Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wata'awanu Alal Birri Wattaqwa Artinya Apa Dalam Surat Al Maidah Ayat 2

Wata'awanu Alal Birri Wattaqwa

Wa taawanu alal birri wattaqwa artinya ialah Dan tolong - menolonglah kamu dalam ( mengerjakan ) kebajikan dan takwa. Yang merupakan perintah kepada orang - orang beriman untuk saling tolong menolong dalam kebaikan.

Wataawanu alal birri wattaqwa ialah penggalan dari surat Al Maidah ayat 2, surat ini tercantum dalam surat Madaniyah yakni surat yang diturunkan di kota Madinah.

Surat Al Maidah terdiri atas 120 ayat, ialah surat ke 5 dalam Al Quran. Surat ini dikenal Al Maidah yang dalam bahasa arab berarti suguhan sebab memuat cerita para pengikut setia Nabi Isa meminta pada Nabi Isa supaya Allah menurunkan buat mereka Al Maidah ( hidangan makanan ) dari langit.

Selanjutnya penggalan potongan ayat dari surah Al quran, ialah Al maidah ayat 2, ALLAH Ta’ ala berfirman,

Surat Al Maidah Ayat 2

•  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُحِلُّوْا شَعَاۤىِٕرَ اللّٰهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَاۤىِٕدَ وَلَآ اٰۤمِّيْنَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُوْنَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۗوَاِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوْا ۗوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ اَنْ صَدُّوْكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اَنْ تَعْتَدُوْۘا وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

yā ayyuhallażīna āmanụ lā tuḥillụ sya'ā`irallāhi wa lasy-syahral-ḥarāma wa lal-hadya wa lal-qalā`ida wa lā āmmīnal-baital-ḥarāma yabtagụna faḍlam mir rabbihim wa riḍwānā, wa iżā ḥalaltum faṣṭādụ, wa lā yajrimannakum syana`ānu qaumin an ṣaddụkum 'anil-masjidil-ḥarāmi an ta'tadụ, wa ta'āwanụ 'alal-birri wat-taqwā wa lā ta'āwanụ 'alal-iṡmi wal-'udwāni wattaqullāh, innallāha syadīdul-'iqāb

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala'id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.

Allah mengharuskan buat orang - orang mukmin supaya saling tolong- menolong sesama mereka dalam melakukan kebaikan serta bertakwa, buat kebutuhan serta kebahagiaan mereka.

Dilarang tolong - menolong dalam melakukan dosa serta pelanggaran dan menyuruh biar senantiasa bertakwa pada Allah supaya bebas dari siksaan Nya yang amat berat.

Makna Surat Al Maidah Ayat 2

surat al maidah ayat 2

Potongan ayat Wa taawanu alal birri wattaqwa artinya adalah Dan tolong - menolonglah kalian dalam ( melakukan) kebajikan serta bakti. Yang ialah perintah pada banyak orang beragama buat silih bantu membantu dalam kebaikan.

Bagi pemeluk islam buat saling tolong menolong agar terpelihara ukhuwah islamiyah diantara pemeluk islam. Yang diartikan ukhuwah islamiyah ialah persatuan dalam pemeluk islam, dimana kita berupaya buat menjadikan seluruh orang yang seiman, telah mengucap kalimat syahadat selaku saudara, tidak memandang batasan etnis, suku bangsa, warna kulit, negara, dan perbandingan yang lain.

Untuk memperoleh sifat ini maka seseorang mukmin wajib menyatakan diri selaku umat Nabi Muhammad, sehingga umat nabi ini ialah satu, janganlah katakan saya sendiri, saya madzab syafii, saya muhammadiyah, yang mana esok hendak memunculkan kegaduhan apabila kita sangat fanatik akan perbandingan ini.

Perihal ini cocok dengan firman ALLAH “ Orang - orang beriman itu bersaudara. Maka eratkanlah hubungan antara kedua saudaramu itu dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat. ( al Hujurat: 10)”

Isi kandungan dari Surat Al Maidah Ayat 2 ialah:

  • Supaya kalangan muslimin memenuhi janjinya serta berpedoman teguh atas ikrar tersebut
  • Syairat bahwa pada dikala haji semua orang termasuk hewan dipastikan keamanannya
  • Tidak boleh berbuat dzolim dengan alibi permusuhan
  • Bahwa seluruh bentuk kerjasama wajib didasarkan takwa, keadilan serta kebaikan
  • Perintah buat saling bantu membantu dalam kebaikan

Begitu pembahasan pendek wataawanu alal birri wattaqwa artinya" Dan tolong menolonglah kamu dalam ( mengerjakan) kebajikan dan takwa."

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Wata'awanu Alal Birri Wattaqwa Artinya Apa Dalam Surat Al Maidah Ayat 2"