-->

Inna Ma'al Usri Yusro Artinya, Penggalan Surat Al Insyirah ayat 6 Yang Bermakna Mendalam

hpk
Inna Ma'al Usri Yusro Artinya

Begini arti lafaz " Inna ma'al Usri Yusro " yang tercantum dalam QS Al Insyirah ayat ke 6. Simak makna mengenai apa arti fa inna ma al usri yusro dalam bahasa Indonesia serta bagaimana pandangan tafsir.

Allah SWT ialah Tuhan yang Maha Pemurah serta Maha Mengetahui hamba- Nya. Salah satu buktinya terdapat pada lafaz inna ma’al usri yusro dalam Surat Al Insyirah dalam QS Al Insyirah ayat ke 6 agar memotivasi manusia kala diterpa permasalahan.

Lantas apakah arti dari lafaz inna ma'al usri yusro ini yang sebagai petunjuk Allah SWT pada umatnya yang diterpa permasalahan? Berikut ini merupakan bacaan Surat Al Insyirah ayat 6 yang berbunyi Inna ma'al usri yusra arab serta artinya.

Inna Ma'al Usri Yusro Arab, Latin Beserta Artinya

اِنَّمَعَالْعُسْرِيُسْرًاۗ٦

Latin: Inna ma'al usri yusra

Artinya: " Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." ( QS Al Insyirah Ayat 6)

Ayat yang berbunyi " Inna maal Usri Yusro" tersebut ialah penggalan dari surat Al Insyirah ayat ke 6 yang merupakan surat ke 94 dalam Al- Quran.

Secara bahasa, Al Insyirah berarti " Melapangkan". Surat ini turun berkaitan dengan gerakan dakwah Nabi Muhammad Saw ketika di Makkah. Perkataan Inna maal usri yusra merupakan kata motivasi penyemangat islami buat diri sendiri atau buat diucapkan pada orang lain.

Dikala itu, Rasulullah Saw mengalami banyak sekali hambatan berupa celaan yang tidak henti dari kalangan kafir Quraisy. Mereka banyak mengejek dakwah Nabi Muhammad Saw yang disebut- sebut berasal dari golongan rendahan.

Surat Al Insyirah diturunkan Allah Swt pada Nabi Muhammad Saw serta umat manusia selaku wujud motivasi supaya Nabi Muhammad Saw tidak merasa sedih hati kala mengalami hambatan itu. Dari sana Allah Swt mau menampilkan kalau dalam suatu kesusahan, memang terdapat kemudahan.

Dari pandangan tafsir, ayat ini berarti Allah Swt menciptakan kesusahan berbarengan dengan keringanan ataupun solusi atas kesusahan itu sendiri. Apabila kesusahan itu dihadapi dengan niat yang sungguh - sungguh serta berupaya dengan sekuat tenaga serta pikiran buat membebaskan diri darinya, tekun serta sabar dan tidak mengeluh atas kelambatan datangnya keringanan, tentu keringanan itu akan datang.

Kala ayat ini diturunkan, Nabi SAW bersabda begitu juga yang dibilang Ibnu Jarir dari Hasan Al- Bashri: “ Apakah kalian senang atas posisi kalian yang berada dalam kemudahan, kesulitan tidak akan selalu berada di atas kemudahan”.

Sebetulnya bersama kesusahan itu ada keringanan lain serta ( kiat) buat menghadapi tiap kesusahan.

Begitu penjelasan islamtwins.com mengenai Inna maal usri yusra yang artinya" Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan" dalam Surat Al Insyirah Ayat 6. Mudah- mudahan postingan kami tentang Inna maal usri yusra bisa menambah pengetahuan kalian mengenai islam.

wallahu alam bishawab 

0 Response to "Inna Ma'al Usri Yusro Artinya, Penggalan Surat Al Insyirah ayat 6 Yang Bermakna Mendalam"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close