Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah setelah Sholat Subuh

Membaca Surat Al Waqiah setelah sholat subuh merupakan ibadah bernilai pahala serta hendak membagikan syafaat nanti di hari kiamat untuk pembacanya.

Surat Al Waqiah artinya Hari Kiamat. Surat ini berjumlah 96 ayat tercantum surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah.

Kemudian apa manfaat membaca Surat Al Waqiah sehabis sholat subuh? Dalam hadits disebutkan waktu yang pas membaca Surat Al Waqiah ialah pada malam hari serta dikala sholat subuh. Khasiat orang yang teratur membaca Surat Al Waqiah nanti hendak menemukan syafaat di hari kiamat.

Baca Juga Surah Al Waqiah Ayat 27-40 Agar Keinginan Terkabul

Para ulama melaporkan manfaat membaca surat Al Waqiah padam masing- masing malam serta sehabis sholat subuh hendak dimudahkan serta dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, dan dijauhkan dari kefakiran.

Diriwayatkan Imam Ahmad kalau Jabir ibnu Samurah berkata kalau dulu Rasulullah Saw mengerjakan shalatnya sebagaimana kamu mengerjakan salat sekarang ini, namun shalat Nabi SAW agak sedikit ringan, serta lebih ringan daripada shalat kamu.

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah

Manfaat Membaca Surat Al Waqiah

Mufasir M Quraish Shihab dalam Tafsir Al Mishbah menerangkan, tema utama Surat Al Waqiah tentang Hari kiamat dan uraian apa yang hendak berlangsung di bumi, dan kenikmatan yang hendak diperoleh orang - orang bertakwa serta apa yang hendak dirasakan para pendurhaka perintah Allah SWT nanti di hari kiamat.

Al Biqai berkomentar kalau terdapat 3 kelompok ataupun kalangan yang dijabarkan dalam Surat Al Waqiah. kesatu, orang - orang yang dekat dengan Ar Rahman tampak mendahului orang- orang taat yang lain. Kelompok ini diucap As Saabiqun.

Kelompok kedua orang - orang taat tidak hanya mereka As Saabiquun ialah Ashabul Yamin, serta kelompok ketiga, orang - orang yang secara terang- terangan melaksanakan kedurhakaan serta berlagak munafik baik dari kelompok manusia ataupun jin. Mereka ini diucap ashabul masyamah. Berikut khasiat membaca Surat Al Waqiah sehabis sholat subuh:

Khasiat Membaca Surah Al Waqiah

Terdapat banyak khasiat membaca Surat Al Waqiah semacam yang disebutkan dalam sebagian hadits Nabi SAW:

1. Pelindung dari kefakiran


قَالَعَبْدُاللَّهِبْنُوَهْبٍ:أَخْبَرَنِيالسُّرِّيبْنُيَحْيَىأَنَّشُجَاعًاحَدَّثه،عَنْأَبِيظَبْيَة،عَنْعَبْدِاللَّهِبْنِمَسْعُودٍ،قَالَ:سَمِعْتُرَسُولَاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوسلميَقُولُ:"مَنْقَرَأَسُورَةَالْوَاقِعَةِكُلَّلَيْلَةٍلَمْتُصِبْهُفَاقَةٌأَبَدًا"


Abdullah ibnu Wahb berkata, telah menerangkan kepadaku As- Sirri ibnu Yahya, kalau Syuja sempat menerangkan hadis ini dari AbuZabyah, dari Abdullah ibnu Masud yang berkata kalau dia sempat mendengar Rasulullah Saw. bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al- Waqi’ ah tiap malam, tentu tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

2. Membuat Rambut Rasulullah SAW beruban


قَالَ أَبُو إِسْحَاقَ عَنْ عِكْرِمَة، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ أَبُو بَكْرٍ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَدْ شبتَ؟ قَالَ: "شيَّبتني هُودٌ، وَالْوَاقِعَةُ، وَالْمُرْسَلَاتُ، وعَمَّ يَتَسَاءَلُونَ، وَإِذَا الشَّمْسُ كُوِّرَتْ".


