-->

Ya Rahman Ya Rahim Arab, Latin dan Artinya, Asmaul Husna yang Paling Sering Diucapkan, Ternyata Ini Maknanya

hpk
Ya Rahman Ya Rahim Arab

Ya Rahman Ya Rahim kerap diucapkan selaku awal doa supaya tercurah seluruh kasih sayang serta rahmat dari Allah SWT. Ya Rahman Ya Rahim ialah nama - nama Allah yang indah serta baik ( Asmaul Husna).

Ya Rahman Ya Rahim ataupun Ar Rahman serta Ar Rahim ialah bagian dari 99 Asmaul Husna nama- nama Allah SWT. Ya Rahman artinya Maha Pemurah ataupun Pengasih, serta Ya Rahim artinya Maha Penyayang.

Dituturkan dalam Alquran kalau orang yang hafal Asmaul husna hendak allah berikan balasan yang baik untuk masing - masing hamba Nya yang melibatkan asmaul husna dalam tiap doanya.

وَلِلّٰهِالْاَسْمَاۤءُالْحُسْنٰىفَادْعُوْهُبِهَاۖوَذَرُواالَّذِيْنَيُلْحِدُوْنَفِيْٓاَسْمَاۤىِٕهٖۗسَيُجْزَوْنَمَاكَانُوْايَعْمَلُوْنَ

Artinya: Allah mempunyai asmaul husna, maka bermohonlah kepada Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang - orang yang menyimpang dari kebenaran dalam ( menyebut ) nama - nama Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan". ( QS. Al Araf: 180).

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah Saw bersabda:

"إِنَّلِلَّهِتَعَالَىتِسْعَةًوَتِسْعِينَاسْمًا،مِائَةٌإِلَّاوَاحِدًا،مَنْأَحْصَاهَادخلالجنة،وهووتريُحِبُّالْوِتْرَ"

Artinya: Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan julukan, alias seratus kurang satu. Barang siapa yang menghitung - hitungnya, tentu masuk surga; Dia Witir serta menyukai yang witir".

Ya Rahman Ya Rahim Arab, Latin dan Artinya

Selanjutnya ini merupakan uraian arti Ya Rahman Ya Rahim ataupun Ar- Rahman Ar- Rahim.

1. Ya Rahman alias Ar Rahman (الرَّحْمَنُ)

Ya Rahman ataupun Ar Rahman artinya Maha Pengasih.

Allah SWT merupakan Dzat yang Maha Pemurah kepada semua makhluknya tanpa terkecuali, kasih sayangnya dilimpahkan pada semua makhluk ciptaan Nya baik yang taat ataupun yang ingkar.

2. Ya Rahim ataupun Ar Rahim (الرَّحِيمُ)

Ya Rahim ataupun Ar Rahim artinya Yang Maha Penyayang.

Ada pula sifat Ar Rahim ( Maha Penyayang ) itu merupakan khusus untuk hamba - hamba Allah yang beriman.

Perbandingan sifat Ar Rahman serta Ar Rahim ialah Bila Ar Rahman merupakan maha pengasih buat seluruh makhluk sebaliknya Ar Rahim merupakan maha penyayang buat hamba Nya yang beriman.

Tetapi, apa perbedaannya dari pada dzikir Ya rohman serta Ya rohim itu? Keduanya merupakan susunan frasa yang tidak dapat terpisahkan antara satu dengan yang lain.

Yang mana mereka bagaikan koin terbagi, dengan 2 bagian yang saling melengkapi. Ada Ya rohman, yang Maha kasih, serta Ya rohim, yang Maha penyayang.

Kasih dan sayang, 2 perihal yang merupakan keinginan dari manusia, buat bisa terus hidup, merasakan cinta kasih dari banyak orang yang ada di sekitar, lebih- lebih dari Sang Maha Kuasa.

Walaupun berdampingan tampaknya perihal itu berlainan, terutama dalam pemaknaannya. Alhasil sasaran dari perasaan dan hikmah yang bisa didapat dari dzikirnya juga berlainan. Semacam yang telah dipaparkan lebih dahulu, kalau keduanya mempunyai perbandingan dalam pemaknaan.

Ya Rahman

Ya Rahman artinya Yang Maha Pengasih. Maha pemberi keberkahan dari tiap rezeki( halal) yang kita miliki atas profesi yang kita jalani. Alhasil seluruh keinginan terkabul, cukup serta tidak ada kekurangan apapun.

Sampai hal itu memberikan dampak pada dzikir kita, yang mana bertujuan supaya kita jadi orang yang ingat pada Allah, tidak lupa, serta senantiasa ingat kalau kia merupakan makhluk Allah yang senantiasa memohon berada dalam kasih- Nya.

Ya Rahim

Ya Rahim artinya Maha Penyayang. Maha suci Allah dengan seluruh kasih sayang pada ummatnya. Serta tidak pernah tidak adil buat mencintai seluruh makhluk yang terdapat di dunia.

Sampai pada suatu tafsiran yang mana kata itu tertuju cuma pada makhluk Allah yang beriman. Perihal itu berdasar pada satu surat yang artinya:

    Dan Dialah ( Allah) maha penyayang kepada orang - orang yang beriman

    Qs. Al- Ahzab: 43

Sehingga tujuan dalam berdzikir mendendangkan asma Allah Ya rohim, hikmah yang bisa kita rasakan yakni orang - orang yang ada pada sekitar kita, mereka hendak merasakan alangkah ketulusan kita kepada mereka.

Rasa kasih sayang hendak tersampaikan dengan cepat serta mudah. Tanpa adanya penghalang apapun itu. Niscaya semua orang hendak merasakannya.

Dialah Yang Maha Pengasih serta Maha Penyayang, Pemilik serta sumber sifat kasih, Yang menganugerahkan seluruh macam anugerah, baik besar ataupun kecil, pada semua makhluk, Maha Penyayang Yang senantiasa tidak henti berikan kasih serta kebaikan pada orang- orang yang beriman.

Rasulullah bersabda: “ Siapa yang kasih sayang walaupun pada seekor burung ( pipit ) yang disembelih, hendak disayangi Allah pada hari Kiamat. ( Riwayat al Bukhari )

Arti hadis yang diatas yakni memakai aturan ( bismillah ) serta tata cara pada waktu menyembelih burung, misalnya mengenakan pisau yang tajam.

Demikian ulasan mengenai Ya Rahman Ya Rahim artinya Maha Pengasih serta Maha Penyayang yang bisa Islamtwins.com sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Ya Rahman Ya Rahim Arab, Latin dan Artinya, Asmaul Husna yang Paling Sering Diucapkan, Ternyata Ini Maknanya"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close