-->

Wamin Ayatihi An Khalaqa Lakum Artinya Ini, Penggalan Surat Ar Rum Ayat 21

hpk
Wamin Ayatihi An Khalaqa Lakum

Wamin Ayatihi An Khalaqa Lakum merupakan penggalan surat Ar Rum ayat 21 yang menarangkan mengenai pernikahan. Surat ini termasuk surat Makiyyah yakni surat yang turun di kota Mekkah.

Pernikahan merupakan ibadah yang penting serta sakral dalam ajaran Islam. Pernikahan ialah ikatan ataupun kesepakatan janji yang dilaksanakan 2 orang buat meresmikan hubungan pernikahan.

Suatu pernikahan bukan cuma perkara memadukan 2 insan serta 2 hati, melainkan pula perkara menunaikan tujuan pernikahan dalam ayat itu, yaitu Sakinah, mawaddah dan rahmah.

Berdasarkan Surah Ar rum ayat 21, tujuan pernikahan terdapat 3 yaitu

  • Sakinah: Sakinah merupakan keadaan seseorang merasa nyaman berada di dekat pasangannya
  • Mawaddah: Mawadah yaitu timbulnya rasa cinta diantara kedua pasangan
  • Rahmah: Rahmah merupakan rasa saling cinta antara pasangan yang menikah

Wamin Ayatihi An Khalaqa Lakum Surat Ar Rum Ayat 21

Selanjutnya merupakan bacaan" Wamin Ayatihi An Khalaqa Lakum" yang ada dalam awal surat Ar Rum ayat 21.

وَمِنْاٰيٰتِهٖٓاَنْخَلَقَلَكُمْمِّنْاَنْفُسِكُمْاَزْوَاجًالِّتَسْكُنُوْٓااِلَيْهَاوَجَعَلَبَيْنَكُمْمَّوَدَّةًوَّرَحْمَةًۗاِنَّفِيْذٰلِكَلَاٰيٰتٍلِّقَوْمٍيَّتَفَكَّرُوْنَ

Wa min ayatihi an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuu ilaihaa wa jaala bainakum mawaddataw wa rahmah, inna fiiżaalika la`aayaatil liqaumiy yatafakkarun.

Artinya : " Di antara tanda - tanda ( kebesaran ) Nya ialah bahwa Dia menciptakan pasangan - pasangan untukmu dari ( jenis) dirimu sendiri agar kamu merasa tenteram kepadanya. Dia menjadikan di antaramu rasa cinta dan kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar - benar terdapat tanda - tanda ( kebesaran Allah ) bagi kaum yang berpikir." ( QS. Ar Rum: 21)

Pada ayat ini Al Qur’ an seolah memberitahukan,“ Dan juga di antara tanda - tanda kekuasaan Nya yakni Dia menciptakan buat kalian secara spesial pasangan - pasangan hidup dari jenis kalian sendiri, agar kamu tenang dan tenteram serta cenderung kepadanya ialah pada pendamping, serta dijadikan - Nya di antara kalian mawaddah serta rahmah. Sebetulnya pada yang demikian itu benar - benar ada isyarat kekuasaan- Nya untuk orang - orang yang berpikir.

Apa isi kandungan surat Ar Rum ayat 21?

Surat Ar Rum menarangkan mengenai seputar pernikahan, setidaknya ada 2 garis besar mengenai apa isi kandungan dari surat Ar Rum ayat 21.

Pertama, sudah jadi sunatullah kalau pendamping hidup manusia haruslah pria serta perempuan dari kalangan manusia, bukan dengan makhluk lain semacam binatang ataupun kalangan jin. Pernikahan terjalin buat memberikan manfaat ataupun faedah yang besar untuk manusia.

Kedua ialah supaya merasa tenteram dalam bahtera rumah tangga. Ada 3 faktor ketentraman dalam rumah tangga, yaitu sakinah, mawaddah, serta rahmah.

Sakinah merupakan perasaan nyaman, damai, serta tenang pada yang pendamping yang dicintainya. Artinya ialah suami menjadikan istri selaku tempat buat berteduh supaya merasa nyaman serta tenang, demikian juga sebaliknya.

Mawaddah merupakan perasaan pasangan yang mau bersama serta bersatu. Secara bahasa, mawaddah diartikan selaku cinta kasih, persahabatan, serta keinginan buat bersama.

Rahmah mempunyai arti kelembutan serta kasih sayang yang berkembang sebab adanya sesuatu jalinan khusus, begitu juga perihalnya cinta orang tua kepada buah hatinya serta pula kebalikannya.

Seperti itu keterangan dari Islamtwins.com mengenai wamin ayatihi an khalaqa lakum yang ada dalam surat Ar Rum ayat 21. Semoga postingan ini dapat menambah wawasan kalian tentang islam

0 Response to "Wamin Ayatihi An Khalaqa Lakum Artinya Ini, Penggalan Surat Ar Rum Ayat 21"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close