Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Summun Bukmun 'umyun Fahum Layarjiun, Doa Penunduk Hati

Khasiat Summun Bukmun 'umyun Fahum Layarjiun

Doa summun bukmun umyun fahum layarjiun artinya ialah Mereka tuli, bisu dan buta, sehingga mereka tidak dapat kembali.

Summum bukmum umyum fahum layarjiun ialah ayat dari surat Al Baqarah ayat 18.

Surat Al Baqarah berisikan mengenai penciptaan Nabi Adam, pembangkakan setan, kisah Bani Israil, penyembahan sapi, hingga cerita mengenai kepercayaan yang dimiliki orang - orang Mukmin. Salah satunya yang ada dalam ayat yang ke 18.

Meski banyak yang mengenali ayat itu, tetapi masih banyak yang belum mengetahui maksud ayat itu. Lalu summum bukmum umyum fahum layarjiun artinya apa?

Summum Bukmum Umyum Fahum Layarjiun Artinya

Lafadz summun bukmun umyun fahum laa yarji’uun diyakini beberapa orang Islam selaku doa keselamatan supaya terhindar dari seluruh macam bahaya yang menimpanya serta doa penunduk hati. Ada pula bunyi dari Surat Al Baqarah ayat ke 18 yang ada lafadz summun bukmun umyun fahum laa yarji’uun:

Surat Al Baqarah ayat 18

صُمٌّۢ بُكْمٌ عُمْىٌ فَهُمْ لَا يَرْجِعُونَ

ṣummum bukmun 'umyun fa hum lā yarji'ụn

Artinya, “Mereka tuli, bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar).”

Diambil dari buku Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1 karya Dr.‘Abdhullah bin Muhammad bin‘Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh ( 2004 ), summun bukmun umyun fahum laa yarji’uun mempunyai arti kalau mereka tidak bisa mendengar petunjuk, tidak bisa melihatnya, serta tidak bisa memahaminya.

Menurut Abu Qatadah, summum bukmum umyum fahum layarjiun mempunyai arti mereka tidak bisa kembali. Artinya ialah mereka tidak bisa bertaubat serta tidak pula mereka ingat.

Walaupun telinga dapat buat mendengar, mulut dapat berbicara, serta mata dapat melihat, tetapi bila semua panca indra yang telah lahir itu sudah putus hubungannya dengan batin, sama saja dengan tuli, bisu, serta buta.

Kekafiran hati seorang bermuka dua sedemikian kokoh, sampai menutupi mata, telinga, serta lidahnya. Mereka senantiasa bertahan akan perihal itu sampai tidak memperdulikan lagi. Orang bermuka dua berpikiran kalau mereka sudah lebih dalam seluruh hal, akan tapi perihal itu mereka jadi serba kekurangan serta memalingkan dirinya dari kebenaran.

Khasiat Summum Bukmum Umyum Fahum Layarjiun

Summun Bukmun 'umyun Fahum Layarjiun artinya

Simak khasiat ayat Summun Bukmun Umyun Fahum serta artinya. Lafadz summun bukmun umyun fahum laa yarji’uun ialah doa penunduk hati. Yang diartikan penunduk hati disini yakni agar supaya kita disenangi serta disayangi oleh orang yang tengah berususan dengan kita.

Meski orang itu tengah marah dengan kita, insya allah dengan izin allah marah mereka akan mereda. Lalu bagaimana cara mengamalkan summun bukmun umyun fahum laa yarji’uun ini? Selanjutnya cara mengamalkan summun bukmun umyun fahum laa yarji’uun.

Cara Mengamalkan Summun Bukmun Umyun FahumLaa Yarji’ uun

Buat cara mengamalkan summun bukmun umyun fahum laa yarji’uun yakni dengan membaca ayat ini kala kamu tengah berada di depan kita, bacalah ayat itu di dalam hati, bos, mertua, guru, dosen, insya allah dengan izinnya hendak menyayangi kamu.

Demikian pembahasan kita mengenai khasiat serta cara mengamalkan summun bukmun umyun fahum layarjiun yang ialah doa penunduk hati yang bisa islamtwins.com sampaikan. Semoga bermanfaat.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Khasiat Summun Bukmun 'umyun Fahum Layarjiun, Doa Penunduk Hati"