-->

Apa Alasan Bangsa Arab Menyembah Berhala? Inilah Penyebab nya

hpk
Apa Alasan Bangsa Arab Menyembah Berhala

Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah yang diperintahkan buat membawa umat manusia berjalan dari belenggu kebodohan. Salah satu kebodohan yang dicoba pada zaman dahulu ialah memuja berhala.

Catatan ilmu sejarah mengatakan bangsa Arab pra Islam selaku bangsa jahiliyah. Kondisi itu berbanding terbalik dengan bangsa Arab sehabis datangnya Islam serta era modern dikala ini.

Mulanya bangsa Arab Quraisy mengikuti anutan Nabi Ibrahim AS ialah agama Hanifiyah. Tetapi seiring waktu, anutan itu alami pergantian yang tidak bertanggung jawab dari para pengikutnya.

Sampai timbul bermacam anutan yang meragukan, semacam memuja berhala yang dibawa oleh Amr bin Luay al Khuzai. Amr bin Luay al Khuzai ialah orang yang membawa ajaran menyembah berhala kepada masyarakat Arab.

Pada dikala itu, bangsa jahiliyah mulai banyak yang memuja berhala ataupun patung - patung. Berhala itu dibuat sendiri oleh mereka dari batu, kayu serta logam. Amr bin Luay al Khuzai menaruh suatu berhala besar bernama Hubal yang dibuat dari batu akik berwarna merah berupa patung manusia.

Berhala Hubal ialah nama berhala terbesar orang arab serta menjadi berhala yang paling dimuliakan seluruh kaum Quraisy dan bahkan seluruh kabilah atau suku di Arab pada masa Jahiliyah.

Berhala ditempatkan di sisi Kabah. Ia juga menyeru pada masyarakat Hijaz agar memuja berhala itu. Dorongan memuja berhala berawal dari tradisi meninggalkan Makkah dengan membawa batu dari tanah Haram.

Bentuk penyembahan lain yang dianut bangsa Arab pra Islam ialah:

  • Menyembah malaikat
  • Memuja jin, ruh leluhur, serta hantu
  • Memuja bintang

Lalu mengapa orang arab menyembah berhala? Selanjutnya ini merupakan jawaban perihal apa alasan bangsa Arab menyembah berhala, Juga akan dipaparkan secara pendek tentang penyembahan berhala itu.

Apa Alasan Bangsa Arab Menyembah Berhala

Sebagaimana yang difirmankan oleh Allah SWT

" Apakah mereka mempersekutukan ( Allah dengan) berhala - berhala yang tak mampu membuat sesuatupun? Sedangkan berhala - berhala itu sendiri buatan orang." ( Al- Araaf 7: 138).

Alasan bangsa arab menyembah berhala tidak lain sebab mereka berpikiran kalau dengan objek ataupun perantara, maka tuhan hendak semakin dekat dengan mereka. Dengan kata lain, mereka memuja berhala sebab ingin ada tuhan yang terlihat serta dekat pada mereka. Meski itu terbuat dari tangan mereka sendiri.

Orang Arab pula yakin kalau berhala ini bisa jadi perantara dalam doa mereka kepada Allah serta bisa menolong mengabulkan permohonan mereka.

Bangsa Arab saat sebelum menyebarnya ajaran Islam menganut sistem keyakinan politheisme. Maksudnya bangsa Arab yakin adanya menyembah banyak dewa - dewa ataupun malaikat.

Terdapat ratusan dewa yang disembah, yang mana berhala ini ditempatkan di dalam Kabah. Tetapi terdapat 3 dewa penting untuk orang Arab pada era Jahiliyah ialah:

  • Latta: mempunyai kuil di kota Taif
  • Al Uzza: mempunyai kuil di Nakhla
  • Manah: mempunyai kuil di Qudayd,

Penyembahan ini dilandasi keyakinan kalau ketiga dewa inu merupakan anak perempuan dari Allah, yang bisa dimintai bantuannya, bisa dimintai pertolongan serta perlindungan.

Kala seorang mau bepergian, misalnya akan berniaga, mereka berikan sesaji ke berhala ini serta memohon bantuan supaya perjalanan mereka berhasil. Mereka membuat ikat janji apabila perjalanan itu berhasil mereka hendak memberikan sesajian selaku rasa terima kasih mereka.

Ketiga berhala ini diyakini bisa menolong mengantarkan permohonan doa pada Allah. Alhasil kala orang Arab berharap mereka berdoa, tidak langsung pada Allah namun dengan memohon bantuan ketiga berhala ini.

Sehabis Nabi Muhammad menerima wahyu, ia mengarahkan kalau keyakinan ini salah, kalau Allah tidak mempunyai anak perempuan, serta kalau dalam berdoa tidak sepatutnya memakai berhala selaku perantara. Melainkan Allah ialah satu - satunya tuhan serta manusia wajib memohon pertolongan langsung kepadanya. Anutan ini misalnya tertuang dalam surat Al Ikhlas.

Demikianlah keterangan mengenai apa alasan bangsa arab menyembah berhala. Mudah- mudahan dengan adanya postingan perihal mengapa orang arab menyembah berhala ini bisa menambah pengetahuan kamu mengenai islam. 

0 Response to "Apa Alasan Bangsa Arab Menyembah Berhala? Inilah Penyebab nya"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close