Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aroaitalladzi Yukadzibu Biddin Artinya Adalah, Surat Al Maun Ayat 1

Aroaitalladzi Yukadzibu Biddin Artinya

Apa arti dari surat Aroaital Ladzi Yukadzibu Biddin? Aroaital ladzi yukadzibu biddin artinya ialah" Tahukah kamu ( orang ) yang mendustakan agama?"

Lafaz aroaital ladzi yukadzibu biddin merupakan ayat kesatu dari surat Al Maun. Surat Al- Ma’ un ialah surat ke 107 dalam Alquran.

Surah al maun diturunkan di kota mekkah alhasil termasuk ke dalam kalangan surah Makkiyah serta terdiri dari 7 ayat. Kata al maun diambil dari ayat ke 7 surah Al Maun yang terdiri dari 7 ayat, surah Al Maun artinya hal - hal berguna.

Surat al maun diturunkan setelah surat Quraisy serta sebelum surat Al Kautsar, Selanjutnya tulisan Arab Latin dari surat al maun ayat 1-7 beserta artinya yang ada lafaz aroaital ladzi yukadzibu biddin.

Surat Al Ma'un ayat 1-7 Arab, Latin dan Artinya

Aroaitalladzi Yukadzibu Biddin Artinya

اَرَءَيْتَ الَّذِيْ يُكَذِّبُ بِالدِّيْنِۗ

a raaitalladzii yukadzdzibu biddiin

Artinya: Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?

 فَذٰلِكَ الَّذِيْ يَدُعُّ الْيَتِيْمَۙ - ٢

fadzaalikalladzii yadu''ul yatiim

Artinya: maka itulah orang yang menghardik anak yatim

 وَلَا يَحُضُّ عَلٰى طَعَامِ الْمِسْكِيْنِۗ - ٣

wa laa yaḥuḍḍu 'alaa ṭa'aamil-miskiin

Artinya: dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.

 فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّيْنَۙ - ٤

fa wailul lil muṣalliin

Artinya: Maka celakalah orang yang salat,

الَّذِيْنَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُوْنَۙ - ٥

alladziina hum 'an ṣalaatihim saahụn

Artinya: (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya,

الَّذِيْنَ هُمْ يُرَاۤءُوْنَۙ - ٦

alladziina hum yuraaụn

Artinya: yang berbuat riya

 وَيَمْنَعُوْنَ الْمَاعُوْنَ ࣖ - ٧

wa yamna'uụnal-maa'ụn

Artinya: dan enggan (memberikan) bantuan.

Surah al maun mengajarkan kita buat cinta serta peduli kepada sesama terutama anak yatim, yang menggambarkan simbol serta tujuan agama Islam. Di dalam surat Al Maun itu, Allah Subhanahu Wata’ala ( SWT ) mengaitkan agama dengan keberpihakan pada dhuafa.

Tidak hanya berkewajiban menyantuni anak yatim, serta fakir miskin, Al Maun pula menarangkan mengenai sholatnya orang munafik semacam yang dipaparkan dalam riwayat ayat di atas. Dalam surah itu dipaparkan, bagaimana seorang mukmin hanya melakukan sholat secara khusyuk cuma di depan mukmin yang lain sebab mau dipuji.

Sehingga orang ini tercantum dalam kalangan munafik, dan perbuatan tercela. Surah ini mengandung mengenai bahaya terhadap mereka yang menodai nilai - nilai ajaran agama Islam ialah mereka yang menindas anak yatim.

Jadi, surat Al Ma’un ingin menerangkan pada kita kalau mendustakan agama bukan hanya mengaku muslim namun tidak mau shalat, lebih dari itu mengaku mukmin namun tidak memiliki kepekaan sosial serta tidak peduli pada lingkungan.

Pada dasarnya isi utama Surat Al Maun menerangkan bahaya kepada kalangan yang menodai agama. Kalangan yang menodai agama ini disebut pula selaku pendusta agama.

Kandungan Surat Al Maun

Dalam suatu riwayat dipaparkan kalau 3 ayat awal dalam surat ini diturunkan sebab Abu Sufyan yang kerap memotong unta tiap pekan serta menghardik dan mengusir anak yatim, yang meminta daging unta. Tujuan diturunkan Nya Surah Al Maun selaku peringatan untuk manusia buat tidak mendustakan agama serta menghardik anak yatim.

Sedangkan ayat keempat dalam surat ini diturunkan bermaksud buat kalangan munafik yang shalat tetapi dengan tujuan pamer ataupun riya, alhasil mereka cuma akan shalat kala ada yang melihat saja.

Diambil dari buku Tafsir Al Asas, Darwis Abu Ubaidah ( 2012: 414 ), terdapat sebagian riwayat yang mengatakan mengenai latar belakang turunnya ayat ini ataupun biasa disebut dengan asbabun nuzul.

Abu Shaleh menceritakan dari sumber Abdullah bin Abbas berkata kalau:

“Surat ini Allah turunkan berkaitan dengan orang-orang munafik yang senantiasa mengerjakan shalat jika bersama-sama, tetapi jika berada di kalangan sendiri (tidak ada orang lain yang melihatnya ), mereka meninggalkan shalatnya.

Ibnul Mundzir menceritakan pula bersumber dari Abdullah bin Abbas berkata kalau:

“Surat ini Allah turunkan berkaitan dengan orang-orang munafik yang mempertontonkan shalatnya kepada kaum muslimin (riya) dan meninggalkannya apabila tidak ada orang lain yang melihatnya, serta mereka menolak memberikan bantuan atau pinjaman. Lalu Allah turunkan ayat ini sebagai peringatan kepada orang-orang yang berbuat seperti itu.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari Surah Al Maun yakni supaya kita selaku pemeluk islam sepatutnya menganggap anak yatim dengan sebaik - baiknya, dan menjalankan ibadah dengan ikhlas karna Allah SWT.

Demikian ulasan mengenai aroaital ladzi yukadzibu biddin yang merupakan ayat pertama dari surat Al Maun yang artinya " Tahukah kamu ( orang ) yang mendustakan agama? " yang bisa islamtwins.com sampaikan. Mudah - mudahan bermanfaat. 

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Aroaitalladzi Yukadzibu Biddin Artinya Adalah, Surat Al Maun Ayat 1"