Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Qul A'udzu Birabbinnas, Arti dan Makna yang Terkandung Didalam nya

Qul A'udzu Birabbinnas

Qul A'udzu Birabbinnas artinya Katakanlah ( Nabi Muhammad ), “ Aku berlindung kepada Tuhan manusia, Qul audzu birabbinnas ialah lafaz dari Surat An Nas Ayat 1.

Surat An Nas berisi mengenai Allah yang memerintahkan Nabi Muhammad termasuk pula di dalamnya semua umatnya supaya memohon perlindungan pada Tuhan yang menciptakan, melindungi, menumbuhkan, mengembangkan, serta melindungi kelangsungan hidup manusia dengan nikmat serta kasih sayang Nya dan memberi peringatan pada mereka dengan ancaman - ancaman Nya.

Dapat disimpulkan dari perintah dari surat an nas perihal untuk apa manusia diciptakan, ialah Manusia diciptakan Allah SWT bertujuan buat beribadah kepada Nya serta menjadi khalifah Allah SWT di muka bumi ( Khalifah Allah fi al- Ardh ).

Selanjutnya ini ialah bacaan Surat An Nas Ayat 1 yang berbunyi Qul audzu birabbinnas arab latin serta artinya.

Arti Qul A'udzu Birabbinnas

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِۙ 1

Qul a’użu birabbin-naas

Artinya: Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, (QS An Nas Ayat 1)

Surat An Nas turun dikala Nabi Muhammad Saw. terpengaruh sihir Labid bin al- Asham dari Bani Zuraiq. 2 surat ini diturunkan buat dibacakan selaku penyembuh dari sihir itu.

Surat An Nas pula diucap surat Al Muaqqiżataan ataupun" 2 perlindungan" bersama dengan surat Al Falaq. Surat An Nas turun di kota Makkah alhasil surat itu masuk dalam kalangan surat Makkiyah yang terdiri dari 6 ayat, surat ke 114, juz 30 dalam kitab suci Al Quran.

Manfaat dari Dahsyatnya Surah An Nas

Qul A'udzu Birabbinnas

Sejumlah surah dalam Al Quran memiliki manfaat serta keistimewaan khusus, salah satunya surah An Nas. Surah ini mempunyai banyak manfaat serta keistimewaan yang wajib kamu tahu.

Surah An Nas hendak mencegah pembacanya dimanapun berada dari gangguan - gangguan serta keadaan buruk yang hendak mengenai kita. Surah An Nas serta Surah Al Falaq, senantiasa berdampingan serta mempunyai arti yang nyaris serupa.

Dua surah ini dalam Al Quran diucap Al Muawwidhatan yang artinya," Sebagai ayat pelindung".

Selanjutnya ini manfaat membaca surah An Nas yang harus kamu tahu:

1. Surat yang jadi obat untuk pembacanya

Nabi Muhammad Saw. bersabda,“ Barangsiapa yang membaca surat ini ( Surat Muawwidzatain ) atas orang yang sakit, maka dengan izin Allah sampai subuh, surat ini jadi obat untuk orang yang membacanya.”

Rasulullah Saw. bersabda, “ Barangsiapa yang membacanya saat sebelum tidur, maka ia dalam penjagaan Allah sampai fajar.

Surat ini jadi penjaga dari segala penyakit, rasa sakit serta bencana, ia jadi obat untuk orang yang membacanya.”

2. Hendak terpelihara hingga hari kematian

Salah satu keistimewaan serta manfaat kala kita membaca surah An Nas ialah mendapatkan penjagaan diri hingga hari kematian menjemput. ( Mafatihul Jinan 479 ).

3. Surat yang jadi pembebas Rasulullah dari sihir.

Zaim bin Arqam sempat menceritakan kalau Nabi sempat disihir oleh seseorang Yahudi, sampai dia sakit sepanjang beberapa hari. Jibril juga mendatanginya dengan membaca Surat Muawwidzatain, serta mengatakan,“ Seorang Yahudi sudah menyihirmu serta sudah mengikat beberapa bahul di sumur Fulan.”

Nabi mengutus Ali bin Abi Thalib buat mengeluarkan buhul dari sumber itu serta membawanya pada Baginda. Kemudian Baginda memerintahkah Ali buat melepaskan ikatan itu sampai Nabi bisa berdiri seakan - akan baru terbebas dari ikatan.

Tetapi Baginda tidak menyampaikan perihal itu pada Yahudi yang sudah menyihir itu. Saya pula tidak sempat lagi melihat wajahnya. ( HR. Ahmad )

4. Bisa dijadikan doa ataupun amalan supaya dijauhkan dari jin serta gangguannya.

Ash - Shidiq berkata,“ Barangsiapa yang membacanya tiap malam di dalam rumahnya, sehingga ia aman dari jin serta gangguannya. Serta barangsiapa yang menulisnya serta mengalungkannya pada anak - anak kecil, maka mereka terlindungi dari jin, dengan izin Allah.” ( Tafsirul Burhan, Juz 8: 444 )

5. Buat ruqyah

Imam Jafar Ash - Shadiqi sempat mengatakan, berkat bahwa " Jibril tiba pada Rasulullah SAW kala lagi sakit kemudian JIbril lah yang meruqiyahnya dengan membaca surah Al Falaq serta surah An Nas, JIbril berkata" Dengan nama Allah aku ruqiyahmu Allah pasti menyembuhkan kamu dari segala penyakit ambillah surah ini niscaya ia akan terjaga dari segala penyakit, ( Tafsir Nur Tsaqalayn 5 atau 725 ).

Demikian postingan dari islamtwins.com perihal arti ayat qul audzu birabbinnas arab latin beserta manfaat bagi pembacanya. Mudah - mudahan kita dimudahkan buat istiqomah dalam membacanya.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Qul A'udzu Birabbinnas, Arti dan Makna yang Terkandung Didalam nya"