-->

Ceramah Tentang Menuntut ilmu, Penuh Nasihat Bijak

hpk
ceramah tentang menuntut ilmu

Tidak ada kata terlambat buat berdakwah. Salah satunya dapat dicoba dengan melakukan ceramah singkat tentang menuntut ilmu.

Kenapa harus tentang menuntut ilmu? Karena, Islam begitu mengutamakan ilmu yang berarak dengan akhlak. Bisa jadi kalian sendiri pula sempat mendengar topik itu disampaikan oleh seorang pembicara ataupun penceramah.

Mempelajari ilmu sembari membagikannya pada orang banyak barangkali bakal memberikan pahala yang berlipat untuk orang yang melaksanakannya. Menuntut ilmu amat disarankan agar sanggup menjadi sosok yang berwawasan luas. Jadi, kalian perlu mencarinya hingga akhir hayat. Tetapi, mencarinya tidak wajib lewat bangku sekolah.

Salah satu penanda mukmin yang tinggi derajatnya ialah mukmin yang mempunyai pengetahuan serta ilmu luas.

Maka dari itu, ilmu ( yang baik ) perlu dicari sampaiakhir hayat selaku usaha buat memantapkan kepercayaan serta taqwa.

Janganlah sampai kita wafat dalam kebodohan sebab malas dalam menuntut ilmu. Genderang buat bergejolak mencari ilmu juga pantas diserukan baik lewat ceramah, kultum, khutbah serta ataupun pidato. Selanjutnya merupakan contoh bacaan ceramah tentang menuntut ilmu yang dapat digunakan.

Contoh Ceramah Tentang Menuntut ilmu

Asalamu’ alaikum warah matullahi wabarakatuh

Segala Puji Hanya milik Allah Rabb semestaalam, yang sudah memberikan pada kita bermacam nikmat- Nya, mulai dari nikmat sehat, nikmat kesempatan serta nikmat yang sangat besar ialah nikmat Iman serta Islam. Shalawat serta salam tetap kita Limpahkan pada nabi junjungan, nabi Muhammad saw, beserta keluarga, sahabat, serta pengikutnya sampai akhir zaman.

Kaum muslimin rohimakumullah.

Pada peluang yang mulia ini izinkan saya berbagi kebaikan, dalam perihal berbagi ilmu pengetahuan mengenai ilmu“ Menuntut Ilmu”.

Ilmu adalah perihal penting dalam peradaban umat manusia. Karena, sanggup menjadikan orang lebih pintar serta ahli dalam bermacam hal. Selain itu pula amat menolong dalam memecahkan permasalahan ataupun perkara hidup.

Mencari ilmu ialah wujud ibadah yang tidak akan terputus. Begitu juga imbauan menuntut ilmu dari buaian sampai liang lahat, maka amalan ini menggambarkan amalan yang wajib terus dilakukan.

Sepanjang ini, kita menyangka ilmu agama ialah suatu yang tidak penting, sebab mayoritas kita tidak mengenali kalau menuntut ilmu dalam agama Islam ialah sesuatu kewajiban.

Salah satunya saaat Rasullullah SAW bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

( Tholibul ilmi faridhotan a’ la kulli muslimin )

Artinya:“ Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.”( HR Ibnu Majah)

Kaum Muslim rohimakumullah.

Dalam agama kita menuntut ilmu sangat diwajibkan untuk pria serta prempuan disebabkan ilmu kamu menghantarkan pemiliknya pada kemulian serta kebahagian hidup. Kebahagian hidup di dunia serta akhirat bila mau digapai wajib dengan ilmu, sedemikian itu mulianya orang - orang yang menuntut ilmu sampai - sampai Rasulullah Shollahu Alaihi Wasallam menerangkan kalau barang siapa yang mengharapkan kebahagian hidup wajib dengan ilmu.

Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ, وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْممِ, وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

“ Barang siapa menginginkan kebahagian dunia, maka tuntutlah ilmu serta barang siapa yang mau kebahagian akhirat, tuntulah ilmu dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, tuntutlah ilmu pengetahuan. "( Al - hadis )

Ini maksudnya kalau agama islam mewajibkan untuk pemeluknya buat menuntut ilmu, sebab seluruh ibadah serta kebaikan tanpa ilmu akan percuma belaka. Oleh sebab itu lebih mulai orang yang berilmu dibandingkan dengan orang yang ahli ibadah namun tidak berilmu, apalagi iblis saja khawatir dengan orang yang ahli ilmu dari dari ahli ibadah.

Semakin kita mempunyai ilmu, keinginan serta kebahagiaan dunia dapat kita rengkuh, sedemikian itu pula impian kebahagiaan di akhirat dapat kita rasakan. Maka dari itu, hadirin sekalian, menuntut ilmu begitu amat diprioritaskan.

Dengan ilmu hidup jadi mudah, terlebih dunia semakin maju, ilmu pengetahun semakin canggih, dunia telah mulai terbuka, persiapkana diri kita dengan bekal ilmu yang banyak serta dan iman yang kokoh supaya ilmu tidak di salah gunkan.

Itulah yang dapat dilakukan. Mudah - mudahan apa yang sudah dilakukan dalam mencari ilmu memperoleh limpahan pahala dari Allah SWT.

Wallahu‘ alam

Wassalamualikum Warohmatullahi wabarokatuh.

Begitu ilustrasi khotbah pendek mengenai menuntut ilmu yang bisa islamtwins.com sampaikan. Mudah - mudahan ilmu yang kita pelajari nanti bisa membawa berkah. 

0 Response to "Ceramah Tentang Menuntut ilmu, Penuh Nasihat Bijak"

Posting Komentar

Gunakan bahasa yang baik dan benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close