Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Innama Amruhu Idza Aroda Syaian Ayyakulalahu Kun Fayakun Arab, Latin dan Artinya, Kasiat Surat Yasin Ayat 82

Innama Amruhu Idza Aroda Syaian Ayyakulalahu Kun Fayakun Arab

Lafaz Innama amruhu idza aroda syaian ayyakulalahu kun fayakun artinya Sesungguhnya ketetapan-Nya, jika Dia menghendaki sesuatu, Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka, jadilah (sesuatu) itu.

Innama amruhu idza Aroda syaian Ayyakulalahu Kun Fayakun ayat ke 82 dari surat Yasin. Surat Yasin ayat 82 Innama amruhu idza aroda syaian ayyakulalahu kun fayakun kerap kali dilafalkan dalam tahlil ataupun dzikir.

Tetapi, apa maksud dari Innama amruhu idza aroda syaian ayyakulalahu kun fayakun yang ada dalam Surat Yasin ayat 82 ini? Apalagi, banyak yang hanya melafalkan Kun Fayakun selaku doa ataupun slogan dalam kehidupan sehari, tanpa menyebut Innama amruhu idza aroda syaian ayyakulalahu kun fayakun.

Selanjutnya ini merupakan bacaan surat Yasin ayat 82 yang berbunyi Innama amruhu idza aroda syaian ayyakulalahu kun fayakun arab latin serta artinya.

Innama Amruhu Idza Aroda Syaian Ayyakulalahu Kun Fayakun Arab, Latin dan Artinya

اِنَّمَآ اَمْرُهٗٓ اِذَآ اَرَادَ شَيْـًٔاۖ اَنْ يَّقُوْلَ لَهٗ كُنْ فَيَكُوْنُ

Innamaaa amruhuu idzaaa araada syaian an yaquula lahuu kun fayakuun.

Artinya: Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu. (QS. Yasin ayat 82).

Surat Yasin turun di kota Makkah alhasil surat ini masuk dalam kalangan surat Makkiyah. Surat Yasin berjumlah 83 ayat, nomer surat ke 36, Juz 22 ( ayat 1 - 21 ) serta 23 ( ayat 22 - 83 ) dalam kitab suci Al Quran.

Diambil dari Tafsir Quran Kemenag, surat Yasin ayat 82 gunanya untuk membuktikan kekuasaan Allah alangkah mudah bagi Nya menciptakan sesuatu. Sebetulnya urusan Nya menciptakan seluruh sesuatu amatlah gampang bagi Nya.

Bila Ia menginginkan buat menciptakan sesuatu, Ia cuma berkata kepadanya, “ Jadilah! ” Maka dengan spontan jadilah sesuatu yang dikehendaki Nya itu.

Mengingat kekuasaan Nya yang begitu besar, sehingga adanya hari kebangkitan itu, di mana orang dihidupkan Nya kembali setelah terjadinya kehancuran di hari Akhir zaman, tidaklah suatu perihal yang tak mungkin.

Dialah yang menciptakan, mengatur, dan memeliharanya, serta kepada- Nya pula kamu dikembalikan. Keyakinan akan kekuasaan Allah hendak muncul dalam hati bila orang ingin memakai akal sehatnya buat memperhatikan alam semesta ini.

Tafsir perihal kekuasaan Allah yang menginginkan sesuatu dengan satu kata sempat diucapkan Rasulullah SAW.

Diriwayatkan dari Abi Dzar, kalau Rasulullah SAW sudah bersabda:

عَنْ أَبِي ذَر، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "إِنَّ اللَّهَ يَقُولُ: يَا عِبَادِي، كُلُّكُمْ مُذْنِبٌ إِلَّا مِنْ عَافَيْتُ، فَاسْتَغْفِرُونِي أَغْفِرْ لَكُمْ. وَكُلُّكُمْ فَقِيرٌ إِلَّا مَنْ أَغْنَيْتُ، إِنِّي جَوَادٌ مَاجِدٌ وَاجِدٌ أَفْعَلُ مَا أَشَاءُ، عَطَائِي كَلَامٌ، وَعَذَابِي كَلَامٌ، إِذَا أَرَدْتُ شَيْئًا فَإِنَّمَا أَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ".

Dari Abu Zar ra yang mengatakan bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw pernah bersabda: Sesungguhnya Allah Swt. berfirman, "Hai hamba-hamba-Ku, kalian semua berdosa terkecuali orang yang Aku maafkan. Maka mohonlah ampunan kepada-Ku, tentu Aku mengampuni kalian. Dan kalian semua miskin, kecuali orang yang Aku beri kecukupan; sesungguhnya Aku Maha Pemurah, Mahaagung, Mahakaya, Aku melakukan apa saja yang Kukehendaki. Pemberian-Ku hanya satu kata, dan azab-Ku hanya satu kata; apabila Aku menghendaki sesuatu, sesungguhnya Aku hanya mengatakan kepadanya, 'Jadilah!' Maka jadilah ia.”

Oleh sebab itu, senantiasa bermohohanlah pada Allah, bukan pada yang lain. Sebab bila Allah berkehendak, seluruhnya dapat terjadi. Dengan begitu makna dari ayat dalam QS. Yasin: 82 diatas ialah selaku pernyataan kalau Allah maha Kuasa buat menciptakan segala suatu tanpa lelah, tanpa kesusahan, serta tanpa ada siapapun yang bisa menghalangi- Nya. Dengan kata lain, kalau bagi Allah amat gampang buat menciptakan segala suatu yang Ia kehendaki, sesuatu itu dengan cepat hendak terjadi, tanpa ada janji sedikitpun dari waktu yang Ia kehendakinya.

Manfaat Baca Surat Yasin Ayat 82

Innama Amruhu Idza Aroda Syaian Ayyakulalahu Kun Fayakun

Keutamaan Surah Yasin ayat 82 amat banyak. Ada yang berkata kerap membaca surah Yasin ataupun kalimat kun fayakun, akan membagikan banyak khasiat seperti manfaat membaca Al Quran pada orang yang membacanya.

Kun fayakun ialah kalimat perintah Allah akan terjadinya suatu yang dihendakiNya yang menjadi ciri keistimewaan surat Yasin. Selanjutnya ialah berapa keutamaan surat yasin ayat 82:

  • Mengetahui Allah pencipta alam semesta
  • Mengetahui kalau Allah yang menciptakan manusia
  • Membuat yang tidak mungkin jadi mungkin
  • Mendapat jiwa yang tenang
  • Menguatkan keimanan
  • Keringanan dalam segala urusan
  • Dikabulkan permohonannya
  • Mengetahui kalau kita cuma mahluk lemah
  • Mengingatkan pada kematian
  • Dijauhkan dari bencana 

Demikian Penjelasan mengenai arti serta makna Innamaaa amruhuu idzaaa araada syaian an yaquula lahuu kun fayakuun dalam Surat Yasin ayat 82. 

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Innama Amruhu Idza Aroda Syaian Ayyakulalahu Kun Fayakun Arab, Latin dan Artinya, Kasiat Surat Yasin Ayat 82"