Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Fasholli Lirobbika Wanhar, Surat Pelunak Hati Seseorang

Fasholli Lirobbika Wanhar

Fasholli lirobbika wanhar artinya ialah" Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah".

Lafadz fasholli lirobbika wanhar (فَصَلِّلِرَبِّكَوَانْحَرْۗ) ialah lafadz firman Allah dalam surah al kautsar ayat ke2.

Surat Al Kautsar ialah surah pada Al Quran yang ke 108 yang diturunkan setelah surat Al Adiyat. Jumlah ayat surat ini amat sedikit, yakni cuma 3 ayat.

Al Kautsar ialah julukan salah satu sungai yang terdapat di surga. Julukan Al Kausar didapat dari ayat awal, dari kata Katsir yang artinya banyak. Sebab itulah Al Kautsar memiliki arti nikmat yang banyak. Tetapi terdapat pula yang memahami surat ini dengan sebutan An Nahr, yang didapat dari ayat kedua.

Selanjutnya ini tulisan fasholli lirobbika wanhar yang merupakan surat Al Kautsar ayat 2 arab latin beserta artinya.

Fasholli Lirobbika Wanhar Arab Latin dan Artinya

Arti Fasholli Lirobbika Wanhar

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

fa salli lirabbika wan-har

Arti surat Al Kautsar ayat 2:

"Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah."

Adapun bacaan lengkap Surat al Kautsar ayat 1- 3 sebai berikut

Surat Al Kautsar Ayat 1-3

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ

innaa a'tainaakal-kausar

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak."

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

fa salli lirabbika wan-har

"Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah."

إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

inna syaani'aka huwal-abtar

"Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus."

Isi Kandungan Surat Al Kautsar

Isi kandungan yang ada di dalam surah al kaustar ialah Allah lah yang sudah memberikan manusia nikmat yang banyak, Allah memerintahkan pemeluk islam buat senantiasa mendirikan shalat serta Allah memerintahkan pemeluk islam buat berqurban.

Kandungan surah surat al kautsar ini ialah perintah melakukan shalat serta berqurban sebab Allah memberikan banyak kenikmatan buat mereka yang beriman. Sebaliknya untuk orang - orang kafir pembenci Nabi SAW yang berkata keturunan Nabi terputus sebab seluruh putranya meninggal maka sesungguhnya merekalah yang terputus.

Pada surah ini Allah menerangkan kalau Ia sudah memberi Nabi Muhammad nikmat serta karunia yang tidak bisa dihitung banyaknya serta tidak bisa ditaksir besar mutunya, meski ( orang musyrik ) memandang hina serta tidak menghormati pemberian itu dikarenakan kekurangan akal serta pengertian mereka.

Pemberian itu berbentuk kenabian, agama yang benar, petunjuk - petunjuk serta jalan yang lurus yang membawa pada keselamatan hidup di dunia serta di akhirat. Banyak orang musyrik di Mekah serta orang - orang munafik di Medinah mencemoohkan serta mencaci maki Nabi saw.

Keutamaan Membaca Surat Al Kautsar

Ada bermacam ajaran yang tercantum di dalam Surah Al- Kausar yang bisa kalian implementasikan ke dalam kehidupan sehari- hari supaya memperoleh keberkahan serta fitrah dari- Nya. Keistimewaan yang diterima dalam membaca Surah Diberikan nikmat oleh Allah, Barangsiapa yang membaca surat Al Kautsar maka akan ditambahkan nikmat hidup serta di akhiratnya kelak.

Surat Al Kautsar memberikan pengarahan pada Rasulullah buat mensyukuri nikmat yang banyak dengan sholat serta qurban. Dengan membaca serta mengamalkannya sehabis melakukan sholat tahajud bersama pasangan, sehingga surat Al Kautsar bisa menolong membuat ikatan antara suami istri serta keluarganya jadi lebih harmonis, sakinah, mawadah serta warohmah.

Surat Al Kautsar bisa dijadikan selaku perlengkapan ikhtiar buat memohon kesehatan dari seluruh macam penyakit kepada Allah serta masih banyak keistimewaan yang lain yang dapat kalian miliki. Oleh sebab itu, mulailah membaca Surah Al- Kausar yang hendak mendatang kan banyak keistimewaan yang lain.

Apakah benar surat Al Kautsar bisa meluluhkan hati seseorang? Insya allah dengan membaca surat Al Kautsar sebanyak 3 kali, hati orang yang hendak ditemui oleh seseorang yang membacanya maka hendak melunakkan hati orang itu. Tidak hanya itu, untuk orang yang tetap membaca surat Al Kautsar pula hendak memperoleh ketenteraman dalam hati.

wallahu a'lam bishawab

Posting Komentar untuk "Arti Fasholli Lirobbika Wanhar, Surat Pelunak Hati Seseorang"