Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Surat Al Waqiah Ayat 23 Arab dan Latin Lengkap dengan Terjemahannya

Surat Al Waqiah Ayat 23

Berikut ini bacaan surat Al-Waqiah ayat 23 dalam tulisan arab serta latinnya. Surat Al-Waqiah terdiri atas 95 ayat serta ialah juz ke-27.

Al-Waqiah tercantum surat dari kalangan surah Makkiyah sebab turun saat sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah.

Surat ini dinamakan Al-Waqiah yang artinya Hari Kiamat serta diambil dari ayat pertama. Berikut bacaan surat Al Waqiah ayat 23

Surat Al Waqiah Ayat 23

Surat Al Waqiah Ayat 23 Arab dan Latin

23. كَاَمْثَالِ اللُّؤْلُؤِ الْمَكْنُوْنِۚ


Ka`amṡālil-lu`lu`il-maknụn

Artinya: laksana mutiara yang tersimpan baik.

"Layaknya permata tersembunyi yang terjaga dengan baik," demikianlah maknanya. Bidadari-bidadari itu seperti mutiara suci yang jernih, mempesona, dan terjaga dari pandangan manusia, hembusan angin, serta sinar mentari. Warna mereka adalah keindahan yang tak tercela, bebas dari cela sedikit pun. Demikian pula, bidadari-bidadari yang memandang dengan bijak, sempurna dan menakjubkan, tak memiliki cacat sedikit pun. Mereka adalah sang bidadari yang mempesona, dengan sifat-sifat yang penuh keindahan dan keajaiban.

Ayat ini mengatakan di dalam surga itu terdapat bidadari- bidadari yang bermata jeli laksana mutiara yang tersimpan baik. Bidadari bagaikan mutiara yang belum tersentuh tangan serta bersih dari debu sangat cantik serta menawan. Pada biasanya para mufasir menafsirkan ayat ini kalau yang diartikan dengan hawariyyun ialah wanita yang putih, matanya sangat jelas warna putih serta hitamnya.

Firman Allah:

Bidadari-bidadari yang dipelihara di dalam kemah kemah. Sehingga nikmat Tuhanmu yang manakah yang kalian dustakan? Mereka tidak pernah dijamah oleh manusia ataupun oleh jin lebih dahulu. ( arRahman/ 55: 72 - 74)

Baca Juga Manfaat Membaca Surat Al Waqiah setelah Sholat Subuh

Firman Allah dalam ayat lain:

Mereka bersandar di atas dipan- dipan yang tersusun serta Kami bagikan kepada mereka pendamping bidadari yang bermata indah.( ath - thur/ 52: 20)

Tafsir Ibnu Katsir : Ismail bin Umar Al- Quraisyi bin Katsir

Firman Allah Swt.:

laksana mutiara yang tersimpan.( Al Waqiah: 23)

Ialah penampilan mereka seakan-akan semacam mutiara dalam perihal keputihan serta kejernihannya, sebagaimana yang sudah disebutkan dalam tafsir surat Ash - Shaffat.

seakan - akan mereka merupakan telur (burung unta) yang tersimpan dengan baik.( Ash - Shaffat: 49)

Serta dalam tafsir surat Ar - Rahman sudah disebutkan pula cerminan tentang bidadari surga ini. Sebab seperti itu sehingga dalam firman berikutnya dari tulisan ini disebutkan:

Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan.( Al - Waqiah: 24)

Ialah seluruh sajian yang Kami suguhkan kepada mereka merupakan balasan dari amal baik yang sudah mereka kerjakan ( sepanjang di dunia).

Tafsir Quraish Shihab : Muhammad Quraish Shihab

Di sana pula ada wanita - wanita yang bermata lebar. Kebeningan serta keanggunannya bagaikan mutiara yang terlindungi. Balasan ini diberikan kepada mereka yang berbuat saleh di dunia. 

Demikian pembahasan yang dapat fahri sampaikan mengenai surat al waqiah ayat 23. Semoga dengan postingan ini, dapat mendekatkan kita semua ke arah yang lebih baik.

Posting Komentar untuk "Surat Al Waqiah Ayat 23 Arab dan Latin Lengkap dengan Terjemahannya"