disyaratkan berjalan melalui jembatan ini. Jembatan shiratal mustaqim merupakan rahmat sekalian hukuman Allah SWT. Untuk yang berhasil melewatinya hendak memperoleh surga serta kekal di dalamnya.

"Akan tapi barang siapa yang dikala melewati jembatan itu bersusah payah serta terjatuh, sehingga sesungguhnya ia masuk lembah kebinasaan serta tercantum kalangan yang merugi,"

Demikian yang bisa kita sampaikan perihal ayat Ihdinas sirotol mustaqim yang artinya tunjukilah kami jalan yang lurus yang dapat kita sampaikan, mudah - mudahan bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Ihdinas Sirotol Mustaqim Maknanya Ini, Penggalan Surat Al Fatihah ayat 6"