Abu Ishaq sudah meriwayatkan dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, kalau teman Abu Bakar sempat bertanya," Wahai Rasulullah, engkau nampak sudah beruban."

Rasulullah Saw. menanggapi: Telah membuatku beruban surat Hud, surat Al- Waqiah, surat Al- Mursalat, surat An- Naba, serta surat At- Takwir. Imam Turmuzi sudah meriwayatkan hadis ini, serta dia berkata kalau predikat hadis ini hasan garib.

Syeikh Abdullah Al Faqih menarangkan sebab Nabi shalallahu alaihi wa sallam berkata perihal itu sebab pada ayat- ayat ini ada isi menakut- nakuti terhadap azab Akhirat serta menggambarkan tentang cerminan surga."( Fatawa Asy Syabakah Al Islamiyyah Nomor 13140).

3. Pengingat Hari Kiamat

Surat Al Waqiah mengarahkan kepada manusia bakal jelasnya Hari Kiamat. Di awal surat Al Waqiah ditafsirkan dengan terbentuknya Hari Kiamat yang tanpa seseorang juga bisa menyangkalnya. Terdapat 3 kalangan manusia yang hendak menerima balasan sesuai apa yang mereka perbuat semasa hidup di dunia.

4. Kenikmatan Surga

Dalam Surat Al Waqiah ditafsirkan sifat- sifat surga untuk orang- orang taat kepada Tuhannya baik untuk kelompok orang- orang dahulu ataupun as sabiquun ataupun kelompok kedua yang taat kepada Allah SWT yang diucap Ashabul Yamin.

Disebutkan kalau Kelompok As Saabiqun mereka kekal di surga dengan bermacam kenikmatan yang diperolehnya ialah dipan- dipan ataupun tempat tidur yang berlapiskan emas serta permata dan dilayani para bidadari yang setia tanpa tersentuh ketuaan.

Sebaliknya untuk kelompok kedua ataupun asyhabul yamin, mereka dimanjakan dengan tumbuhan bidara serta tumbuhan pisang yang senantiasa ada dan kasur- kasur yang terbentang luas. Mereka pula disandingkan dengan pendamping hidup yang tiada taranya dibanding dikala di dunia.

Doa Surat Al Waqiah

Doa sehabis membaca Surat Al Waqiah sangat disarankan diamalkan selesai membaca surat tersebut. Masing- masing Pesan dalam Alquran mempunyai keutamaan, begitu juga dengan Surat Al Waqiah.

Berikut doa sehabis membaca Surat Al Waqiah yang diijazahkan KH Ali Maksum Krapyak:


الّلهُمَّإِنِّىأَسْأَلُكَبِحَقِّسُوْرَةِالْوَاقِعَةِوَأَسْرَارِهَاأنْتُيَسِّرَلِيْرِزْقِيكَمَايَسَّرْتَهُلِكَثِيْرٍمِنخَلْقِكَيَاأللهيَارَبَّالْعَالَمِيْنَ


Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Alloh yaa robbal‘ aalamiin.

Artinya:“ Ya Allah, sebetulnya saya meminta kepadaMu dengan kebenaran surat Waqi’ ah serta rahasia- rahasianya, supaya Engkau berkenan mempermudah rezekiku sebagaimana Engkau memudahkannya untuk mayoritas makhlukMu, ya Allah, ya robbal‘ alamin.”

Demikian ulasan mengenai manfaat membaca Surat Al Waqiah sehabis sholat subuh, ayo amalkan supaya menemukan pahala serta berlimpah keberkahan.

Wallahu Alam Bissawab 

Posting Komentar untuk "Manfaat Membaca Surat Al Waqiah setelah Sholat Subuh"