Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Subhanallah Wa bihamdihi Subhanallahil Adzim, Bacaan Dzikir yang Pahalanya Berat Ditimbangan

Subhanallah Wa bihamdihi Subhanallahil Adzim

Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim artinya ialah Maha Suci Allah dengan segala puji bagi- Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung. Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim ialah bacaan dzikir sehabis sholat.

Dzikir ialah cara mengingat Allah SWT dengan bermacam bacaan serta kalimat- kalimat thayyibah. Terdapat banyak sekali dzikir yang dapat diamalkan oleh pemeluk Islam. Salah satunya dzikir subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim yang cukup terkenal.

Selanjutnya ini merupakan tulisan Subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim arab, latin serta artinya.

Subhanallah Wa bihamdihi Subhanallahil Adzim Arab, Latin Dan Artinya

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ - سُبْحَانَ اللَّه الْعَظِيم

Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil adzim

Artinya: "Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung."

Kalimat Dzikir subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim ialah salah satu kalimat yang direkomendasikan oleh Rasulullah Saw dalam haditsnya selaku selanjutnya.

Rasulullah SAW bersabda, "Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai (oleh) Allah yang Maha Pengasih, yaitu kalimat subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil adzim". (HR. Bukhari 7/168 dan Muslim 4/2072)

Ada pula hadits yang lain mengenai subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim ialah sebagai berikut.

Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa mengucapkan subhanallah wabihamdihi seratus kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut.” (HR Muslim dan Tirmidzi)

Seluruh kalimat dzikir memiliki arti yang baik. Tetapi dzikir subhanallah wabihamdihi subhanallah hiladzim merupakan kalimat yang sangat ringan diucapkan tetapi mempunyai pahala yang berat ditimbangan kelak serta disukai oleh Allah SWT.

Lalu apa manfaat membaca subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim? serta subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim dibaca kapan? Berikut manfaat serta waktu yang baik membaca subhanallah wa bihamdihi subhanallahil adzim.

Manfaat Membaca Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim

Subhanallah Wa bihamdihi Subhanallahil Adzim

  • Orang yang berdzikir Dijanjikan Surga.
  • Hati Jadi Tentram.
  • Menjadi lebih dekat dengan Allah.
  • Orang yang Berdzikir Dikelilingi Malaikat serta Diliputi Rahmat.
  • Memperoleh 10 Kali Lipat Kebaikan.
  • Mendapat pahala menandingi pahala sholat sunnah.
  • Ditanamkan satu pohon kurma di surga.
  • Dzikir paling utama.
  • Lebih disukai Allah ketimbang infak gunungan emas.

Bacaan subhanallah wabihamdihi subhanallahil adzim dibaca sehabis melakukan sholat wajib ataupun sunnah. Perintah membaca bacaan dzikir sehabis sholat ada dalam Al Quran Surah An Nisa Ayat 103 selaku selanjutnya:

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا ١٠٣

Fa iżā qaḍaitumuṣ-ṣalāta fażkurullāha qiyāmaw wa qu‘ūdaw wa ‘alā junūbikum, fa iżaṭma'nantum fa aqīmuṣ-ṣalāh(ta), innaṣ-ṣalāta kānat ‘alal-mu'minīna kitābam mauqūtā(n).

Artinya: "Apabila kamu telah menyelesaikan salat, berzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring.

Nah, oleh sebab itulah kita selaku orang Islam ( muslim ) betapa baiknya melakukan dzikir sebanyak- banyaknya, sebab kita dianjurkan buat melakukan dzikir sebanyak - banyaknya.

Seperti itu ulasan mengenai subhanallah wa bihamdihi subhanallah hiladzim, bacaan dzikir sehabis sholat yang ringan diucapkan berat ditimbangan yang dapat islamtwins.com sampaikan. Semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Subhanallah Wa bihamdihi Subhanallahil Adzim, Bacaan Dzikir yang Pahalanya Berat Ditimbangan"