Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Menjadi Anak Sholeh? Ini Jawabannya!!

Manfaat Menjadi Anak Sholeh

Salah satu manfaat Anak yang salih ialah hadiah terindah untuk orang tua. Bila kamu mau jadi anak yang salih, maka dengarkanlah pengarahan orang tua.

Tiap orang tua pasti senantiasa menginginkan buah hatinya jadi anak yang soleh. Anak soleh ialah mereka yang patuh serta benar - benar melaksanakan ibadah serta beriman pada Allah SWT.

Perihal ini sebagaimana yang sudah dituturkan dalam Surat An Nisa ayat 69,

وَمَن يُطِعِ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ فَأُو۟لَٰٓئِكَ مَعَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمَ ٱللَّهُ عَلَيْهِم مِّنَ ٱلنَّبِيِّۦنَ وَٱلصِّدِّيقِينَ وَٱلشُّهَدَآءِ وَٱلصَّٰلِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُو۟لَٰٓئِكَ رَفِيقًا

Wa may yuṭi'illāha war-rasụla fa ulā`ika ma'allażīna an'amallāhu 'alaihim minan-nabiyyīna waṣ-ṣiddīqīna wasy-syuhadā`i waṣ-ṣāliḥīn, wa ḥasuna ulā`ika rafīqā

Artinya: Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.

Anak yang soleh pula wajib menyesuikan diri membantu orang tua, menjauhi pertengkaran, memohon maaf bila melakukan salah, berterima kasih bila mendapat bantuan serta menanamkan rasa hormat pada orang yang lebih tua. Untuk orang tua yang mau mendidik anaknya biar jadi salih, maka wajib mendidik dengan rasa cinta.

Manfaat Menjadi Anak Sholeh

Manfaat Menjadi Anak Sholeh

Terdapat banyak sekali manfaat jadi anak soleh yang perlu dikenal setiap Mukmin. Selanjutnya beberapa manfaat jadi anak soleh, antara lain:

  • Jadi anak yang salih hendak dicintai oleh Allah SWT.
  • Allah SWT hendak merahmati anak yang salih. Maka dari itu kita wajib bersikap baik pada orang tua.
  • Jadi anak yang salih hendak membuat semua orang menyukainya sebab semua anak yang salih bersikap sopan.
  • 2 pintu surga terbuka buat anak yang salih.
  • Memperoleh banyak pahala atas kebaikan yang sudah dilakukan.
  • Memperoleh ridho orang tua dalam bermacam perihal.
  • Memperoleh lindungan Allah SWT dikala berada di padang Mashar.

Allah akan suka dengan pribadi anak yang salih. Anak sholeh ialah anak yang berbakti pada orang tua, patuh perintah Allah serta mengikuti sunnah baginda Rasulullah. Anak yang salih merupakan anak yang terpelajar, mencintai kebaikan salih, menyayangi Allah, menyayangi Rasulullah, menyayangi Al Quran, mencintai Islam, serta setia pada orang tuanya. Kemudian Apa saja ciri ciri anak yang sholeh? Selanjutnya ialah ciri- ciri anak yang salih.

Ciri Ciri Anak Yang Saleh

1. Anak yang salih akan senantiasa cinta pada Allah SWT serta Rasul Nya. Anak yang salih hendak senantiasa mengikuti perintah serta ajaran Allah SWt dan Rasul Nya.

2. Melaksanakan ibadah wajib. Anak salih yang taat pula hendak memahami kalau mereka tidak bisa meninggalkan ibadah wajib, semacam sholat 5 waktu, puasa di bulan Ramadhan, serta lain - lain.

Dengan kesadaran penuh serta patuh, itu hendak berjalan dengan cara terbaik. Oleh sebab itu, mereka tidak sempat meninggalkan ibadah wajib serta berupaya buat melaksanakannya tepat waktu.

3. Mengerjakan ibadah sunnah. Tidak cuma mengerjakan ibadah yang wajib, anak - anak yang taat pula hendak mengikuti nasehat para rasul buat melaksanakan ibadah sunnah, semacam puasa pada hari senin serta kamis, ataupun melaksanakan salat sunah yang lain.

Tidak hanya ibadah semacam puasa serta shalat sunnah, anak - anak shaleh senantiasa berupaya berbuat baik pada sesama dengan beramal serta menolong orang yang membutuhkan.

4. Anak yang salih hendak senantiasa mengabdi pada kedua orang tuanya. Kita hendak senantiasa berbuat baik pada orang tua, mendengarkan nasihat orang tua serta menolong orang tua kita yang tengah kesusahan.

5. Anak yang salih hendak memiliki watak yang rendah hati serta tidak sombong. Anak yang salih paham kalau seluruh yang kita punya ialah milik Sang Pencipta, inilah yang membuat anak - anak salih rendah hati serta tidak sombong.

Demikianlah keterangan perihal apa manfaat menjadi anak salih beserta ciri ciri menjadi anak salih yang bisa islamtwins.com sampaikan. Untuk pembaca yang masih sekolah, maanfaatkan jawaban ini selaku pilihan, tetapi selaku catatan, adik- adik wajib belajar lebih banyak lagi dari materi lain.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Menjadi Anak Sholeh? Ini Jawabannya!!"